Transformasi struktural dan ketimpangan antar daerah di provinsi kalimantan timur

Fitri Kartiasih

Abstract


Tingginya ketimpangan pendapatan mengindikasikan tidak meratanya pembangunan terutama dalam bidang ekonomi di Indonesia. Kalimantan Timur adalah contoh provinsi yang mengalami growth without development: pertumbuhan ekonomi daerah memang terjadi namun pembangunan tidak dinikmati oleh sebagian besar rakyat Kalimantan Timur (Mubyarto, 2005). Hal ini dapat dilihat dari indeks eksploitasi dan angka kemiskinan di Kalimantan Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis transformasi struktural di Provinsi Kalimantan Timur, mengklasifikasikan kabupaten/kota menurut tingkat pertumbuhan dan pendapatan per kapitanya, menganalisis tingkat ketimpangan pendapatan antar kabupaten/kota dan mengetahui hubungan antara pendapatan perkapita dengan ketimpangan pendapatan. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, Tipologi Klassen, Indeks Williamson, Indeks Theil T dan Indeks Theil L. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur ekonomi Provinsi Kalimantan Timur masih bertumpu pada sektor primer dan belum terjadi transformasi struktur ekonomi. Berdasarkan Indeks Williamson, tingkat ketimpangan antar daerah di Provinsi Kalimantan Timur relatif tinggi. Berdasarkan Indeks Theil T dan Theil L, ketimpangan antar daerah lebih banyak disebabkan oleh ketimpangan dalam kelompok kabupaten (within) dibanding ketimpangan antar kelompok kabupaten penghasil migas-non penghasil migas (between). Hipotesis Kuznets berlaku atau terjadi di Provinsi Kalimantan Timur selama periode penelitian.


Keywords


Ketimpangan; indeks williamson; indeks theil; kuznets; kalimantan timur

References


BPS Provinsi Kalimantan Timur. 2015. Kalimantan Timur Dalam Angka 2015. BPS Provinsi Kalimantan Timur, Samarinda.

BPS Provinsi Kalimantan Timur. 2016. Kalimantan Timur Dalam Angka 2016. BPS Provinsi Kalimantan Timur, Samarinda.

Chenery, H., Ahluwalia, Bell, Duloy, dan Jolly. 1974. Redistribution with Growth. Oxford University Press, Oxford.

Daryanto, Arief & Yundy Hafizrianda. 2010. Model-Model Kuantitatif Untuk Perencanaan Pembangunan Ekonomi Daerah: Konsep dan Aplikasi. PT Penerbit IPB Press, Bogor

Mubyarto. 2005. Menggugat Ketimpangan dan Ketidakadilan Ekonomi Nasional. PUSTEP-UGM & Aditya Media, Yogyakarta.

Rustiadi, E., S. Saefulhakim, dan DR. Panuju. 2009. Perencanaan dan Pengembangan Wilayah. Yayasan Obor Indoneisa, Jakarta.

Sjafrizal. 2008. Ekonomi Regional, Teori dan Aplikasi. Baduose Media, Padang.

Tadjoeddin, M.Z., W.I. Suharyo dan S. Mishra. 2003. Regional Disparity and Centre-Regional Conflicts in Indonesia. Working Paper (01/01-E). UNSFIR, Jakarta.

Todaro, M. P. dan Stephen C. Smith. 2006. Pembangunan Ekonomi Jilid 1. Haris dan Puji [penerjemah]. Erlangga, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jinv.v15i1.5201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 INOVASI


Indexing: