Strategi perancangan destination branding di pangandaran sebagai magnet pariwisata
DOI:
https://doi.org/10.30872/jinv.v17i2.8484Keywords:
Destination branding, pariwisata, pangandaranAbstract
Terjadinya fluktuasi jumlah kunjugan wisatawan dan juga sebagai kawasan wisata yang populer di Jawa Barat, Pangandaran harus terus melakukan pembenahan dari berbagai aspek agar terbentuk destination branding yang sesuai dengan apa yang di inginkan oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara melalui strategi perancangan destination branding. Dengan begitu, penelitian ini dapat memberikan gambaran mengenai bagaimana Pangandaran mengembangkan destination branding untuk men-trigger pengembangan pariwisata. Adanya branding yang baik akan mampu membawa pengaruh positif bagi daerah tersebut dan secara otomatis akan memberikan kesan yang baik pula bagi siapapun yang berkunjung kesana.
References
Anholt, Simon. (2009). Handbook on Tourism Destination Branding. Spanyol: World Tourism Organization.
Chiaravalle & Schenk. (2007). Branding For Dummies. Canada: Wiley Publishing Inc
Yoeti, Oka A. (2008). Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Pradnya Paramita: Jakarta
Chairul, Fikri. (2020, 31 Agustus). “Provinsi Jawa Barat Gelorakan Kembali Potensi Wisataâ€. [Online]. Diakses dari https://www.beritasatu.com/iman-rahman-cahyadi/nasional/671361/provinsi-jawa-barat-gelorakan-kembali-potensi-wisata
Enceng. (2020, 12 Februari). “Kunjungan Wisatawan ke Pangandaran Tahun 2019 Menurunâ€. [Online]. Diakses dari https://www.harapanrakyat.com/2020/02/kunjungan-wisatawan-ke-pangandaran-tahun-2019-menurun/
Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Purhantara, W. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Syamsul, Maarif. (2016, 12 Juli). “Kunjungan Wisatawan ke Pangandaran Berkurang 40 Persenâ€. [Online]. Diakses dari https://travel.okezone.com/read/2016/07/12/406/1436131/kunjungan-wisatawan-ke-pangandaran-berkurang-40-persen
Widjaja, Yani Restiani. 2018. PENGARUH BRAND DESTINATION DAN PRODUK WISATA TERHADAP NIAT BERKUNJUNG KEMBALI MELALUI WORD OF MOUTH. JIM UPB Vol 6 No.2
Downloads
Published
Issue
Section
License
Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen
pISSN: 0216-7786 eISSN: 2528-1097
is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License