Pengaruh Strategi Pemasaran Syariah Terhadap Keputusan Menginap Konsumen Pada Penginapan Belatuk Guest House Syariah Samarinda

Kiki Andriani Purty, Herning Indriastuti, Dirga Lestari

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah ada pengaruh produk, harga, lokasi, dan promosi terhadap keputusan menginap konsumen di Belatuk Guest House Syariah Samarinda.

Penelitian ini menggunakan 100 responden yang merupakan customer yang menginap di Belatuk Guest House Syarian Samarinda. Penelitian ini perlu dikaji secara kuantitatif,oleh karena itu jawaban yang diperoleh dari hasil kuesioner akan diukur dengan menggunakan skala likert dalam lima tingkatan. Analisis data adalah proses penyederhanaan data ke dalam bentuk yang mudah dibaca dan diinterpretasikan. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis data guna menguji hipotesis pada penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda. Perhitungan ini dilakukan menggunakan sistem komputerisasi dengan program SPSS. Uji analisis menunjukkan bahwa produk, harga, lokasi, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap konsumen pada Belatuk Guest House Syariah Samarinda. Hasil penelitian menyatakan bahwa secara simultan Produk, Harga, lokasi, dan promis berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap konsumen pada penginapan Belatuk Guest House Syariah Samarinda


Keywords


Pengaruh Produk; Harga; Lokasi; Promosi; Keputusan Menginap

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agustina, Soebachman. (2012). 7 Teori Sastra Kontemporer dan 17 Tokohnya. Yogyakarta: IN Azna Books.

Ahmad, N., Mir, M. S., & Iqbal, N. (2014). Impact of Islamic Fashion Marketing on Islamic Marketing : A Case Study of Pakistani Women’s. Kuwait Chapter of Arabian Journal of Business and Management Review, 3(5), 66–72. https://doi.org/10.12816/0018172.

Alma, Bukhari. (2004). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung: CV. Alfabeta..

Alma dan Priansa, Bukhari dan Donni Juni. (2008). Manajemen Bisnis Syariah: Manajemen Nilai dan Praktis Syariah dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Alma dan Priansa, Buchari dan Donni Juni. (2011). Manajemen Bisnis Syariah Menanamkan Nilai dan Praktis Syariah dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Alma dan Priansa, Buchari dan Donni Juni. (2014). Manajemen Bisnis Syariah. Bandung: Alfabeta.

Alma dan Priansa, Buchari dan Donni Juni. (2016). Manajemen Bisnis Syariah. Cetakan ketiga. Bandung: Alfabeta.

Alom dan Haque, Mahabub Md dan Shariful Md. (2011). Marketing An Islamic Perspective. World Journal of Social Sciences, 1 (3), 71-81.

Anshari, D. H. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di pajak usu (pajus) medan. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 7(3), 227–242. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/KGXDM.

Arifin, M. (2008). Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan kelimabelas. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Assauri, Sofjan. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Atmoko, T. P. H. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 83–96. https://doi.org/10.17509/jithor.v1i2.13769

Bahari, A. F., & Ashoer, M. (2018). Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ekowisata. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(1), 69–78. https://doi.org/10.24252/minds.v5i1.4839

Bahri, Saiful. (2015). “Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Memilih Hotel Syariah Studi Pada Hotel Syariah Walisongo.†Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negri Sunan Ampel Surabaya.

Devina dan Andreani, Priska dan Fransisca. (2006). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian di Susan Spa and Resort Bandungan. Jurnal Teknik Elektro. Maret. 6 (1), 426.

Dinawan, M. R. (2010). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi kasus pada konsumen Yamaha Mio PT. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, IX(3), 335–369.

Fauzi, Y. (2015). Manajemen Pemasaran Perspektif Maqasid Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1(03). https://doi.org/10.29040/jiei.v1i03.51.

Gunara dan Hardiono, Thorik dan Utus. (2007). Marketing Muhammad. Bandung: Madania Prima.

Gymnasiar dan Kertajaya, Abdullah & Hermawan. 2004. Berbisnis dengan hati. Jakarta: Mark Plus & CO.

Hilmi, Muhammad. (2017). “Pengaruh Brand Image Dan Harga Serta Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda CBR 150CC Di Samarinda.†Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman.

Hurriyati, Ratih. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Pelanggan. Bandung: Alfabeta.

Kartajaya dan Syakir, Harmawan dan Muhammad. (2006). Syariah Marketing. Bandung: P I Mizan.

Kotler, Philip Dan Amstrong. (1997). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlanga.

