Pengaruh content marketing dan e-wom pada media sosial tiktok terhadap keputusan pembelian generasi z
Abstract
Perkembangan teknologi digital yang sangat pesat menjadikan media sosial sebagai salah satu media yang sangat berpengaruh dalam proses keputusan pembelian pada konsumen, khususnya bagi para konsumen muda. Terlebih lagi pada era pandemi Covid-19 saat ini, berbagai kebijakan yang diterapkan pemerintah guna meminimalisir penyebaran virus sangat memicu perubahan masyarakat dalam menggunakan internet. Salah satu media sosial yang sedang populer di masa pandemi ini yaitu Tiktok, dimana sebagian besar penggunanya adalah remaja atau generasi Z. Perkembangan ini menjadikan banyak perusahaan mulai melirik Tiktok sebagai platform untuk alat pemasarannya namun tentunya para pelaku bisnis harus mengetahui karakteristik dari Tiktok dan juga para penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Content Marketing dan E-WoM pada media sosial Tiktok terhadap keputusan pembelian generasi Z. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Adapun hasil penelitian menunjukkan Content Marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan Sumbangan Efektif (SE) yaitu sebesar 19,71% dan Sumbangan Relatif (SR) yaitu sebesar 50,40%, E-WoM berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan Sumbangan Efektif (SE) yaitu sebesar 19,36% dan Sumbangan Relatif (SR) yaitu sebesar 49,51%, secara simultan Content Marketing dan E-WoM pada media sosial Tiktok berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen Generasi Z dengan besarnya pengaruh yaitu sebesar 39,1%.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Chu, S. C., & Kim, J. (2018). The current state of knowledge on electronic word-of-mouth in advertising research. International Journal of Advertising, 37(1), 1-13.
George, A. L., & Bennett, A. (2005). Case studies and theory development in the social sciences. Cambridge, MA: MIT Press
Hennig-Thurau, T., Gwinner, K.P., Walsh, G. and Gremler, D.D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: what motivates consumers to articulate themselves on the Internet?. Journal of Interactive Marketing, Vol. 18 No. 1, pp. 38-52.
Holliman, G., & Rowley, J. (2014). Business to business digital content marketing: marketers’ perceptions of best practice. Journal of research in interactive marketing.
Kotler, Philip and Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing. Sixteenth, Pearson Education, Inc.
Mikhael, Abraham (2019) Use of Tiktok for Gratifications and Self-Expression among Urban Generation Z. Binus University
Milhinhos, P. R. V. (2016). The impact of content marketing on attitudes and purchase intentions of online shoppers: the case of videos & tutorials and user-generated content (Doctoral dissertation).
Mou, J. B. (2020). Study on social media marketing campaign strategy--TikTok and Instagram (Doctoral dissertation, Massachusetts Institute of Technology).
O’Reilly, L. (2014). Huffington Post CEO on native ads, content personalisation and UK plans. Marketing Week (Online Edition), 3.
Raharjo, Sahid. (2018). Olah Data Statistik dengan SPSS. Diakses pada www.spssindonesia.com
Ruth, D., & Candraningrum, D. A. (2020). Pengaruh Motif Penggunaan Media Baru Tiktok terhadap Personal Branding Generasi Milenial di Instagram. Koneksi, 4(2), 207-214.
Senecal, S. and Nantel, J. (2004), “The influence of online product recommendations on consumers’ online choicesâ€, Journal of Retailing, Vol. 80 No. 2, pp. 159-69.
Sensor Tower. (2020). TikTok Crosses 2 Billion Downloads After Best Quarter For Any App Ever. Diakses pada 10 April 2021, dari https://sensortower.com/blog/tiktok-downloads-2-billion
Seymour, C. (2014). All Content Is Personal. Econtent, 37(6), 20-25.
Singh, M. (2020). TikTok tops 2 billion downloads. Diakses pada 25 April 2021, dari https://techcrunch.com/2020/04/29/tiktok-tops-2-billion-downloads/
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sujarweni, W. 2014. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Ye, Q., Law, R., Gu, B. and Chen, W. (2011), “The influence of user-generated content on traveler behavior: An empirical investigation on the effects of e-word-of-mouth to hotel online bookingsâ€, Computers in Human Behavior, Vol. 27 No. 2, pp. 634–639.
DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v17i3.9570
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Fadhilah Fadhilah, Galih Ginanjar Saputra
Editorial Address
INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com
StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen