Implementasi etika bisnis islam pedagang dalam menjamin kestabilan harga dan daya beli masyarakat di masa new normal
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi etika bisnis Islam tentang keberadaan pedagang terhadap stabilitas harga dan daya beli masyarakat di masa new normal. Penelitian bersifat kualitatif dan objek penelitian ini adalah pedagang pasar Minggu JB. Salatiga. Metode penulisan ini menggunakan berbagai bentuk seperti wawancara, dokumentasi, observasi dan penelusuruan literatur kepustakaan digunakan dalam rangka untuk mengumpulkan data. Penganalisaan yang dilakukan peneliti agar ilmiah maka dengan kritis dan kreatif dengan melakukan mondar-mandir antara metode yang melalui kesimpulan yang logis dan dengan metode penggalian data kemudian dievaluasi untuk menyimpulkan. Adapun penelitian yang penulis teliti untuk mengetahui implementasi etika bisnis Islam tentang keberadaan pedagang terhadap stabilitas harga dan mengetahui keberadaan pedagang terhadap daya beli masyarakat. Bahwa etika bisnis dipraktekan pedagang antara lain: kepedulian dengan lingkungan dagang, kejujuran, kebenaran, keadilan, menghindari unsur-unsur yang dilarang dalam memberikan layanan serta tidak mengambil kesempatan dalam kesempitan pada pembeli. Pemerintah  juga bertanggung jawab menstabilkan harga  dan meningkatkan daya beli masyarakat masa new normal covid -19 namun dalam penelitian ini kebijakan  pemerintah menstabilkan harga dan daya beli masyarakat relatif tidak mempengaruhi hal tersebut. Karena keberdaan pedagang berkomitmen bekerja sama antara pedagang dengan pembeli dan pedagang dengan pedagang untuk mengimplementasikan strategi etika bisnis Islam untuk mempertahankan stabilitas harga bahkan daya beli masyarakat tetap terjaga walaupun masa new normal covid -19. Dengan sifat-sifat pedagang tersebut bisa mempengaruhi daya beli masyarakat dan stabilitas harga barang atau jasa. Stabilitas harga bisa stabil atau tetap melalui pedagang yang mengimplementasikan etika bisnis Islam dengan komitmen Halalan Toyyiban/karakter moral dan krakter kerja menjadi nilai universal bagi pedagang. Karakter moral dan karakter kerja artinya pedagang memiliki integritas keagamaan, kejujuran kepedulian lingkungan, amanah dan bekerja keras, semangat, etos kerja tinggi tidak sebaliknya pedagang jujur tapi malas, etos kerja rendah atau pedagang kerja keras, semangat bekerja tapi culas (tidak jujur).
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Almas, B. (2019). Iqtishoduna: Jurnal Ekonomi Islam. Iqtishoduna: Jurnal Ekonomi Islam (Vol. 8) http://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/iqtishoduna/article/view/341
Deliarnov,(1997), Pemikiran Ekonomi. Jakarta: Raja Grapindo,
E, Amalia,(2009), Keadilan Distributif dalam Ekonomi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Febriana , Retno, (2018 ), Implikasi Fluktuasi Harga Terhadap Pendapatan dan Daya Beli Pedagang , Jurnal Iqtishaduna , Vol. XXIX No. 21/Mei 2018
Garini, d. P.,(2018), Analisis Peran Insentif dan Daya Beli Masyarakatterhadap Produktivitas Kerja Karyawandalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada CV Prima Jaya Motor Dayamurni, Tulang Bawang Barat),
Haris, Iyus Akhmad. ., & Kadek Rai Suwena,(2015),."Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Usaha Pedagang Kaki Lima di pantai Penimbangan Kecamatan Buleleng". Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, Vol. 5 No.1.
Karim., Adiwarman, (2001)Buku Ekonomi Islam Suatu Kajian Kontemporer,. Jakarta: Gema Insani
Karim, Adiwarman,(2015), Ekonomi Mikro Islami,. Jakarta: RajaGrafindo Persada,
Karim, Adiwarman,( 2015) Mekanisme Ekonomi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada
MS, S. , (2007), Perdagangan Terlarang Menurut Islam dalam Tinjauan Maqashid Al – Syariah. Jurnal Hunawa, Vol.4 No.3, .
Muhammad Ismail Yusanto, dkk. (2012). Menggagas Bisnis Islam. Jakarta: Gema Insani Press.
Mursidah, U. (2017). Penerapan Etika Bisnis dalam Transaksi Jual Beli di Pasar Tradisiona. Jurnal Ekonomi Syariah.
Muyassarah, (2019), Analisis SWOT Pada Strategi Pemasaran Produk Simpanan Kurban di KSPPS BMT NU Sejahtera Cabang Jepara. SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis Islam, 1(3),
Nasution, M. E.,(2006), Pengenalan Eklusif Ekonomi Islam. Depok: Kencana.
Nurudin, (2018) Pengaruh Minat Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Keputusan Wanita Muslim Berwirausaha. Sawwa: Jurnal Studi Gender, Vol. 12, No.3
Pardiansyah, Elif., (2017), “Investasi dalam Perspektif Ekonomi Islam : Pendekatan Teoritis Dan Empirisâ€, Jurnal Publikasi Ekonomi Islam Universitas IndonesiaVol. 8 No. 2, .
P, Kotler,.(2004), Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks Gramedia4
P,Lestari, S., (2015), "Hubungan Komunikasi Pemasaran dan Promosi Dengan Keputusan Memilih Jasa Layanan Kesehatan (Studi Pada Rumah Sakit Islam Lumajang)." Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 4(2)
Putong, I, (2013), Pengembangan Ekonomi Islam. Jakarta: Galiya Indonesia.
Rofiah, K., (2014), Urgensi Etika di dalam Sistem Bisnis Islam. Jurnal Justitia Islamica, Vol. 11 No,2.
Rozalinda.,(2015), Ekonomi Islam Teori dan Aplikasinya pada Aktivitas Ekonomi,. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Siddiqi, M. N., (1996), Kegiatan Ekonomi dalam Islam. Jakarta: Bumi Aksara,
Siregar, R. , (2015), “Etika Bisnis Pengusaha Muslim Terhadap Pelayanan Konsumen dalam Meningkatkan Daya Beli Masyarakat (Studi Kasus Pedagang Pusat Pasar Kota Padang Sidimpuan).†Tazkir, 01 No. 2.
Sukirno, S., (2010), Mikroekonomi, Teori Pengantar, Jakarta:Rajawali Press
DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v17i2.8032
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Muyassarah Muyassarah, Moh. Fauzi
Editorial Address
INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com
StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen