Manajemen Sumber Daya Insani Pada Usaha Rumah Makan Torani Berdasarkan Perspektif Khadijah binti Khuwailid

Aufa Khairima Nur Rahmah, Isna Yuningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sumber daya insani pada usaha Rumah Makan Torani berdasarkan perspektif Khadijah binti Khuwailid. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan historis dan kepustakaan. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen sumber daya insani yang diterapkan oleh Rumah Makan Torani telah sesuai berdasarkan perspektif Khadijah binti Khuwailid yaitu memilih karyawan yang jujur dan amanah. Kejujuran karyawan dilihat dari jawaban karyawan saat wawancara kemudian di konfirmasi dengan CV calon karyawan yang bersangkutan atau di konfirmasi ke tempat karyawan bekerja sebelumnya. Karyawan yang amanah dilihat saat penempatan posisi, karyawan mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan dan jika karyawan memiliki kinerja yang baik, Rumah Makan Torani memberikan bonus baik secara individu maupun tim.


Full Text:

PDF

References


Abror, M. (2020). Kepemimpinan Wanita Perspektif Hukum Islam. Teraju, 2(01), 53–63. https://doi.org/10.35961/teraju.v2i01.89

Arlina, A. (2010). Belajar Bisnis Kepada Khadijah; Menyelami Kiat-Kiat Sukses Enterpreneurship Dari Sang Istri Rasulullah Saw. Jakarta: PT Mizan Pustaka.

DPR RI. (2021). Perempuan Penentu Masa Depan Bangsa. Parlementaria, 3.

Efendi, S. (2020). Implementasi Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Wanita Dalam Proses Rekrutmen Karyawan. Jurnal Ilmiah Nasional, 2(1), 93.

Grant Thornton International Ltd. (2021). Women in Business 2021 A window of opportunity. Report, 3.

Irawati, S. A., & Sudarsono, B. (2018). Analisa Faktor-Faktor Yang Memotivasi Perempuan. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 1–14.

Krisnaldy, Saepudin, A., Wibowo, T., Ainaink, N., Ridwan, N. A., & Hidayat, L. (2021). Pelatihan Menjadi Wirausaha di Masa Pandemi Covid 19 Bagi Ibu PKK. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 322.

Ningrum, M., Latifah, A. I., Pawaka, A. F., & Husna, A. N. (2020). Motivasi Wirausaha Wanita: Studi Literatur Sistematis. 105–110.

Pardi. (2019). Citra perempuan Jawa dalam novel merantau ke Deli Karya Hamka. Wahana Inovasi, 8(1), 229–238.

Rommalla, S. (2020). 10 Kesalahan Umum Rekruter.

Rumah Makan Torani. (2013). Pusat Seafood Balikpapan & Samarinda, Pelopor Bandeng Tanpa Duri, Kepiting Saos; Pepes Kepiting. Satu dari 10 Alasan Datang Ke Kalimantan Timur.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup, Ed.). Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Syarbini, A. (2017). Doa-Doa Khusus Wanita; Agar Sukses, Sehat, Kaya, Bahagia Dunia dan Akhirat. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Tuhfa, N. (2019). Rekrutmen, seleksi dan penempatan syariah. Iqtishadiyah, 5(1), 87–102.

Universitas Gadjah Mada. (2019). Industri Kuliner Jadi Penopang Terbesar Perekonomian Kreatif Indonesia.

Urahma, A. A. (2016). Perjalanan Karir Perempuan Entrepreneur (Kepemimpinan Perempuan dalam Bisnis Keluarga Toserba Safaat di Magelang). Universitas Islam Indonesia, 5–33.

Yahya, A. B. (2020). Etika Bisnis (Perilaku) Bisnis Rasulullah Muhammad Saw Sebagai Pedoman Berwirausaha. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(1), 91–100.




DOI: https://doi.org/10.30872/jesm.v2i3.11043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jesm.feb@gmail.com