Strategi perancangan destination branding di pangandaran sebagai magnet pariwisata

Authors

  • Ardelia Azhar Arifianti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ratih Hurriyati Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
  • Puspo Dewi Dirgantari Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jinv.v17i2.8484

Keywords:

Destination branding, pariwisata, pangandaran

Abstract

Terjadinya fluktuasi jumlah kunjugan wisatawan dan juga sebagai kawasan wisata yang populer di Jawa Barat, Pangandaran harus terus melakukan pembenahan dari berbagai aspek agar terbentuk destination branding yang sesuai dengan apa yang di inginkan oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara melalui strategi perancangan destination branding. Dengan begitu, penelitian ini dapat memberikan gambaran mengenai bagaimana Pangandaran mengembangkan destination branding untuk men-trigger pengembangan pariwisata. Adanya branding yang baik akan mampu membawa pengaruh positif bagi daerah tersebut dan secara otomatis akan memberikan kesan yang baik pula bagi siapapun yang berkunjung kesana.

References

Anholt, Simon. (2009). Handbook on Tourism Destination Branding. Spanyol: World Tourism Organization.

Chiaravalle & Schenk. (2007). Branding For Dummies. Canada: Wiley Publishing Inc

Yoeti, Oka A. (2008). Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Pradnya Paramita: Jakarta

Chairul, Fikri. (2020, 31 Agustus). “Provinsi Jawa Barat Gelorakan Kembali Potensi Wisataâ€. [Online]. Diakses dari https://www.beritasatu.com/iman-rahman-cahyadi/nasional/671361/provinsi-jawa-barat-gelorakan-kembali-potensi-wisata

Enceng. (2020, 12 Februari). “Kunjungan Wisatawan ke Pangandaran Tahun 2019 Menurunâ€. [Online]. Diakses dari https://www.harapanrakyat.com/2020/02/kunjungan-wisatawan-ke-pangandaran-tahun-2019-menurun/

Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Purhantara, W. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syamsul, Maarif. (2016, 12 Juli). “Kunjungan Wisatawan ke Pangandaran Berkurang 40 Persenâ€. [Online]. Diakses dari https://travel.okezone.com/read/2016/07/12/406/1436131/kunjungan-wisatawan-ke-pangandaran-berkurang-40-persen

Widjaja, Yani Restiani. 2018. PENGARUH BRAND DESTINATION DAN PRODUK WISATA TERHADAP NIAT BERKUNJUNG KEMBALI MELALUI WORD OF MOUTH. JIM UPB Vol 6 No.2

Published

2021-05-23

Issue

Section

Articles