Efektivitas Pendayagunaan Zakat Produktif untuk Meningkatkan Kemandirian Mustahik Melalui Usaha Penggemukan Sapi (Studi Pada BAZNAS Kota Balikpapan)

Ridha Amaliah, Rabiatul Adawiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendayagunaan zakat produktif untuk meningkatkan kemandirian mustahik melalui usaha penggemukan sapi serta bagaimana efektivitas pendayagunaan zakat produktif untuk meningkatkan kemandirian mustahik melalui usaha penggemukan sapi yang dilakukan oleh BAZNAS Kota Balikpapan. Penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitiain kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah pimpinan BAZNAS Kota Balikpapan, pendamping program penggemukan sapi, dan penerima zakat produktif pada program penggemukan sapi. Hasil penelitian menunjukan pendayagunaan zakat produktif yang dilakukan oleh BAZNAS Kota Balikpapan sudah efektif dalam memandirikan mustahiknya. Sebab dari 4 indikator yaitu ketepatan sasaran, sosialisasi program, tujuan program, dan pengawasan atau monitoring sudah dikatakan efektif. Sehingga mustahik pada program penggemukan sapi ini, mustahik menjadi mandiri karena mengalami peningkatan pendapatan. Hal ini menunjukan bahwa program penggemukan sapi yang dijalankan oleh BAZNAS Kota Balikpapan berjalan dengan baik dan lancar.


Keywords


Efektivitas; Program Penggemukan Sapi; Kemandirian, Zakat Produktif.

Full Text:

PDF

References


Amsari, S. (2019). Analisis Efektifitas Pendayagunaan Zakat Produktif pada Pemberdayaan Mustahik (Studi Kasus Lazizmu Pusat). Aghniya Jurnal Ekonomi Islam, 1(2), 321–345.

BAZNAS. (2022). Outlook Zakat Indonesia 2020. Pusat Kajian Strategis- Badan Amil Zakat Nasional (PUSKAS BAZNAS).

BAZNAS, P. (2016). Indeks Zakat Nasional. Pusat Kajian Strategis- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Budiani, N. (2009). Efektivitas Program Penanggulangan Pengangguran Karang Taruna “Eka Taruna Bhakti†Desa Sumerta Kelod Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar. INPUT: Jurnal Ekonomi Dan Sosial, 1(2).

Damayanti, M. D., Nurhasanah, N., Eprianti, N., Hukum, P., & Syariah, E. (2018). Prosiding Hukum Ekonomi Syariah Efektivitas Program Ekonomi Produktif Terhadap Upaya Pembentukan Mustahik Menjadi Muzakki Effectiveness of The Productive Economic Program to The Mustahic Form of Making Muzakki. Prosiding Hukum Ekonomi Syariah, 4(2), 1012–1017.

HENDRA, H. (2021). Analisis Efektivitas Pendayagunaan Zakat Produktif Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Mustahiq (Studi Kasus Penerima Dana Zakat Produktif Dari BAZNAS Di Desa Benai Kecil Kecamatan Benai). Juhanperak, 610–622. http://www.ejournal.uniks.ac.id/index.php/PERAK/article/view/1475

Kementerian Agama RI. (2013). Panduan Zakat Praktis. In Depag (Vol. 53, Issue 9).

Komariah, O., & Damayanti, N. (2014). Zakat Produktif dan Kemandirian Mustahik. Zakat Produktif Dan Kemandirian Mustahik, 6.

Pujiyati, R. (2012). Pengaruh Sikap Mandiri Dan Kesejahteraan Terhadap Etos Kerja Karyawan PT. Nohhi Indonesia Grogol Sukoharjo.

Sugiyono. (2016a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D.pdf. Alfabeta.

Sugiyono. (2016b). Metode Penelitian Manajemen Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Methods), Penelitian Tindakan (Action Research), dan Penelitian Evaluasi. Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2011, 11 Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia 1 (2011). http://eprints.uanl.mx/5481/1/1020149995.PDF

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. PT. Fajar Interpratama Mandiri.




DOI: https://doi.org/10.30872/jesm.v2i2.11059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jesm.feb@gmail.com