Pengaruh Label Halal Dan Promosi Serta Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indomie (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman)

Achmad Tauji, Joko Susilo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh label halal dan promosi serta kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Indomie. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian  kuantitatif. Penelitian ini juga menggunakan 98 responden mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan Regresi linear Berganda dibantu perhitungan SPSS 24.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa label halal berpengaruh positif dan signifikan, promosi berpengaruh positif dan signifikan serta kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Indomie.

Keywords


Label Halal; Promosi; Kualitas Pelayanan; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


A B Susanto. 2010. Management for Everyone 3 Bizmark (Surabaya: ESENSI), 106.

Buchari Alma. 2014. Manajemen Bisnis Syariah (Bandung: Alfabeta), 232.

Charles W Lamb. 2001. Pemasaran. Edisi Pertama, Salemba Empat: Jakarta.

Edy Suryadi. 2008. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen dalam pemebelian Kartu Prabayar IM3 di Kota Pontianak, Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial. Vol 3 No 1.

Eka Dewi Setia Tarigan, “Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal dan Harga Terhadap keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa Program Studi manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area medanâ€. Jurnal Konsep Bisnis dan manajemen No. 1/ November 2016, h. 49.

Erna Restu Hidayah. 2016. Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Depot Air Mineral Shofiro Bantarsoka, Purwokerto, Banyumas) Skripsi (Purwokerto : IAIN Purwokerto). hal 62.

Ghozali. Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Universitas Diponorogo. : Semarang.

Indriyo Gitosudarmo. 2000. Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: BPF. hal. 139.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip dan Armsrong, Gary. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga. hal. 272.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Airlangga.

Krisnarsakti Anggar PP. 2012. “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Studi Kasus pada Konsumen Kota Semarang)†Skripsi (Semarang: Universitas Diponegoro), 83.

Muhamad Zidane, Penelitian Pemasaran, http://penelitian pemasaran fauzi.blogspot.com /2015/11/pengaruh-kualitas-produk harga-dan.html . Diunduh pada tanggal 2 Juni 2017.

M. Mursid. 2015. Manajemen Pemasaran (Jakarta: Bumi Aksara), 95.

M. Suyanto. 2007. Marketing Strategy Top Brand Indonesia (Yogyakarta: CV Andi Offset), 215.

Nur Achidah. 2016. Pengaruh Promosi, Harga, dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Mio GT (Study Empiris Pada Produk Yamaha Mio GT di Weleri-Kendal), Journal Of Management, Volume 2 No.2 Maret. hal 14.

Philip, Kotler. 2005. Manajemen Pemasaran (Jakarta: Indeks), 278.

Philip, Kotler dan Gary Amstrong. 2006. Prinsif-Prinsif Pemasaran Edisi 12 Jilid 1, (Jakarta: Erlangga), Hlm. 159 – 176.

Philip, Kotler dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi 12, diterjemahkan oleh, dari judul asli marketing management, (Jakarta: PT Indeks), 32-33.

Philip, Kotler dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, edisi ke 12 jilid 1 & 2, (Jakarta :PT indeks), h. 204.

Rambat, Lupiyoadi. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa,Teori dan Praktek. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba empat. Hal 120.

Ristiyanti Prasetijo dan J. J. O. I Ihalauw, 2005. Perilaku Konsumen Yogyakarta: Andi Offset. hal 67.

Setiadi. 2003. Perilaku Konsumen. Jakarta: Pranada Media. hal. 38.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D, Bandung: Alphabet.

Sukris Sarmadi. 2012. Spiritualitas Bisnis Mencari Ridho Ilahi (Yogyakarta: CV Aswaja Pressindo), 90.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen, (Jakarta: Ghalia Indonesia, ed 2). hal. 21.

Titik Wijayanti. 2014. Marketing Plan Dalam Bisnis (Jakarta: PT Elex Media Komputindo), 76.

Tjiptono, Fandy. 2002. Manajemen Pemasaran, Penerbit Andi, Yogyakarta. hal. 51.

Tri Widodo. 2015. Pengaruh Labelisasi Halal dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Indomie (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta) Naskah Publikasi (Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Wahyu Budi Utami. 2013. Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Membeli (Survey pada Pembeli Produk Kosmetik Wardah Griya Muslim An-Nisa Yogyakarta) Skripsi (Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). hal 98.




DOI: https://doi.org/10.30872/jesm.v2i3.10999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jesm.feb@gmail.com