Etika Bisnis Pedagang Muslim Pasar Ijabah Kota Samarinda dalam Perspektif Islam

Jainuddin Jainuddin, Fitriadi Fitriadi, Sri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di pasar Ijabah yang teretak di Jl. P. Antasari Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda dengan tujuan untuk mengetahui etika bisnis pedagang Muslim di pasar Ijabah Kota Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan cara: observasi, wawancara bebas dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pedagang Muslim di pasar Ijabah kota Samarinda yang dijadikan informan telah menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam diantaranya; memberikan pelayanan yang baik, jujur dan sabar, tanggung jawab, dan menetapkan harga dengan wajar. Pedagang juga selalu mentaati peraturan-peraturan yang di buat oleh pengelola pasar Ijabah.


Keywords


Etika Bisnis Islam; Pedagang Muslim; Pasar Ijabah

Full Text:

PDF

References


Akhmad. (2007). Ekonomi Islam, Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Alma Buchari. (2011). Pengantar Bisnis, Alfabeta. Bandung.

Asmani Jamal Mamur. (2007). Fiqh Sosial Kiai Sahal Mahfud, Khalista. Surabaya.

Badroen Faisal, Suhendra, Mufraini Arief, Boshori Ahmad. (2007). Etika Bisnis dalam Islam, edisi. 1. Cet. 2. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Bungin Burhan. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Beekum Issa Rafik. (2004). Etika Bisnis Islam, Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Djakfar Muhammad. (2007). Etika Bisnis dalam Persfektif Islam, UIN-Malang Press. Malang.

Departemen Agama. (2003). Al-Qur’an dan Terjemah, CV. Putra Abadi. Bandung.

Data Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pasar Ijabah. (2020).

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data, Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Maghfur Ifdholul, Maulidaul, Fahmul Muhammad. (2019). Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Pedagang Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Pasar Nongkojajar Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan, Jurnal Ilmiah.

Mujahidin Akhmad. (2014). Ekonomi Islam, PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Mufraini Arief. (2011). Etika Bisnis Islam, Gramata Publishing Anggota IKAPI. Depok.

Mustofa. (2013). Enterpreneursip Syariah: Menggali Nilai-Nilai Dasar Manajemen Bisnis Rasulullah, Jurnal Ilmiah.

Muthmainnah. (2019). Penerapan Etika Bisnis Dalam Transaksi Jual Beli Pada Pedagang di Pasar Tradisional Peunayong Banda Aceh. Skripsi Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Negeri Ar-Raniry. Banda Aceh.

Muhammad. (2004). Etika Bisnis Islami, UPP AMP YKPN. Yogyakarta.

Hamzah Yaksan, Hafied Hamzah. (2014). Etika Bisnis Islami, Cet 1. Kretakupa Print, Makassar.

Heryana Ade. (2018). Informan dan Pemilihan Informan Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmiah.

Kamus Bahasa Indonesia. (2003). Balai Pustaka. Jakarta.

Putra Kevvin Marsellino Gusti. (2020). Perilaku Pedagang di Sentra Ikan Bulak Surabaya dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam. Vol 3. No 1. UN Surabaya.

Rahmatullah Helmi. (2016). Implementasi Aspek-aspek Etika Bisnis Islam Pada Pedagang Pasar Ngasem Tamansari Kota Yogyakarta. Skripsi Manajemen Dakwah dan Komunikasi Universitas Sunan Kalijaga. Yogykarta.

Rivai Veithzal. (2012). Islamic Bussines And Economic Ethics, Cet 1. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

___________ (2012). Islamic Ekonomics & Finance, PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rivai Veithzal & Buchari Andi. (2009). Islamic Economics, PT Bumi Aksara. Jakarta.

Rinawati. (2014). Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Transaksi Jual Beli di Pasar Tradisional karisa Jeneponto. Skripsi Studi Hukum Ekonomi Syariah Universitas Muhammadiyah. Makassar.

Sinaga Aman. (2007). Aplikasi Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, Direktorat Perlindungan Konsumen, Bandung.

Sujatmiko Eko. (2014). Kamus IPS, Aksara Sinergi Media. Surakarta.

Syarbini Amirulloh dan Haryadi J. (2011). Muhammad Sebagai Bisnisman Ulung, PT Elex Media Komputindo Kompas-Gramedia, Jakarta.

Suyanto M. (2008). Muhammad Business Strategy & Ethics, C. V Andi Offset. Yogyakarta.

Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif, Alfabeta. Bandung.

________ (2009). Memahami Penelitian Kualitatif, Alfabeta. Bandung.

________ (2015). Memahami Penelitian Kualitatif, Alfabeta. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.29264/jesm.v1i2.10765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jesm.feb@gmail.com