Kepuasan mahasiswa dalam pembelajaran online di tengah pandemi dengan pengaruh penguasaan teknologi dan kemampuan komunikasi verbal

Epsilandri Septyarini, Agus Dwi Cahya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan mahasiswa dalam pembelajaran dengan sistem online. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta yang berjumlah 200 mahasiswa. Metode analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji t dan uji F dengan teknik accidental sampling. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penguasaan teknologi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan siswa, keterampilan komunikasi verbal berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan siswa, penguasaan teknologi dan keterampilan komunikasi verbal berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan siswa. mahasiswa. Diharapkan penelitian ini dapat digunakan untuk mengukur penguasaan teknologi dan keterampilan komunikasi verbal terhadap kepuasan mahasiswa.


Keywords


Penguasaan teknologi; keterampilan komunikasi verbal; kepuasan mahasiswa

References


Antasari, K. C., & S, P. D. Y. (2015). Pengaruh Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi Dan Penggunaan Teknologi Informasi Pada Kinerja Individual Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Pemoderasi. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.

Antasari, K., & Yaniartha Sukartha, P. (2015). Pengaruh Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi Dan Penggunaan Teknologi Informasi Pada Kinerja Individual Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 10(2), 354–369.

Asrar, Z., Tariq, N., & Rashid, H. (2018). The Impact Of Communication Between Teachers And Students: A Case Study Of The Faculty Of Management Sciences, University Of Karachi, Pakistan. European Scientific Journal, Esj, 14(16), 32. Https://Doi.Org/10.19044/Esj.2018.V14n16p32

Dilnoza, A., & Nurmaxamatovna. (2019). The Effects Of Verbal And Non-Verbal Cues In Multimedia. International Journal Of Innovative Technology And Exploring Engineering, 8(9 Special Issue 2), 753–756. Https://Doi.Org/10.35940/Ijitee.I1043.0789s219

Dwitayanti, Y. (2011). Dampak Impelementasi Sistem Informasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa. 69–87.

Faoziah, R. A., & Sembiring, J. (2017). Pengaruh Implementasi Sistem Pembelajaran E-Learning ( Studi Kasus Fakultas Informatika Dan Fakultas Rekayasa Industri ) Effect Of Implementation Of E-Learning Learning System To Satisfaction Of University Students Telkom ( Case Study Faculty Of Informati. 4(3), 2547–2554.

Hakim, M., & Mulyapradana, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Daring Dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Saat Pandemik Covid-19. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4(2), 154–160. Https://Doi.Org/10.31294/Widyacipta.V4i2.8853

Hapsara, O., & Yandi, A. (2020). Analisis Kepuasan Mahasiswa Dalam Menggunakan Sistem Informasi Terpadu Akademik (Sita) Universitas Batanghari Jambi. 5(2), 327–334. Https://Doi.Org/10.33087/Jmas.V5i2.205

Hayati, W. O. T., Palilati, A., & Sukotjo, E. (2018). Pengaruh Sistem Informasi Akademik (Siakad) Dan Kualitas Pelayanan Administrasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa (The Effect Of Academic Information System And The Quality Of Administrative Services On Student Satisfaction). Jurnal Manajemen, Bisnis, Dan Organisasi, 2(1), 11–19.

Ratna, S. (2019). Analisis Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi Akademik (Sia) Online Terhadap Kepuasan Mahasiswa. 10(2), 53–59.

Rostina, C. F. (2017). Dampak Komunikasi , Dan Kualitas Layanan Mahasiswa Manajemen Universitas Prima. Wira Ekonomi Mikroskil, 7(1), 63–70.

Sambul, S. A. P. (2018). Pengaruh Penguasaan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Telkom Indonesia Cabang Manado. 6(2), 10–16.

Sudrajat, D. (2016). Pengaruh Komunikasi Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Politeknik Lp3i Jakarta Kampus Sudirman. Jurnal Lentera Komunikasi, 2(1), 1–16.

Sumarna, N., Kansil, Y., & Hamid, R. (2020). The Influence Of Online Learning Platform Models During The Covid-19 Outbreak On College Student Satisfaction Levels In Southeast Sulawesi. (2), 72–81.

Sutiyatno, S. (2018). The Effect Of Teacher’s Verbal Communication And Non-Verbal Communication On Students’ English Achievement. Journal Of Language Teaching And Research, 9(2), 430. Https://Doi.Org/10.17507/Jltr.0902.28




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v17i2.9361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Epsilandri Septyarini, Agus Dwi Cahya


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen