Analisis sikap konsumen terhadap produk barang dari kulit samak ukir dan barang kulit tidak diukir
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap konsumen terhadap produk barang dari kulit samak ukir dan produk barang dari kulit samak tidak diukir yang akan berpengaruh terhadap keputusan membeli. Sampel dalam penelitian ini adalah pembeli barang kulit samak yang diukir maupun yang tidak diukir Kota Malang dengan responden 90 sampel. Pengambilan data dilakukan dengan metode kuesioner. Pengukuran sikap konsumen dilakukan pada tiga kategori yaitu Mahasiswa, Wanita Karier, dan Ibu Rumah Tangga. Sikap konsumen tersebut akan diukur dengan menggunakan skala Likert. Data yang terkumpul di uji kruskal wallis untuk membedakan ketiga kategori yaitu Mahasiswi, Wanita Karir dan Ibu Rumah Tangga dalam mengambil keputusan pembelian barang kulit yang diukir maupun tidak diukir. Jika terdapat perbedaan maka dilakukan uji lanjut menggunakan uji mann whitney. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa tidak ada perbedaan (p>0,05) sikap konsumen antara mahasiswi, Wanita Karir dan Ibu Rumah Tangga terhadap kualitas produk, kenyamanan produk, kebanggan mengenakan produk, kesukaan produk. Namun ada perbedaan (p<0,05) sikap konsumen antara Mahasiswi, Wanita Karir dan Ibu Rumah Tangga terhadap harga produk, desain ukiran produk, asesoris produk dan kualitas jahitan produk . Kesimpulan bahwa keputusan membeli dari ketiga konsumen wanita yaitu Mahasiswi, Wanita karier dan Ibu rumah tangga terhadap produk barang dari kulit samak yang diukir ditentukan dari harga produk, desain Ukiran produk, asesoris produk serta kualitas jahitan produk.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Indoanalisis (2018). Ekspor Import Kulit dan Produk dari Kulit di Indonesia. Laporan Industri. Indonesia Industri Research Company
Keller, K.L. (2003). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Kotler, P. dan Armstrong, G. (2012), Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 penerbit Erlangga.
Kotler, P. (2000). Marketing Management. The Millennium Edition, New Jersey. Prentice Hall International Edition.
Lee, J.W. (2010). The Roles Of Demographics On The Perceptions Of Electronic Commerce Adoption. Academy Of Marketing Studies Journal. 14(1)71-89. https://www.researchgate.net/publication/268055695
Lee,H.J, Cho.H.J, Xu. W., Fairhurst. A. (2010). The Influence of Consumer Traits and Demographics on Intention to Use Self- service Checkouts. Journal of Marketing Intelligence and Planning. 28(1) 46-58. DOI: 10.1108/02634501011014606
Patterson, P. G.(2004). A contingency model of behavioural intentions in a services context European Journal of Marketing. 38( 9): 1304-1315. https://www.researchgate.net/publication/240260378
Rakhmat, J. (2009). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Simamora, B. (2004). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Wang, G., Dou. W., Zhou. N. (2008). Consumption Attitudes and Adoption of New Consumer Product: A Contingency Approach. European Journal Marketing,42(112): 238–254. https://www.researchgate.net/publication/235284002
DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v17i1.8075
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Wehandaka Pancapalaga, Bayu Etty Tri Adiyastiti
Editorial Address
INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com
StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen