Manajemen Strategi Usaha Rumah Makan Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Berdasarkan Konsep Abdurrahman Bin Auf (Studi Kasus Rumah Makan Dandito Balikpapan)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi yang dilakukan rumah makan Dandito Balikpapan dalam menghadapi pandemi Covid-19 berdasarkan strategi berdagang Abdurrahman bin Auf. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah Pemilik restoran Dandito, Manajer Operasional dan Admin restoran Dandito, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya restoran Dandito telah melakukan strategi yang sesuai dengan strategi berdagang Abdurrahman bin Auf, strategi yang digunakan restoran Dandito yaitu: memiliki keberanian dan tekad berusaha, melaksanakan ikhtiar, doa dan tawakal, menjaga kualitas barang dan pelayanan serta rajin bersedekah dan bersyukur. Keempat strategi ini digunakan dalam perkembangan strategi restoran Dandito dan keempat strategi ini saling bersinergi antara satu dengan yang lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alawi, A. (2018). Abdurrahman bin Auf Minta Ditunjukkan Pasar Daripada Menerima Pemberian.
NuOnline. https://islam.nu.or.id/post/read/96339/abdurrahman-bin-auf-minta-ditunjukkan-pasardaripada-menerima-pemberian
Amalia, F. (2013). Etika Bisnis Islam : Konsep Dan. Etika Bisnis Islam: Konsep Dan Implementasi Pada
Pelaku Usaha Kecil, 95, 116–125.
Anwar, D. (2014). Hidup Sederhana. 281.
Dinsi, V. (2015). 7 Rahasia Kaya & Sukses Abdurahman bin Auf (Vol. 4, Issue 1). Indonesia Publishing.
Muliana, M. (2017). Konsep Dakwah Entrepreneur Menurut Abdurrahman Bin Auf. Al-Idarah: Jurnal
Manajemen Dan Administrasi Islam, 1(2), 227. https://doi.org/10.22373/al-idarah.v1i2.2673
Nizar, M. (2017). Prinsip Kejujuran Dalam Perdagangan Versi Al-Qur’an. Prinsip Kejujuran Dalam
Perdagangan Versi Al-Qur’an, 2(November), 309–320.
Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Ilmiah
Hubungan Internasional, 0(0), 59–64. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64
Pratiwi, R. G., Mandala, K., Ekonomi, F., & Udayana, U. (2010). Pasca Pemulihan Kegagalan Pada
Restoran Pizza Hut. Restoran Pizza, 6, 2260–2279.
Presiden Republik Indonesia. (2018). Undang Undang Nomor 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan
Wilayah.
Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya.
https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj
Riska, R. (2020). 37,000 SMEs hit by COVID-19 Crisis as Government Prepares Aid. The Jakarta Post, 16
April 2020. https://www.thejakartapost.com/news/2020/04/16/37%0A000-smes-hit-by-covid-19-
crisis-as-governmentprepares-aid.html
Saffan, E. (2016). Urgensi Doa, Ikhtiar Dan Kesadaran Beragama Dalam Kehidupan Manusia (Suatu
Tinjauan Psikologis). Fitra, 2(1), 20–27. http://jurnal.staitapaktuan.ac.id
Slamet, M. I. S. (2011). SHADAQAH DALAM PERSPEKTIF HADIS NABI Moh. Ibnu Sulaiman Slamet
Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. XII, 46–61.
Zakaria, A. (2012). Rahasia Jutawan Islam Abdurrahman bin Auf (M. A. Ibrahim (ed.)). PTS Professional
Publishing.
Zulaikah, M. (2017). Sikap Tawakal Antara Mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir,
Pendidikan Agama Islam Dan Ekonomi Syari’Ah Semester Vi Dan Viii Stain Kediri Tahun 2015.
Spiritualita, 1(2), 141–163. https://doi.org/10.30762/spr.v1i2.650
DOI: https://doi.org/10.30872/jesm.v1i4.10061
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman
Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jesm.feb@gmail.com