Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung (Studi Pada: Koperasi Jasa Keuangan Syariah BMT UGT Sidogiri Cabang Samarinda)

Diana Miki Lestari, Muhammad Saleh Mire, Sri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menabung di KJKS BMT UGT Sidogiri Cabang Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik pengambilan sample yang di gunakan adalah purposive sampling dimana populasi yang di jadikan sampel berjumlah 96 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda dengan alat bantu program SPSS versi 26. Hasil Penelitian menunjukkan: (1) Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menabung di KJKS BMT UGT Sidogiri Cabang Samarinda. (2) Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menabung di KJKS BMT UGT Sidogiri Cabang Samarinda.

 


Keywords


Kualitas Produk;Kualitas Pelayanan;Keputusan Menabung

Full Text:

PDF

References


Kotler, P, & Armstrong, G. (2001). Dasar-Dasar Pemasaran (9th ed.). PT. INDEKS Kelompok Gramedia. Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran Jilid 1 dan 2. PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kurniawan, A. (2014). Metode Riset untuk Ekonomi dan Bisnis Teori, Konsep, dan Praktik Penelitian bisnis (dilengkapi Perhitungan Pengelolaan Data dengan IMB SPSS 22.0) (Kelima). cv ALFABETA.

Payne, A. (2010). Kebijakan Pemasaran. Aksara.

Priyatno, D. (2010). Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS. Media Kom.

Simorangkir. (2004). Pengantar Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank. Ghalia Indonesia. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitati,Kualitatif dan Kombinasi Mixed Methods.

Sukirno, S. (2007). Makro Ekonomi Modern: Perkembangan Pemikiran dari Klasik Hingga Keynesian Baru. PT Raja Grafindo Persada.

Swasta, Basu dan Sukotjo, I. W. (2000). Pengantar Bisnis Modern. BPFE – Yogyakarta. Tjiptono, F. (2011). Service, Quality & Satisfaction. ANDI.

Wisnalmawati. (2005). Pengaruh Persepsi Dimensi Kualitas Latyanan Terhadap Niat Pembelian Ulang.

Ekonomi Dan Bisnis, 10, 153–165.




DOI: https://doi.org/10.30872/jesm.v2i3.11711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diana Miki Lestari, Muhammad Saleh Mire, Sri Wahyuni


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jesm.feb@gmail.com