Analisis Perilaku Konsumsi Mahasiswa Muslim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman

Widya Astuti Prasetya, Miftahul Huda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumsi mahasiswa muslim FEB memilih, membeli, serta menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan triangulasi dengan jenis triangulasi sumber data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan perilaku konsumsi mahasiswa muslim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman memilih dan membeli barang atau jasa dalam memenuhi kebutuhan serta keinginannya yaitu selalu mempertimbangkan untuk mendahulukan kebutuhan primer, memperhatikan kehalalan dan kebersihan produk, membeli pakaian menjadi rutinitas belanja setiap bulan, membeli produk perawatan kulit termasuk prioritas kebutuhan, selalu menyesuaikan kemampuan dalam memenuhi konsumsinya, melakukan pembelian suatu produk karena rasa penasaran, dan melakukan pembelian sesuai dengan rencana. Perilaku konsumsi mahasiswa muslim saat menggunakan barang atau jasa masih berlebihan dalam menggunakan suatu barang, terutama barang elektronik, tidak membuang-buang makanan atau minuman, selalu menyebut nama Allah SWT sebelum dan sesudah makan atau minum, penggunaan jasa ojek online masih dalam batas wajar, dan melakukan konsumsi untuk kegiatan sosial.
Kata Kunci: Perilaku Konsumsi, Konsumsi Islami, dan Mahasiswa Muslim


Keywords


Perilaku Konsumsi, Konsumsi Islami, dan Mahasiswa Muslim

Full Text:

PDF

References


Alam, S. S., Mohd, R., & Hisham, B. (2011). Is Religiosity An Important Determinant On Muslim Consumer Behaviour In Malaysia? Journal of Islamic Marketing, 2(1), 83–96. https://doi.org/10.1108/17590831111115268

Alkautsar, Z., & Hapsari, M. I. (2015). Implementasi Pemahaman Konsumsi Islam Pada Perilaku Konsumsi Konsumen Muslim. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 1(10), 736. https://doi.org/10.20473/vol1iss201410pp736-754

Amaliah, I., Riani, W., & Julia, A. (2015). Relevansi Nilai Religiusitas Islam dalam Berkonsumsi dengan Kebahagiaan. Prosiding SNaPP, 113–120.

Baidhowi, B., & Zaki, I. (2014). Implementasi Konsumsi Islami Pada Pengajar Pondok Pesantren (Studi Kasus Pada Pengajar Pondok Pesantrenal Aqobah Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang). 1(9), 610–621. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20473/vol1iss20149pp610-621

Baining, M. E., & Ekawati. (2018). Pengaharuh Pendapatan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi Di Kota Jambi. VI, 88– 112.

Bungin, B. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif; Aktualisasi Metodologis Ke Arah Ragam Farian Kotemporer. PT Raja Grafindo Persada.

Cahyorini, A., & Rusfian, E. Z. (2011). The Effect of Packaging Design on Impulsive Buying. Journal of Administrative Science & Organization, 18(1), 11–21.

Corinna, A. N., & Cahyono, E. F. (2019). Pola Perilaku Konsumsi Generasi Millenial Terhadap Produk Fashion Perspektif Monzer Kahf: Studi Kasus Mahasiswi Universitas Airlangga. 6(2), 319– 330.

Dikria, O., & Mintarti, S. U. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 09(2), 128–139.

Kholidah, N. (2018). Implementasi Pemahaman Konsumsi Islam Pada Perilaku Konsumen Muslim (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Pekalongan). 14, 1–19.

Mardani. (2011). Ayat-Ayat dan Hadis Ekonomi Syariah. Rajawali Pers.

Martinelli, I. (2019). Ajaran Islam Tentang Prinsip Dasar Konsumsi Oleh Konsumen. Jurnal EduTech, 5(1), 76–83

Rionita, D., & Widiastuti, T. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pendapatan Dan Religiusitas Terhadap Perilaku Konsumsi Rumah Tangga Muslim Di Surabaya (Kaidah Konsumsi Islami Menurut Al-Haritsi). 6(9), 288–304

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian; Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (25th ed.). Alfabeta.

Suharyono. (2018). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam. 4(2), 308–327.




DOI: https://doi.org/10.30872/jesm.v2i1.10424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jesm.feb@gmail.com