Sumber daya manusia dan e-learning system (sipedar) sebagai media knowledge sharing pada keberhasilan studi dengan pendekatan vie (valance, instrumentality and expectancy)

Epsilandri Septyarini, Auliya Rosiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Sumber Daya Manusia, Sistem Pembelajaran Daring terhadap Keberhasilan Studi pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Dengan mengetahui besarannya pengaruh dari variabel yang diteliti, diharapkan dapat memberikan rekomendasi yang baik untuk memberikan strategi dalam peningkatan Kualitas pengajaran dengan sistem pembelajaran daring terhadap Mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sampel dalam penelitian ini adalah 197 mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas ekonomi UST dengan metode accidental sampling. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner.


Keywords


Sumber daya manusia; sistem pembelajaran daring; keberhasilan studi

References


Antasari, K. C., & S, P. D. Y. (2015). Pengaruh Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi Dan Penggunaan Teknologi Informasi Pada Kinerja Individual Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Pemoderasi. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.

Antasari, K., & Yaniartha Sukartha, P. (2015). Pengaruh Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi Dan Penggunaan Teknologi Informasi Pada Kinerja Individual Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 10(2), 354–369.

Asrar, Z., Tariq, N., & Rashid, H. (2018). The Impact Of Communication Between Teachers And Students: A Case Study Of The Faculty Of Management Sciences, University Of Karachi, Pakistan. European Scientific Journal, Esj, 14(16), 32. Https://Doi.Org/10.19044/Esj.2018.V14n16p32

Chatterjee, S., Rana, N. P. and Dwivedi, Y. K. (2020) ‘Social media as a tool of knowledge sharing in academia: an empirical study using valance, instrumentality and expectancy (VIE) approach’, Journal of Knowledge Management, 24(10), pp. 2531–2552. doi: 10.1108/JKM-04-2020-0252.

Dilnoza, A., & Nurmaxamatovna. (2019). The Effects Of Verbal And Non-Verbal Cues In Multimedia. International Journal Of Innovative Technology And Exploring Engineering, 8(9 Special Issue 2), 753–756. Https://Doi.Org/10.35940/Ijitee.I1043.0789s219

Dwitayanti, Y. (2011). Dampak Impelementasi Sistem Informasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa. 69–87.

Faoziah, R. A., & Sembiring, J. (2017). Pengaruh Implementasi Sistem Pembelajaran E-Learning ( Studi Kasus Fakultas Informatika Dan Fakultas Rekayasa Industri ) Effect Of Implementation Of E-Learning Learning System To Satisfaction Of University Students Telkom ( Case Study Faculty Of Informatics And Faculty Of Industrial Engineering ). 4(3), 2547–2554.

Ghozali (2011) ‘Tujuan Uji Normalitas’, in Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang.

Ghozali, I. (2016) ‘Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 :Update PLS Regresi’, Semarang, p. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. doi: 10.2307/1579941.

Hakim, M., & Mulyapradana, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Daring Dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Saat Pandemik Covid-19. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4(2), 154–160. Https://Doi.Org/10.31294/Widyacipta.V4i2.8853

Hapsara, O., & Yandi, A. (2020). Analisis Kepuasan Mahasiswa Dalam Menggunakan Sistem Informasi Terpadu Akademik (Sita) Universitas Batanghari Jambi. 5(2), 327–334. Https://Doi.Org/10.33087/Jmas.V5i2.205

Hayati, W. O. T., Palilati, A., & Sukotjo, E. (2018). Pengaruh Sistem Informasi Akademik (Siakad) Dan Kualitas Pelayanan Administrasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa (The Effect Of Academic Information System And The Quality Of Administrative Services On Student Satisfaction). Jurnal Manajemen, Bisnis, Dan Organisasi, 2(1), 11–19.

Larson-Hall, J. (2014) A Guide to Doing Statistics in Second Language Research Using SPSS, A Guide to Doing Statistics in Second Language Research Using SPSS. doi: 10.4324/9780203875964.

Lee, S. (2007) ‘Vroom’s expectancy theory and the public library customer motivation model’, Library Review. Edited by D. McMenemy, 56(9), pp. 788–796. doi: 10.1108/00242530710831239.

Ratna, S. (2019). Analisis Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi Akademik (Sia) Online Terhadap Kepuasan Mahasiswa. 10(2), 53–59.

Rostina, C. F. (2017). Dampak Komunikasi , Dan Kualitas Layanan Mahasiswa Manajemen Universitas Prima. Wira Ekonomi Mikroskil, 7(1), 63–70.

Parijat, D. P. (2014) ‘Victor Vroom’s Expectancy Theory of Motivation – An Evaluation’, p.

Sudrajat, D. (2016). Pengaruh Komunikasi Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Politeknik Lp3i Jakarta Kampus Sudirman. Jurnal Lentera Komunikasi, 2(1), 1–16.

Sumarna, N., Kansil, Y., & Hamid, R. (2020). The Influence Of Online Learning Platform Models During The Covid-19 Outbreak On College Student Satisfaction Levels In Southeast Sulawesi. (2), 72–81.

Sutiyatno, S. (2018). The Effect Of Teacher’s Verbal Communication And Non-Verbal Communication On Students’ English Achievement. Journal Of Language Teaching And Research, 9(2), 430. Https://Doi.Org/10.17507/Jltr.0902.28

S. R. Harandi, Effects Of E Learning On Students Motivation, Procedia Soc. Behav. Sci.,2015.

Suyitno, "Facebook Sebagai Media Kreatif E-Learning Untuk Distance Learning Di Era Global", In Makalah Dipresentasikan Di Bpu Dinamik7 Up, 2012.

Smaldino, Sharon E, Dkk. (2008). Instructioal Technology And Media For Learning (Ninth Edition). New Jersey Pearson Merril Prentice Hall




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jinv.v17i3.9992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 INOVASI


Indexing: