Faktor penentu perkembangan umkm gerabah kasongan bantul yogyakarta

Hilmawan Arga Pamungkas, Amir Hidayatulloh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modal usaha, karakteristik entrepreneur, dan strategi pemasaran terhadap perkembangan usaha. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik UMKM yang ada di Kasongan Bantul Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan kriteria (1) UMKM yang bergerak di bidang gerabah, dan (2) usaha tersebut telah beroperasi minimal lima tahun. Sampel dalam penelitian ini adalah UMKM gerabah yang terdapat di Kasongan Yogyakarta serta telah beroperasi minimal lima tahun. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada responden. Dari penyebaran kuesioner diperoleh 60 kuesioner, akan tetapi hanya 36 kuesioner yang dapat diuji. Hal tersebut karena sebanyak Sembilan kuesioner tidak diisi secara lengkap. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda, dengan bantuan alat SPSS. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa modal usaha dan karakteristik entrepreneur berpengaruh terhadap perkembangan usaha, sedangkan strategi pemasaran tidak berpengaruh terhadap perkembangan usaha.


Keywords


Umkm; perkembangan usaha; modal usaha; karakteristik entrepreneur; strategi pemasaran

References


Amelia, Dina. (2017). Perbedaan UMKM & Perkembanganya di Indonesia [Online]. Didapatkan: Februari 2018].

Cahyanti, Mega Mirasaputri dan Widya Dewi Anjaningrum (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Usaha Kecil Sektor Industri Pengolahan di Kota Malang. JIBEKA, hal 73-79.

Dewi, Reni Shinta. (2013). Pengaruh Faktor Modal Psikologis, Karakteristik Entrepreneur, Inovasi, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Karakteristik UKM Terhadap Perkembangan Usaha Pedagang di Pasar Tradisional. Jurnal Administrasi Bisnis, halaman 29-40.

Firdaus, Afdillah. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Konsumen Membeli Produk Perumahan. JOM FISIP, halaman 1-12.

Ghozali, Iman. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, Iman. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hantoro, Sirod. (2005). Kiat Sukses Berwirausaha. Yogyakarta: Adicita Karya.

Kerajinan Unik dan Melegenda di Desa Kasongan Bantul. (2017). [Online] Didapatkan: Februari 2018]

Kismono, Gugup. (2012). Bisnis Pengantar. Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE.

Marina, Nely. (2015). Pengertian UKM & UMKM? Bagaimana Usaha Kecil Menengah di Indonesia [Online] Didapatkan: Februari 2018]

Purwanti, Endang. (2012). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM di Desa Dayakan dan Kalilondo Salatiga. Among Makarti, halaman 13-28.

Riyanto, Bambang. (1998). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi 4. Yogyakarta: BPFE.

Sidik, Heri. (2015). UPT Kasongan Ekspor Kerajinan Gerabah 20 Kontainer [Online]. Didapatkan: Februari 2018].

Soleh, Mohammad. (2008). Analisis Strategi Inovasi dan Dampaknya Terhadap Perusahaan. S2 Universitas Diponegoro Semarang. Didapatkan: https://core.ac.uk/download/pdf/11717887.pdf

Tjiptono, Fandy. (1997). Strategi Pemasaran. Edisi II. Yogyakarta: ANDI.

Undang-Undang UMKM Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Utari, Tri dan Putu Martini Dewi. (2014). Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan dan Teknologi Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kawasan Imam Bonjol Denpasar Barat. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, halaman 576-585.

Wijayanto, Andi. (2013). Pengaruh Karakteristik Wirausahawan Terhadap Tingkat Keberhasilan Usaha. Jurnal Ilmiah Sosial, halaman 1-12.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jinv.v15i1.4940

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 INOVASI


Indexing: