Tinjauan Penerapan Etika Bisnis Islami Pada Pedagang Muslim Pasar Kedondong Samarinda

Sitti Mariyah Nengsih, Zainal Ilmi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman para pedagang Pasar Kedondong Samarinda mengenai etika bisnis Islam dan untuk mengetahui apakah para pedagang telah menerapkan etika bisnis Islam dalam kegiatan berdagang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Pendekatan penelitian ini mengunakan pendekatan penelitian kualitatif dangan tujuh prinsip etika bisnis Islam sebagai indikator penelitian dan objek penelitian adalah para pedagang Muslim Pasar Kedondong Samarinda, batasan penelitian hanya dilakukan pada tiga jenis pedagang yang merupakan maoyoritas di Pasar Kedondong yaitu pedagang sembako, ikan dan sayur. Fokus penelitian ini adalah pada pemahaman dan cara pedagang dalam menerapkan tujuh prinip etika binis Islami. Informan penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling dimana peneliti menentukan sendiri informan yang dipilih atas pertimbangan tertentu, informan penelitian berjumlah 10 orang yang terdiri dari pedagang, pembeli tetap dan pegawai kantor unit Pasar Kedondong Samarinda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian para pedagang umumnya telah mengetahui etika bisnis islami dan telah menerapkan dalam kegiatan jual-belinya secara umum dilihat pada kejujuran menimbang, menjaga kualitas barang dan juga menjalin hubungan baik pada sesama, walaupun belum sempurna secara keseluruhan. Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa masih ada beberapa oknum yang melanggar etika seperti obral sumpah, serta tidak ramah pada pembeli dan sesama pedagang.

Full Text:

PDF

References


Akbar, Mufira, dan Ambo Asse. 2016. “Analisis Tingkat Kecurangan Dalam Takaran Dan Timbangan Bagi Pedagang Terigu (Studi Kasus Dipasar Sentral Maros).†Jurnal Iqtisaduna 2: 1–16.

Aliyah, Istijabul. 2020. Pasar Tradisional: Kebertahanan Pasar Dalam Konstelasi Kota. Diedit oleh Mohammad Iqbal. Yayasan Ahmar Cendikia.

Alma, Buchari, dan Juni Donni Priansa. 2009. Manajeman Bisnis Syariah. 1 ed. Bandung: Alfabeta.

Amirullah. 2014. “Samarinda Segera Operasikan Pasar Tradisional Berkonsep Modern.†26 Januari 2019, April 2014. https://kaltim.antaranews.com/berita/19923/samarinda-segera-operasikan-pasar-tradisional-berkonsep-modern.

Arynagara, Cahya. 2018. “Analisis Tingkat Kecurangan dalam Timbangan Bagi Pedagang Sembako dalam Tinjauan Ekonomi Islam Di Pasar Pettarani Makassar.†Univeritas Ilam Negeri Alauddin Makassar.

Azizaturrohmah, Siti NUR, dan Imron Mawardi. 2014. “Pemahanan Etika Berdagang Pada Pedagang Muslim Paar Wonokromo surabaya (Studi Kasus Pedagang Buah).†Jestt 1: 1–11.

Bara, Al. 2016. “Analisis Pengaruh Perilaku Pedagang Terhadap Inflasi.†Analytica Islamica 5: 242–63. file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/488-1099-1-SM-2.pdf.

Boone, Louise E., dan David L. Kurtz. 2007. Pengantar Bisnis: Kontenporer. Diedit oleh Palupi Wuriarti. 11 ed. Jakarta: Salemba Empat.

Damsar, dan Indrayani. 2018. Pengantar Sosiologi Pasar. Diedit oleh Ria. Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group.

Darmawati. 2012. “Perilaku Jual Beli Di Kalangan Pedagang Kaki Lima Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pedagang Buah-buahan di Kota Samarinda).†Fenomena IV: 127–38.

Djakfar, Muhammad. 2012. Etika Bisnis Menangkap Spirit Ajaran Langit dan Pesan Moral Ajaran Bumi. 1 ed. Penebar Plus.

Farud. 2019. “Terindikasi Masih Ada Pedagang Nakal Kaltim Post.†21 Februari 2020, April 2019. https://kaltim.prokal.co/read/news/354301-terindikasi-masih-ada-pedagang-nakal.html.

Fauziah, Ika Yunia. 2013. Etika Bisnis Dalam Islam. Pertama. Jakarta: Kencana.

Hamzah, Yaksan, dan Hamzah Hafid. 2014. Etika BIsnis Islam. I. Makassar: Kretakupa Print.

Indrawati, Toti, dan Indri Yovita. 2014. “Analisis Sumber Modal Pedagag Pasar Tradisional Di Kota Pekanbaru.†Jurnal Ekonomi 22: 1–8. https://media.neliti.com/media/publications/8713-ID-analisis-sumber-modal-pedagang-pasar-tradisional-di-kota-pekanbaru.pdf.

Indriati, S, dan Arrif Widiyatmoko. 2008. Pasar Tradisional. Diedit oleh Hesti Hardinah. Semarang: Alprin.

Irawan, Heri. 2017. “Penerapan Etika Bisnis Islam pada Pedagang Sembako di Pasar Sentral Sinjai.†Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1850/.

Kasmir, dan Jakfar. 2013. Studi Kelayakan Bisnis. Diedit oleh Jefry. 9 ed. Jakarta: Kencana.

Kusnia, Siti Mina. 2015. “Perilaku Pedagang Di Pasar Ngaliyan Semarang Dalam Perspektif Etika Binis Islam.†Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Latifah, Eny. 2020. Pengantar Bisnis Islam. Diedit oleh Yahya Abdulloh. 1 ed. Purwodadi: CV. Sarnu Untung.

Mardani. 2014. Hukum Bisnis Syariah. 1 ed. Jakarta: Kencana.

Naharika, Asbah. 2019. “Perilaku Pedagang Muslim Pasar Tradisional Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam ( Studi Pada Pedagang Pasar Pagi Samarimda ).†Universitas Mulauwarman.

Nevrianto. 2015. “Kurangi Kecurangan Pedagang, Disperindagkop Lakukan Uji Tera Timbangan - Tribun Kaltim.pdf.†26 Januari 2019, Februari 2015. https://kaltim.tribunnews.com/2015/02/10/kurangi-kecurangan-pedagang-disperindagkop-lakukan-uji-tera-timbangan.

Raco, Jozef.R. 2010. “Metode Penelitian Kualitatif.†In , diedit oleh L Arlita, 146. Jakarta: PT Grasindo.

Rokan, Mutsafa Kamal. 2013. Bisnis Ala Nabi : Teladan Rasulullah Saw Dalam Berbisnis. Diedit oleh Ammar Machmud. 1 ed. Yogyakarta: PT Benang Pustaka.

Rukin. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Diedit oleh Ansari saleh Ahmar. 1 ed. Takalar: Yayasan Ahmar Cendikia.

Saifullah, Muhammad. 2011. “Etika Bisnis Islami Dalam Praktek Bisnis Rasulullah.†Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 19 (1): 127. https://doi.org/10.21580/ws.19.1.215.

Seran, Siriliun. 2020. Metodologi Penelitian Ekonomi dan Sosial. Diedit oleh Titis Yuliyanti. Pertama. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Sudaryono. 2015. Pengantar Bisnis - Teori dan Contoh Kasus. Diedit oleh FI . Sigit Suyantoro. 1 ed. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. 22 ed. Bandung: Alfabeta.

Sujadmiko, Eko. 2018. Kamus IPS. Edisi revi. Surakarta: Aksara Sinergi Media.

Syarbini, Amirulloh, dan J Haryadi. 2011. Muhammad Sebagai Bisnisman Ulung. 1 ed. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Syarif, Nasrul. 2019a. Komunikasi Kontenporer: Bisnis Islam di Era Digital. Diedit oleh Gofur Dyah Ayu. Pertama. Yogyakarta: CV Budi Utama.

———. 2019b. Komunikasi Kontenporer: Bisnis Islam di Era Digital. Diedit oleh Gofur Dyah Ayu. Sleman: Deepublish Publisher.

Yosephus, L. Sinour. 2010. Etika Binis: Pedekatan Filsafat Moral Terhadap Perilaku Pebisnis. Diedit oleh Iksaka Banu. Pertama. yayasan Pustaka Obir Indonesia.

Zamzam, H Fakhry, dan Havis Aravik. 2020. Etika Bisnis Islam Seni Berbisnis Keberkahan. 1 ed. Yogyakarta: Deepublish Publisher




DOI: https://doi.org/10.30872/jesm.v2i4.10835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jesm.feb@gmail.com