Etika Bisnis Jual Beli Telepon Genggam Bekas Menurut Pandangan Ekonomi Islam di Kota Samarinda
Abstract
Â
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Etika Bisnis Jual Beli Telepon Genggam Bekas Menurut Pandangan Ekonomi Islam di Kota Samarinda. Jenis penelitian kualitatif. Sumber data dari keyforman dan informan terdiri dari pemilik toko telepon genggam bekas, serta informan dari konsumen yang membeli telepon genggam bekas di Samarinda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan sikap fathonah pemilik toko telepon genggam bekas dalam melakukan transasksi jual beli telepon genggam bekas sudah memiliki sikap komunikatif yang baik. Pada sisi lain pemilik toko telepon genggam bekas dalam melakukan transasksi jual beli pemilik toko telepon genggam bekas sudah memiliki sikap jujur terutama dalam menawarkan telepon genggam bekas, harga yang dipasarkan sesuai dengan kondisi barang, sehingga tindakan yang demikian tentunya memuaskan konsumen, dan tidak merugikan baik untk pemilik toko telepon genggam bekas maupun bagi pembeli.    Â
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, Ruf’ah. 2011. Fiqih Muamalah. Bogor. Ghalia Indonesia
Abdurrahman, Nana Hediana. 2013. Manajemen Bisnis Syariah dan Kewirausahaan. Bandung. Pustaka Setia
Alma, Buchari dan Donni Juni Priansa. 2012. Manajemen Bisnis Syariah. Bandung. Alfhabeta
Amalia, Fitri. 2012. Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Pedagang Di Bazar Madinah Depok
Anshari. 2010. Pendidikan Islam. Jakarta. Gaung Persada Press
Arijanto, Agus. 2012. Etika Bisnis Bagi Pelaku Bisnis. Jakarta. Penerbit Raja Grafindo Persada
Atmaja, Agam Santa. 2014. Analisis Penerapan Etika Bisnis dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi kasus Pada Pedagang Muslim di Pasar Kaliwungu Kendal)
Badroen, Faisal. 2012. Etika Bisnis dalam Islam. Yogyakarta. Prenada Media Group
Badrudin. 2014. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta
Chalimah, Ismatul. 2017. Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Persaingan Para Penjual (Studi Kasus Toko Grosir Al-Araffah Pasar Wage Purwokerto)
Djohan dalam Muhadam. 2015. Dialekta Ilmu Pemerintahan. Bogor. Penerbit. Cipta Karya
Fahmi, Irham. 2014. Etika Bisnis, Teori Kasus, dan Solusi. Bandung. Alfabeta
Fakhri, Majid. 2014. Etika dalam Islam. (terjemahan: Zkiyuddin Baidhawy). Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Hasan, A. 2010. Berbagai Macam Transaksi dalam Islam. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada
Idri, dan Titik Triwulan Tutik. 2015. Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam. Jakarta. Listas Pustaka Publisher
Karebet, Muhammad dan Yusanto, Muhammad Ismail. 2012. Strategi Pemasaran. Yogyakarta. Penerbit Andy
Keraf, A. Sonny dan Imam, Robert Haryono. 2010. Etika Bisnis: Membangun Citra Bisnis sebagai Profesi Luhur. Yogyakarta. Kanisius
Muhammad Syakir Sula. 2013. Asuransi Syariah (Life And General).Jakarta: Gema Insani.
Mursidah, Umi. 2017. Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Di Pasar Tradisional (Studi Pasar Betung Kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat)
Raharjo, Satjipto. 2012. Etika Sosial Lintas Budaya. Bandung. Alfabeta
Shaharuddin. 2011. Etika Publik. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, cet ke-7. Bandung. Alfabeta
Suhendi, Hendi. 2011. Fiqih Muamalah, Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada
Zubair, Achmad Charris. 2010. Kuliah Etika. Jakarta. Rajawali Pers.
DOI: https://doi.org/10.29264/jesm.v1i2.10096
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman
Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jesm.feb@gmail.com