Pengaruh pembangunan ekonomi terhadap pembangunan manusia di kalimantan timur

Dedy Pudja Wardana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengeluaran pemerintah sektor pendidikan dan kesehatan dalam memperkuat pengaruh pertumbuhan ekonomi dan tingkat kemiskinan terhadap pembangunan manusia di Provinsi Kalimantan Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis regresi berganda dengan variabel moderator. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengeluaran pemerintah sektor pendidikan dan kesehatan merupakan variabel moderator. Variabel pengeluaran pemerintah sektor kesehatan yang berpengaruh positif dan signifikan dalam memperkuat pengaruh pertumbuhan ekonomi terhadap pembangunan ekonomi. Kemudian variabel pengeluaran pemerintah sektor pendidikan dan kesehatan bukan merupakan variabel moderator dalam memperkuat pengaruh tingkat kemiskinan terhadap pembangunan manusia. Sedangkan variabel tingkat kemiskinan berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap pembangunan manusia di Provinsi Kalimantan Timur. Hasil penelitian ini menjadi dasar pertimbangan kebijakan pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Dalam upaya penanggulangan kemiskinan untuk peningkatan pembangunan manusia yang dilakukan secara komprehensif yang meliputi berbagai aspek kehidupan masyarakat dan dilaksanakan secara terpadu.

Kata kunci: Pengeluaran Pemerintah, Pendidikan, Kesehatan, Pertumbuhan Ekonomi, Kemiskinan, Pembangunan Manusia.


Full Text:

PDF

References


Abbas, Tarmizi, 2010. Modal Manusia Dan Pertumbuhan Ekonomi, Jurnal E-Mabis FE-Unimal, Volume 11, Nomor 3, Oktober 2010. Hal. 1-11.

Anggraini, Rinda, Ayun, dan Luthfi Muta’ali, 2013. Pola Hubungan Pertumbuhan Ekonomi Dan Pembangunan Manusia Di Provinsi Jawa Timur Tahun 2007-2011, Jurnal Bumi Indonesia, Vol. 2, No. 3, hal. 233-242.

Anonim, Kaltim Dalam Angka Tahun 2004 - 2014, BPS Kaltim, Samarinda.

Azahari, A., 2000. Pembangunan Sumber Daya Manusia dan Indeks Pembangunan Manusia Sektor Pertanian. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Volume 15. No.1. Hal 56-69.

Boediono. A, 1985 “Teori Pertumbuhan Ekonomi”, BPFE, Yogyakarta.

Brata, Aloysius, Gunadi, 2002. Pembangunan Manusia Dan Kinerja Ekonomi Regional Di Indonesia, Jurnal Ekonomi Pembangunan, Vol 7, No. 2, hal. 113-123.

Firdausy, C.M. 1998. Dimensi Manusia Dalam Pembangunan Berkelanjutan. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Jakarta.

Ginting, Charisma, K.S., (2008) “Analisis Pembangunan Manusia di Indonesia”, Tesis Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara Medan, diakses dari http://repository.usu.ac.id.

Jhingan, M. L., 2000. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan, Rajawali Press. Jakarta.

Mankiw, N., Gregory, 2006. Pengantar Ekonomi Makro. Edisi Tiga. Salemba Empat, Jakarta.

Mirza, D.S., (2012), “Pengaruh Kemiskinan, Pertumbuhan Ekonomi, dan Belanja Modal terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Jawa Tengah tahun 2006-2009”, Jurnal Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, diakses dari http://journal.unnes.ac.id

Rahardja, 2001, Teori Ekonomi Mikro, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta

Rahardja, Pratama dan Mandala Manurung, 2005. Teori Ekonomi Makro: Suatu Pengantar, Lembaga Penerbit FE UI.

Salvatore, Dominick, 2006. Schaum’s Outlines: Mikroekonomi (Terjemahan Bahasa Indonesia), Edisi Keempat, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Soebeno, A. 2005. Analisis Pembangunan Manusia dan Penentuan Prioritas Pembangunan Sosial di Jawa Timur. Tesis. Sekolah Pascasarjana. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Soebyakto, Bambang, Bemby, dan Abdul, Bashir, 2014. Analisis Tipologi Dan Hubungan Antara Indeks Pembangunan Manusia Dan Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Sumatera Selatan. In: Prosiding Penguatan Industri Keuangan dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015. Penerbit dan Percetakan Universitas Sriwijaya, pp. 519-546.

Suryana. 2000. Ekonomika Pembangunan, Salemba Empat, Jakarta.

Todaro, Michael, 2006. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Todaro, Michael P. dan Stephen C. Smith, 2006. Ekonomi Pembangunan, Edisi ke-sembilan, Erlangga, Jakarta.

UNDP, 2011, Human Development Report, Oxford University Press, New York, diakses dari http://hdrstats.undp.org

World Bank 2000. 2001. The Quality of Growth : Kualitas Pertumbuhan. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v12i2.804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Dedy Pudja Wardana


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen