Etika Bisnis Jual Beli Telepon Genggam Bekas Menurut Pandangan Ekonomi Islam di Kota Samarinda

Robby Novan Saputra, Abdul Gafur, Rabiatul Adawiyah

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Etika Bisnis Jual Beli Telepon Genggam Bekas Menurut Pandangan Ekonomi Islam di Kota Samarinda. Jenis penelitian kualitatif. Sumber data dari keyforman dan informan terdiri dari pemilik toko telepon genggam bekas, serta informan dari konsumen yang membeli telepon genggam bekas di Samarinda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan sikap fathonah pemilik toko telepon genggam bekas dalam melakukan transasksi jual beli telepon genggam bekas sudah memiliki sikap komunikatif yang baik. Pada sisi lain pemilik toko telepon genggam bekas dalam melakukan transasksi jual beli pemilik toko telepon genggam bekas sudah memiliki sikap jujur terutama dalam menawarkan telepon genggam bekas, harga yang dipasarkan sesuai dengan kondisi barang, sehingga tindakan yang demikian tentunya memuaskan konsumen, dan tidak merugikan baik untk pemilik toko telepon genggam bekas maupun bagi pembeli.        

 


Keywords


Etika Bisnis; Jual Beli; Telepon Genggam Bekas

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, Ruf’ah. 2011. Fiqih Muamalah. Bogor. Ghalia Indonesia

Abdurrahman, Nana Hediana. 2013. Manajemen Bisnis Syariah dan Kewirausahaan. Bandung. Pustaka Setia

Alma, Buchari dan Donni Juni Priansa. 2012. Manajemen Bisnis Syariah. Bandung. Alfhabeta

Amalia, Fitri. 2012. Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Pedagang Di Bazar Madinah Depok

Anshari. 2010. Pendidikan Islam. Jakarta. Gaung Persada Press

Arijanto, Agus. 2012. Etika Bisnis Bagi Pelaku Bisnis. Jakarta. Penerbit Raja Grafindo Persada

Atmaja, Agam Santa. 2014. Analisis Penerapan Etika Bisnis dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi kasus Pada Pedagang Muslim di Pasar Kaliwungu Kendal)

Badroen, Faisal. 2012. Etika Bisnis dalam Islam. Yogyakarta. Prenada Media Group

Badrudin. 2014. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta

Chalimah, Ismatul. 2017. Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Persaingan Para Penjual (Studi Kasus Toko Grosir Al-Araffah Pasar Wage Purwokerto)

Djohan dalam Muhadam. 2015. Dialekta Ilmu Pemerintahan. Bogor. Penerbit. Cipta Karya

Fahmi, Irham. 2014. Etika Bisnis, Teori Kasus, dan Solusi. Bandung. Alfabeta

Fakhri, Majid. 2014. Etika dalam Islam. (terjemahan: Zkiyuddin Baidhawy). Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Hasan, A. 2010. Berbagai Macam Transaksi dalam Islam. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada

Idri, dan Titik Triwulan Tutik. 2015. Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam. Jakarta. Listas Pustaka Publisher

Karebet, Muhammad dan Yusanto, Muhammad Ismail. 2012. Strategi Pemasaran. Yogyakarta. Penerbit Andy

Keraf, A. Sonny dan Imam, Robert Haryono. 2010. Etika Bisnis: Membangun Citra Bisnis sebagai Profesi Luhur. Yogyakarta. Kanisius

Muhammad Syakir Sula. 2013. Asuransi Syariah (Life And General).Jakarta: Gema Insani.

Mursidah, Umi. 2017. Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Di Pasar Tradisional (Studi Pasar Betung Kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat)

Raharjo, Satjipto. 2012. Etika Sosial Lintas Budaya. Bandung. Alfabeta

Shaharuddin. 2011. Etika Publik. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, cet ke-7. Bandung. Alfabeta

Suhendi, Hendi. 2011. Fiqih Muamalah, Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada

Zubair, Achmad Charris. 2010. Kuliah Etika. Jakarta. Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.29264/jesm.v1i2.10096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jesm.feb@gmail.com