Pengaruh brand ambassador “blackpink” terhadap purchase intention melalui brand image

Nadila Oktaviani, Saida Zainurossalamia ZA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Pengaruh Brand Ambassador “Blackpink” Terhadap Purchase Intention baik secara langsung maupun melalui mediasi variabel Brand Image Pada Aplikasi E-Commerce Shopee. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Brand Ambassador, sementara variabel terikat adalah Brand Image dan Purchase Intention. Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa/i Universitas Mulawarman yang terdiri dari 65 responden. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Pengumpulan data pada menggunakan kuesioner dengan menguji Pengaruh Brand Ambassador “Blackpink” terhadap Purchase Intention dan dimediasi oleh Brand Image. Analisis data menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Brand Ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention, (2) Brand Ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention, (3) Brand Ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Image, (4) Brand Image berpengaruh positif dan signifikan dalam memberikan efek mediasi pada pengaruh Brand Ambassador terhadap Purchase Intention Pada Aplikasi E-Commerce Shope.


Keywords


Brand ambassador; brand image; purchase intention

References


Cece, Ike Sen. 2015. “Pengaruh Brand Origin, Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Sepatu Macbeth Di Sogo Galaxy Mall Surabaya.” Manajemen Kinerja 1(2):101–10.

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajamen. pertama. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tesis Da Disertasi Ilmu Manajemen. 5th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Fitriah, Maria. 2018. Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Virtual. 1st ed. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Girsang, Nitasri Murawaty, Endang Sulistya Rini, and Parapat Gultom. 2020. “European Journal Of Management And Marketing Studies The Effect Of Brand Image And Product Quality On Re- Purchase Intention With Customer Satisfaction As Intervening Variables In Consumers Of Skincare Oriflame Users – A Study On Students Of North Sumatra.” European Journal of Management and Marketing Studies 5(1):40–57.

Karyati, Dwi, and Ati Mustikasari. 2019. “Pengaruh Brand Image Terhadap Minat Beli Pada Produk Nature Republic Aloe Vera Di Bandung 2019.” 5(2):652–59.

Lengkong, Selvina L., MAriam Shondakh, and J. W. Londa. 2017. “Strategi Public Relations Dalam Pemulihan Citra Perusahaan (Studi Kasus Rumah Makan Kawan Baru Megamas Manado).” E- Journal “Acta Diurna” VI(1).

Lin, Chih Wei, Su Shiang Lee, Hua Yi Lin, Zi Xin Lim, Yu Chih Cheng, and Shu Chin Huang. 2019. “The Relationships between the Credibility of Badminton Brand Spokespersons, Brand Image, and Attitudes towards Consumer Purchase Intention.” African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure 8(4):1–11.

Magdalena, Puspita Astria, Suharyono, and Mukhammad. 2015. “Pengaruh Brand Ambassador Terhadap International Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengguna Smartphone Samsung).” Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya 23(1):85988.

Mardiani, Alifia Sarah, and Aditya Wardhana. 2018. Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Bandung Kunafe Cake.

Saidani, Basrah, Muh. Sifaul Muztahid, and Andrian Haro. 2017. “The Influence of Perceived Quality, Brand Image, and Emotional Value Towards Purchase Intention of Consina Backpack.” JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia 8(1):1.

Saputro, Alan, and Sugiono Sugiharto. 2018. “Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Ambassador Dalam Membentuk Brand Identity Sebagai Variabel Intervensi Terhadap Purchase Intention Pada Produk Markobar.” Jurnal Strategi Pemasaran 5(2):1–8.

Sidharta, Iwan, and Boy Suzanto. 2015. “Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Sikap Serta Perilaku Konsumen Pada E-Commerce.” Jurnal Computech & Bisnis 9(1):23–36.

Usman, Osly, and Yenni Aryani. 2013. “The Effect Of Brand Ambassador, Brand Image, Product Quality, And Price On Purchase Intention.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

Wang, Felicia, and Evo Sampetua Hariandja. 2016. “The Influence Of Brand Ambassador On Brand Image And Consumer Purchasing Decision : A Case Of Tous Les Jours In The Influence Of Brand Ambassador On Brand Image And Consumer Purchasing Decision : A Case Of Tous Les Jours In Indonesia.” (March).

Widjaja, Anastasia Andrea. 2015. The Impact of L’Oréal Paris Fall Repair’s Celebrity Endorsement towards Consumer Purchase Intention with Brand Image as a Mediating Variable. Vol. 3.

Yasinta Windyastari, Nyoman, and Eka Sulistyawati. 2018. “Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Kredibilitas Celebrity Endorser Terhadap Niat Beli.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 7(12):6932.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jinv.v17i3.9487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 INOVASI


Indexing: