Analisis Pola Perilaku Konsumsi pada Konsumen Muslim (Studi pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2017 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman)

Nur Aisah, Rais Abdullah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku konsumsi mahasiswa Ekonomi Syariah sebagai konsumen muslim. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian penelitian ini menggunakan teknik triangulasi untuk menganalisis data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumsi mahasiswa pada prinsip kemurahan hati, didominasi oleh mahasiswa yang mengalokasikan untuk sedekah, tetapi terdapat pula mahasiswa dengan alokasi untuk konsumsi dan tabungan. Prinsip kesederhanaan, mahasiswa membuat daftar belanja sebagai antisipasi perilaku boros, dan terdapat mahasiswa yang membuat daftar belanja tetapi masih membeli diluar daftar belanja yang bukan kebutuhannya. Prinsip kebersihan, mahasiswa selektif kepada semua yang dikonsumsi, selektif tidak hanya pada saat belanja langsung tetapi selektif juga ketika berbelanja secara tidak langsung, dan terdapat mahasiswa yang kurang selektif dalam memerhatikan kebersihan dan label halal. Perilaku konsumsi mahasiswa dipengaruhi oleh faktor seperti faktor personal yaitu keadaan ekonomi dan gaya hidup, faktor sosial yaitu keluarga dan teman, dan faktor psikologis yaitu motivasi.


Keywords


Perilaku Konsumsi; Konsumen Muslim; Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Alim, Sintia, Yunita. (2018). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement serta Hedonic Motives Terhadap Impluse Buying Behavior Konsumen Matahari Department Store Big Mall Samarinda, Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM), Vol. 3 No. 3. Diakses pada 25 Oktober 2021. DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jimm.v3i3.1613

Anoraga, Pandji. (2004). Manajemen Bisnis, Cetakan Ketiga. Jakarta: Rineka Cipta. Diakses pada 15 Januari 2021. https://www.kajianpustaka.com/2016/10/pengertian-dan-faktor-yang-mempengaruhi-perilaku-konsumen.html?m=1

Aravik, Havis. (2017). Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam Kontemporer. Depok: Kencana. Diakses pada 15 Oktober 2020. https://books.google/about/Sejarah_Pemikiran_Ekonomi_Islam_Kontempo.html?hl=id&id=ChZNDwAAQBAJ#v=onepage&q=Konsumsi%20menurut%20monzer%20kafh&f=false.

Arif, Al, Rianto, Nur, M dan Amalia, Euis. (2010). Teori Mikroekonomi: Suatu Perbandingan Ekonomi Islam Dan Ekonomi Konvensional. Jakarta: Kencana. Diakses pada 18 Januari 2021. http://books.google.co.id/books?id=MuPODwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=perilaku+konsumen+muslim&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjrmbKxt6PuAhUKILcAHYDBApEQ6AEwBHoECAIQAg#v=onepage&q=perilaku%20konsumen%20muslim&f=false

Arifin, Syamsul dan Soesatyo, Yoyok. (2020). Pertumbuhan Ekonomi, Tingkat Pengangguran, Dan Konsumsi, Dalam Bingkai Kesejahteraan Masyarakat. Jawa Tengah: Pena Persada. Diakses pada 20 Januari 2021. http://books.google.co.id/books?id=yTgHEAAAQBAJ&redir_esc=y.

Bank Indonesia. (2016). Pengelolaan Zakat Efektif: Konsep dan Praktik di Berbagai Negara. Jakarta: Bank Indonesia. Diakses pada 15 Oktober 2020. Materi perkuliahan.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis – Universitas Mulawarman. Sejarah singkat program studi Ekonomi Islam. Diakses pada 13 April 2021. https://feb.unmul.ac.id/web-menu-sejarah-singkat-S1 ekonomiislam.html.

Fitrah, Muh dan Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi kasus. Jawa Barat: CV Jejak. Diakses pada 27 Januari 2021. https://books.google.co.id/books?id=UVRtDwAAQBAJ&pg=PA57&dq=pendekatan+penelitian+kualitatif&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjE6NDP5bvuAhX58HMBHae4AK04ChDoATAEegQIAxAC#v=onepage&q=pendekatan%20penelitian%20kualitatif&f=false

Gafur, Harun. (2015). Mahasiswa dan Dinamika Dunia Kampus. Bandung: CV Rasi Terbit. Diakses pada 18 Januari 2021. http://books.google.co.id/books?id=6jPwDwAAQBAJ&pg=PA17&dq=Pengertian+mahasiswa&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwigxbeSpajuAhV56nMBHZjfBtAQ6AEwAXoECAQQAg#v=onepage&q=Pengertian%20mahasiswa&f=false.

Habibullah, Eka, Sakti. (2017). Etika Konsumsi Dalam Islam. Jurnal, Ekonomi Dan Bisnis Islam. Diakses pada 24 Oktober 2020. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ad/article/view/230.

Harahap, Isnaini, Nasution, Yenni, S, J, Marliyah dan Syahriza, Rahmi. (2017). Hadis – Hadis Ekonomi. Jakarta: Kencana. Diakses pada 17 Januari 2021. http://books.google.co.id/books?id=bEaaDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=ekonomi+mikro+islam&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiq02yv6uAhW1W3wKHeQyCc84FBDoATAGegQIBBAC#v=onepage&q=149&f=false.

Hardani, Auliya, NH, Andriani, H, Fardani, RA, Ustiawaty, J, Utami, EF, Sukmana, DJ dan Istiqomah, RR. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Mataram: CV Pustaka Ilmu. Diakses pada 11 Oktober 2020. http://www.researchgate.net/publication/340021548.

Idri. (2015). Hadis Ekonomi: Ekonomi dalam Perspektif Hadis Nabi. Jakarta: Kencana. Diakses pada 6 November 2020. http://books.google.co.id=s-pADwAAQBAJ&pg=PR6&dq=Hadis+ekonomi&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiojMvesr3uAhU1huYKHbKICA0Q6AEwAHoECAIQAg#v=onepage&q=Hadis%20ekonomi&f=false.

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama publisher. Diakses pada 23 Januari 2021.

http://books.google.co.id/books?id=TP_ADwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=buku+metode+penelitian+kualitatif&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjP-fKtxbHuAhUFdCsKHS1HCNIQ6AEwCXoECAIQAg#v=onepage&q=buku%20metode%20penelitian%20kualitatif&f=false

Mujaddidi, Shibghatullah, Ah. (2020). Ekonomi Islam Suatu Pengantar. Jakarta: Duta media publishing. Diakses pada 10 Juli 2021. https://books.google.co.id/books?id=KqAeEAAAQBAJ&pg=PA178&dq=konsumsi+islam&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjb69H4ztbxAhXUfH0KHVO5BtM4HhDoAXoECAYQAw#v=onepage&q=konsumsi%20islam&f=false

Mulyani, Sri. (2015). Pola Konsumsi Non Makanan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada 21 November 2020. http://eprints.uny.ac.id/27768/1/SKRIPSI.20%pdf.pdf.

Muslimin, JM. (2015). FILSAFAT EKONOMI SYARIAH KOMISI YUDISIAL RI. Jakarta. Diakses pada 07 September 2020. Materi Perkuliahan

Naqiah, Zahrotun, Itang dan Dedi, Sunardi. (2019). Perspektif Islam Tentang Pengaruh Kepribadian Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Vol. 20 No. 02. Diakses pada 23 Oktober 2020 .http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tazkiya/article/view/2371.

Priyagus. (2016). Ekonomi Mikro Vertagama. Samarinda: RV Pustaka Horizon

Rahman, Aulia dan Fitrah, Muhammad. (2018). Perilaku Konsumsi Masyarakat Dalam Perspektif Islam Di Kelurahan Barombong Kota Makasar. Jurnal UIN Alauddin Makasar. Diakses pada 23 Oktober 2020. http://journal.uin.alauddin.ac.id/index.php/lamaisyir/article/download/4944/4405

Siyoto, Sandu dan Sodik, Ali. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing. Diakses pada 23 Januari 2021. https://books.google.co.id/books?id=QPhFDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=buku+metode+penelitian+kualitatif&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjP-fKtxbHuAhUFdCsKHS1HCNIQ6AEwA3oECAQQAg#v=onepage&q=buku%20metode%20penelitian%20kualitatif&f=false

Sumartono. (2002). “Terperangkap dalam Iklan: Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisiâ€, h.119. Dikutip dalam Kodrat Wahyudi: (2016). Dampak Gaya Hidup Moderen Mahasiswa Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam UIN Alauddin Makasar). (Skripsi UIN Alauddin Makasar). Diakses 03 September 2020. http://repositori.uinalauddin.ac.id/view/creators/Wahyudi=3AKodrat=3A=3A.html.

Sumarwan, Ujang. (2011). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia. Diakses pada 15 November 2020. http://www.kajianpustaka.com/2018/03/pengertian-jenis-indikator-dan-faktor-yang-mempengaruhi-gaya-hidup.html

Syahbudi, Muhammad. (2018). Ekonomi Makro Perspektif Islam. Diktat UIN SU Medan. Diakses pada 25 Maret 2022. http://repository.uinsu.ac.id/3577/1/diktat-ok.pdf

Tobing, David Hizkia, dkk. (2017). Pendekatan dalam Penelitian Kualitatif. Bali: Universitas Udayana. Diakses pada 15 Januari 2021. https:///www.kajianpustaka.com/2019/04/karakteristik-jenis-dan-prosedur-penelitian-kualitatif.html?m=1.

Triyaningsih, S, L. (2011). Dampak online marketing melalui facebook terhadap perilaku konsumtif masyarakat. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. Diakses pada 10 Juli 2021. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Ekonomi/article/view/66/39.

Usman, Hardius, Nurdin, Sobari, dan Emil, Azman, Sulthani. (2020). Islamic Marketing sebuah pengantar. Depok: Rajawali Pers.

Wahab. (2019). Ensiklopedia Kebutuhan Manusia. Semarang: ALPRIN. Diakses pada 27 Juni 2021. https://books.google.co.id/books?id=U1r7DwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=macam+kebutuhan+manusia&hl=id&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=macam%20kebutuhan%20manusia&f=false

Wiguna, Wandy, Ringgana. (2020). Modernisasi dan segala sesuatu tentangnya. Ruangguru (blog). Diakses pada 26 Juli 2021. https://www.ruangguru.com/blog/apa-itu-modernisasi?hs_amp=true

Wahyudi, Kodrat. (2016). Dampak Gaya Hidup Moderen Mahasiswa Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam UIN Alauddin Makasar). Skripsi UIN Alauddin Makasar. Diakses pada 03 September2020.http://repositori.uinalauddin.ac.id/view/creators/Wahyudi=3AKodrat=3A=3A.html

Yusnita, M. (2010). Pola Perilaku Konsumen dan Produsen. Semarang: ALPRIN. Diakses pada 18 Januari 2021. https://books.google.co.id/books?id=L_0AEAAAQBAJ&pg=PA7&dq=pola+konsumsi&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjFytrA66zuAhUTcCsKHTTsD2AQ6AEwBHoECAQQAg#v=onepage&q=pola%20konsumsi&f=false




DOI: https://doi.org/10.30872/jesm.v2i2.11111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jesm.feb@gmail.com