Analisis Pemahaman Etika Bisnis Islam Berdasarkan Maqashid Syari’ah pada Pengguna Marketplace Shopee

Fitria Hairunisa, Isna Yuningsih

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pemahaman mahasiswa Ekonomi Syariah pengguna marketplace Shopee mengenai etika bisnis Islam berdasarkan maqashid syari’ah. Etika bisnis Islam sebagai bagian dari konsep syariat melalui sikap atau perilaku untuk mewujudkan tujuan syariat yakni maqashid syari’ah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan metode analisis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan metode kondensasi data, tampilan data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan mahasiswa program studi Ekonomi Syariah tahun angkatan 2018 pengguna marketplace Shopee, berdasarkan maqashid syari’ah dipahami bahwa etika bisnis Islam sebagai maslahat kebutuhan dharuriyat atau kebutuhan pokok. Di mana Etika bisnis Islam menyempurnakan upaya pemenuhan kebutuhan mengenai akhlak, sikap atau perilaku, guna menjaga kelangsungan hidup umat, melalui perlindungan terhadap lima unsur pokok kebutuhan, yaitu agama, jiwa, akal, keturunan dan harta.

Keywords


Etika Bisnis Islam; E-commerce; Marketplace Shopee; Maqashid syari’ah

Full Text:

PDF

References


Ahmad Sarwat. (2019). Maqashid Syariah. Jakarta: Rumah Fiqih Publishing. Diakses pada tanggal 05 September 2021.

Apriliano, T. F. (2020). Penawaran Uang Dalam Kegiatan Perekonomian dan Orientasi Bisnis Dalam Islam. Jurnal Ekonomi Bisnis, 19 (2), 107–114. Diakses pada tanggal 29 Mei 2022. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=penawaran+uang+dalam+kegiatan+perekonomian&oq=penawaran+uang+dalam+kegiatan++pereko

Asy-Syatibi. (1884). Almuwafaqat. Diakses pada tanggal 25 Agustus 2022.

Djakfar, M. (2012). Etika Bisnis-Menangkap Spirit Ajaran Langit dan Pesan Ajaran Bumi. Jakarta: Penebar Plus Imprit dari Penebar Swadaya. Diakses pada 03 September 2021.

Fauzi, Y. (2015). Manajemen Pemasaran Perspektif Maqasid Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1 (03), ISSN: 2477-6157. Diakses pada tanggal 05 September 2021. doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v1i03.51

Idri. (2015). HADIS EKONOMI: Ekonomi dalam Perspektif Hadis Nabi. Jakarta: Kencana. Diakses pada 11 Februari 2021

Kusnia, S. M. (2015). Perilaku Pedagang di Pasar Tradisional Ngaliyan Semarang Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Skripsi S.E., Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Diakses pada tanggal 25 Agustus 2021.

Meidita, Y., Suprapto, & Rokhmawati, R. I. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan , Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan pada E-Commerce (Studi Kasus : Shopee). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2 (11), 5682–5690. Diakses pada tanggal 24 Agustus 2021. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=702077&val=10384&title=Pengaruh%20Kualitas%20Layanan%20Terhadap%20Kepuasan%20Kepercayaan%20dan%20Loyalitas%20Pelanggan%20pada%20E-Commerce%20Studi%20Kasus%20%20Shopee

Ruslang, Kara, M., & Wahab, A. (2020). Etika Bisnis E-Commerce Shopee Berdasarkan Maqashid Syariah Dalam Mewujudkan Keberlangsungan Bisnis. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6 (02), 367-371, ISSN: 2477-6157, E-ISSN: 2579-6534. Diakses pada tanggal 24 Agustus 2021. doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1412

Soediro, A., & Meutia, I. (2018). Maqasid Sharia As A Performance Framework For Islamic Financial. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 9 (01), 70–86, E-ISSN: 2089-5879. Diakses pada tanggal 19 September 2021. https://jamal.ub.ac.id/index.php/jamal/article/view/889

Sudiarti, S. (2018). Fiqh Muamalah Kontemporer. Medan: FEBI UIN-SU Press. Diakses pada tanggal 20 September 2021.

Ulhaq, M. Z. (2021). Implementasi Etika Bisnis Islam Perspektif Maqasid Syariah pada Rumah Makan Hayaku dan Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Yogyakarta. Tesis M.Ag., Universitas Islam Indonesia. Diakses pada tanggal 05 April 2022.

Yansi, P. (2020). Pemahaman Investor Galeri Investasi Syariah Bei IAIN Bengkulu Tentang Syariah Online Trading System (SOTS). Skripsi S.E., IAIN Bengkulu. Diakses pada tanggal 10 Mei 2022.




DOI: https://doi.org/10.30872/jesm.v2i4.11940

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fitria Hairunisa, Isna Yuningsih


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jesm.feb@gmail.com