Pengaruh Marketing Mix Syariah Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Piala Mas Samarinda

Gita Damayanti, Sri Wahyuni

Abstract


Toko Piala Mas Samarinda merupakan salah satu agen pakaian terkemuka di Kota Samarinda yang  mempunyai banyak konsumen dari dalam dan luar kota. Hal ini melatarbelakangi peneliti untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan toko dalam mencapai kesuksesan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Toko Piala Mas Samarinda pada periode Maret 2021. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan Skala Likert, kuesioner, dan daftar pernyataan. Metode analisis pada penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier berganda dan uji hipotesis untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel produk, harga, lokasi, dan promosi terhadap keputusan pembelian pada Toko Piala Mas Samarinda dengan menggunakan Program SPSS Versi 22.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko Piala Mas Samarinda. Sedangkan, variabel harga, lokasi, dan promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Toko Piala Mas Samarinda. Secara simultan, variabel marketing mix syariah berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Toko Piala Mas Samarinda. Sebesar 54,7% variabel keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel produk, harga, lokasi, dan promosi, sedangkan sisanya yaitu sebesar 45,3% dipengaruhi oleh variabel lain.

Full Text:

PDF

References


Adinugraha, H. H. and Sartika, M. (2019) ‘An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah Volume 05, Nomor 02, April 2019’, Jurnal Ekonomi Syariah, 05(April), pp. 57–81.

Al Arif, M. N. R. (2011) Dasar-Dasar Ekonomi Islam. Solo: PT ERA ADICITRA INTERMEDIA.

Ferdinand, A. (2014) Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Firmansyah, A. (2018) Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Harahap, D. A. (2015) ‘Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pajak USU (PAJUS) Medan’, 7.

Haris Hamid, A. (2017) Hukum Perlindungan Konsumen Indonesia. Makassar: SAH MEDIA.

Huda, N. et al. (2017) Pemasaran Syariah: Teori dan Aplikasi. Depok: KENCANA.

Lis, M. I. (2017) ‘Pengaruh Saluran Distribusi, Harga Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada Home Industri Tempe Putra Kl Kecamatan Socah Tahun 2016’, Jurnal Ilmu dan Pendidikan Ekonomi-Sosial ISSN (2597-7806), 1(1), pp. 31–45.

Nandiroh (2013) ‘Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda di Dharmasraya’, Journal of Economic and Economic Education.

Nurcholifah, I. (2014) ‘Strategi Marketing Mix Dalam Perspektif Syariah’, Jurnal Khatulistiwa – Journal Of Islamic Studies, 4(1), pp. 73–86.

Riduwan (2015) Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rumengan, A. N., Tawas, H. N. and Wenas, R. S. (2015) ‘ANALISIS CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN STRATEGI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL DAIHATSU AYLA CABANG MANADO’.

Sudaryono (2016) Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI.

Sugiyono (2010) Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U. (2019) Pemasaran Strategik: Perspektif Perilaku Konsumen dan Marketing Plan. Bogor: IPB Press.

Sumarwan, U. and Tjiptono, F. (eds) (2018) Strategi Pemasaran dalam Perspektif Perilaku Konsumen. Bogor: PT Penerbit IPB Press.

Zulaicha, S. and Irawati, R. (2016) ‘Pengaruh Produksi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Morning Bakery Batam’.




DOI: https://doi.org/10.29264/jesm.v1i1.10003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jesm.feb@gmail.com