Kotler, Philip. (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta: Prenhalindo.

Kotler dan Bowen, Philip dan john. (2002). Pemasaran, Perhotelan dan Kepariwisataan. Jakarta: PT Prenhallindo.

Kotler, K.L. Keller. (2009). Marketing Manajemen, Jilid1. Jakarta: Edisi Ketiga belas Erlangga.

Kotler dan Amstrong, Philip dan Gar. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.

Kotler dan Amstrong, Philip. (2010). Princeples Of Marketing. Edisi 13. England: Pearson.

Kurniawati, Dewi. (2017). “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Menginap Konsumen Pada Hotel Syariah Arini Surakarta.†Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negri Surakarta.

Lubis dan Hidayat, Dewi Irana Desy dan Rahmat. (207). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman, 5 (1), 15-24.

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Edisi 2. Salemba Empat.

Mangkunegara, Anwar Prabu. (2012). Perilaku Konsumen. Bandung: PT Refika Aditama.

Miftah, A. (2015). Mengenal Marketing Dan Marketers Syariah. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 6(2), 15–20. https://doi.org/10.32678/ijei.v6i2.56

Mubarok, N. (2017). Strategi Pemasaran Islami Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Butik Calista. I-Economics, 3(1), 73–92.

Nasution, Mustafa Edwin. (2014). Pengenalan Ekslusif Ekonomi Islam. Jakarta: Prenada Media Group.

Nawawi, Hadari. (2012). Manajemen Strategik Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan Dengan Ilustrasi di Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Gadjah Mada.

Rahardi, Naufal. (2016). “Analisis faktor-faktor Yang Mempengaruhi Prefferensi Konsumen Terhadap Hotel Syariah Studi Kasus Hotel Sofyan INN Srigunting.†Skripsi Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor.

Sahetapy, J. P. (2013). Diferensiasi Produk, Strategi Merek, Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Meubel Ud Sinar Sakti Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 411–420. https://doi.org/10.35794/emba.v1i3.2055.

Sangadji dan Sopiah, Etta Mamang. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Cetakan Pertama. C.V Andi Offset.

Simamora, Regina Rumiris. (2018). “Pengaruh Electronic Word Of Mouth e- WOM Perceived Value Dan Brand Personality Terhadap Minat Beli Pada Konsumen Kosmetik Wardah di kota Samarinda.†Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman.

Siregar, Syofian. (2013). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitarif :

Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Cetakan Pertama. PT Bumi Aksara.

Siti, Mohamadah, I., & Tiarawati, M. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian POND. Bisnis Dan Manajemen, 6(2), 1–10. https://doi.org/10.1002/nme.607.

Sudarsono, Heri. (2008). Konsep Ekonomi Islam Suatu Pengantar. Yogyakarta: UII.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatiff dan R&D. Bandung: Alffabeta.

Sujarweni. V. Wiratna. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Cetakan Pertama. PUSTAKABARUPRESS.

Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan – Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Edisi 1. CV ANDI OFFSET.

Suryana. 2006. Kewirausahaan. Selemba Empat Patria.

Swasta dan Handoko, Basu dan T Hani. (2000). Manajemen Pemasaran Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Swasta dan Irawan, Basu. (1990). Manajemen Pemasaran Modern.Liberty. Yogyakarta.

Syahrul, H. (2012). Marketing Dalam Perspektif Hukum Islam. Jurnal Hukum Diktum, 10(2), 185-196.

Tekwana, Peryoly. (2013). “Pengaruh Marketing Public Relations Terhadap Loyalitas Pelanggan Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekan Baru†Skripsi Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Riau.

Tjiptono, Fandy. (2008). Srategi Pemasaran. Yogyakarta: edisi ke III. Andi.

Verina, E. (2014). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Toko Fashion di Jejaring Sosial Facebook (Survei pada Konsumen Toko Fashion di Jejaring Sosial Facebook yang berlokasi di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 10(1), 81953.

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti, . (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59–66. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1172

Yohanes Suhari. (2008). Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, XIII(2), 140–146. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=7425&val=544&title=Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

Yulianto, Rifqi. (2014). “Analisis Strategi pemasaran Berbasis Syariah Pendekatan Marketing Mix Studi Pada Hotel Grand Syariah Malang.†Skripsi Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Zulaicha, S., & Irawati, R. (2016). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Morning Bakery Batam. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 4(2), 123. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v4i2.76.




DOI: https://doi.org/10.30872/jesm.v2i1.10086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jesm.feb@gmail.com