Ipo underpricing di bursa efek indonesia
Abstract
Studi ini dilakukan dengan tujuan menguji fenomena underpricing emiten yang melakukan penawaran umum perdana untuk mengetahui faktor penentu underpricing IPO saham. Sampel penelitian ini diambil dari 204 emiten yang melaksanakan IPO selama periode 2010-2019. Pengujian dilakukan dengan metode analisa regresi data panel. Dengan menggunakan beberapa proxy data keuangan dan data non-keuangan, hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan IPO saham di Indonesia mengalami fenomena underpricing. Hasil studi menunjukan yaitu data keuangan; ROA (return on assets) memiliki dampak negatif dan signifikan dan financial leverage (debt to equity/DER) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap IPO underpricing. Sedangkan, data non-keuangan yaitu pengaruh variabel underwriter’s reputation memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap IPO underpricing.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adhi Partama, I. G. N., & Gayatri, G. (2019). Analisis Determinan Underpricing Saham di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Akuntansi. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v26.i03.p23
Ang, R. (2007). Buku Pintar Pasar Modal Indonesia (The Intelligent Guide To Indonesian Capital Market ). In Mediasoft Indonesia.
Boulton, T. J., Smart, S. B., & Zutter, C. J. (2011). Earnings quality and international IPO underpricing. Accounting Review. https://doi.org/10.2308/accr.00000018
Carter, R. B., Dark, F. H., & Singh, A. K. (1998). Underwriter reputation, initial returns, and the long-run performance of IPO stocks. Journal of Finance. https://doi.org/10.1111/0022-1082.104624
Hanafi, M. 2004. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE.
Ibbotson, R. G. (1975). Price performance of common stock new issues. Journal of Financial Economics. https://doi.org/10.1016/0304-405X(75)90015-X
Isfaatun, E., & Hatta, A. (2010). ANALISIS INFORMASI PENENTU HARGA SAHAM SAAT INITIAL PUBLIC OFFERING. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis. https://doi.org/10.35760/eb.
Islam, M. A., Ali, R., & Ahmad, Z. (2010). An Empirical Investigation into the Underpricing of Initial Public Offerings in the Chittagong Stock Exchange. International Journal of Economics and Finance. https://doi.org/10.5539/ijef.v2n4p36
KIM, J. â€B, KRINSKY, I., & LEE, J. (1993). MOTIVES FOR GOING PUBLIC AND UNDERPRICING: NEW FINDINGS FROM KOREA. Journal of Business Finance & Accounting. https://doi.org/10.1111/j.1468-5957.1993.tb00659.x
Kristiantari, I. D. A. (2013). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Underpricing Saham Pada Saat Penawaran Perdana Di Bursa Efek Indonesia. Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Kunz, R. M., & Aggarwal, R. (1994). Why initial public offerings are underpriced: Evidence from Switzerland. Journal of Banking and Finance. https://doi.org/10.1016/0378-4266(93)00016-I
Lestari, F., & Sulasmiyati, S. (2017). PENGARUH INFORMASI KEUANGAN TERHADAP UNDERPRICING (Studi Pada Perusahaan Yang Melaksanakan IPO Pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2012). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya.
Loughran, T., & Ritter, J. R. (2002). Why Don’t Issuers Get Upset About Leaving Money on the Table in IPOs? Review of Financial Studies. https://doi.org/10.1093/rfs/15.2.413
Manurung, A.H. 2013. Initial Public Offering (IPO): Konsep, Teori, dan Proses. PT Adler Haymans Manurung Press, Jakarta.
Maya, R. (2013). Pengaruh Kondisi Pasar, Persentase Saham Yang Ditawarkan, Financial Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Underpricing Saham Yang IPO di BEI Periode 2007-2011, 1–24.
Pahlevi, R. W. (2014). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi underpricing saham pada penawaran saham perdana di bursa efek Indonesia. Jurnal Siasat Bisnis. https://doi.org/10.20885/jsb.vol18.iss2.art8
Purwanti, P., & Siregar, E. I. (2018). ANALISIS FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 1996-2015. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis. https://doi.org/10.31849/jieb.v15i1.1025
Putro, H., & Priantinah, D. (2017). Pengaruh Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Persentase Saham Yang Ditawarkan, Earning Per Share, dan Kondisi Pasar Terhadap Underpricing Saham Pada Saat Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2012-2015. Jurnal Profita, (4), 1–16.
Ratnasari, A., & Hudiwinarsih, G. (2013). ANALISIS PENGARUH INFORMASI KEUANGAN, NON KEUANGAN SERTA EKONOMI MAKRO TERHADAP UNDERPRICING PADA PERUSAHAAN KETIKA IPO. Buletin Studi Ekonomi.
RITTER, J. R. (1984). Signaling and the Valuation of Unseasoned New Issues: A Comment. In The Journal of Finance. https://doi.org/10.1111/j.1540-6261.1984.tb03907.x
Safitri, T. A. (2013). Asimetri informasi dan underpricing. Jurnal Dinamika Manajemen, 4(1), 1 - 9.
Saputra, A., & Suaryana, I. (2016). PENGARUH UMUR PERUSAHAAN, UKURAN PERUSAHAAN, RETURN ON ASSETS DAN FINANCIAL LEVERAGE PADA UNDERPRICING PENAWARAN UMUM PERDANA. E-Jurnal Akuntansi.
Setiawan, D. (2018). Determinan Underpricing Pada Saat Penawaran Saham Perdana. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan. https://doi.org/10.25273/jap.v7i2.2474
Suhardjo, F. (2015). Analisis Mengenai Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Underpriced di Bursa Efek Indonesia, 7(1), 56–65.
Sulistyawati, P. L., & Wirajaya, I. G. A. (2017). Pengaruh Variabel Keuangan, Non Keuangan dan Ekonomi Makro terhadap Underpricing pada IPO di BEI. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 20(3), 1848–1874
Widoatmojo, Sawidji. 2004. Jurus Jitu Go Public. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.
Yolana, C., & Martani, D. (2005). Variabel - Variabel yang Mempengaruhi Fenomena Underpricing pada Penawaran Saham Perdana di BEJ Tahun 1994 - 2001. Sna.
Yuniarti; Syarifudin. (2020). Pengaruh Reputasi Underwriter Dan Umur Perusahaan, Terhadap Underpricing Saham Pada Saat Initial Public Offering. Jurnal Al-Qardh, 4(2), 129–141. https://doi.org/10.23971/jaq.v4i2.1660
DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v16i2.7975
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Ardhiani Fadila, Kery Utami
Editorial Address
INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com
StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen