Anteseden yang mempengaruhi pendapatan dan profitabilitas pdam di kalimantan timur

Sri Mintarti, Anis Rachma Utary, Yana Ulfah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh Peningkatan pelanggan dan distribusi air bersih serta Aset terhadap Pendapatan dan Profitabilitas PDAM di Kalimantan Timur. Objek penelitian ini dilakukan di PDAM Tirta Kencana Samarinda, PDAM Tirta Mahakam Kutai Kartanegara, PDAM Tirta Manggar Balikpapan dan PDAM Tirta Tuah Benua Sangatta. Sampel data penelitian menggunakan time series data selama 10 sehingga sampel penelitian sebanyak 40 sampel data yang terdiri dari data pelanggan, distribusi air bersih , data Aset dan data Pendapatan serta Profitabilitas di 4 PDAM yang dijadikan obyek penelitian. Adapun Alat analisis yang digunakan untuk menganalisis data dengan model regresi berganda. Hasil analisis dan pengujian hipotesis menyimpulkan bahwa secara parsial Jumlah pelanggan, berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pendapatan dan Profitabilitas PDAM di Kalimantan Timur. Distribusi air ke pelanggan PDAM berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Pendapatan dan Profitabilitas PDAM di Kalimantan Timur. Aset yang digunakan operasional PDAM terpengaruh positif dan signifikan terhadap Pendapatan PDAM di Kalimantan Timur, tetapi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Profitabilitas PDAM di Kalimantan Timur. Pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas PDAM di Kalimantan Timur. Secara simultan jumlah pelanggan, Distribusi air dan aset berpengaruh terhadap Pendapatan, demikian juga terhadap Profitabilitas PDAM. Untuk meningkatkan Profitabilitas PDAM perlu pengawasan dan pengendalian distribusi air yang hilang yang tidak tercatat dalam rekening meter yang sering dikenal dengan tingkat kebocoran Air PDAM. Tingkat kebocoran air rata-rata di atas ketentuan 20%. Dengan penekanan tingkat kebocoran yang diikuti dengan penyesuaian tarif air bersih dapat meningkatkan Pendapatan dan Profitabilitas PDAM di Kalimantan Timur.


Keywords


pelanggan; distribusi; aset; pendapatan; profitabilitas

References


Adiguna. (2009). Pengaruh Investasi Aktiva Tetap Terhadap Laba Operasional (Studi Kasus Pada PDAM Kota Cirebon). Bandung: Jurnal Fakultas Ekonomi Widyatama.

Ardani, Arha Dimas. (2018). Faktor yang mempengaruhi Pendapatan dan Laba PDAM

Baridwan, Zaki. (2000). Intermediate Accounting. Yogyakarta: BPFE

BPPSPAM. (2014). Kinerja PDAM Wilayah I-IV. Terbitan Internal.

Brigham, E. F., Gapenski, L. C. (1996). Intermediate Financial Management, Sixth Edition, the Dryden press, Harcourt Brace College Publishers

Budiman et al. (2014). Analisis Perlakukan Aktiva Tetap Pada PT Hasrat Multifinance Menado. Jurnal EMBA Vol 2 no 1 hal 411-420, 2014

Greenberg, P. (2010). Custemer Relationship Management as the Speed of Light, Fourth Edition. McGraw-Hill.

Hanafi, Mahmud M., Halim, Abdul. (2007). Teori Akuntansi, Edisi Revisi. Semarang: Universitas Diponegoro

Ikatan Akuntansi Indonesia. (2002). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan, Cetakan 7. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Martono, Agus Harjito. (2002)., Manajmen Keuangan, Yogyakarta: Penerbit Enkonesia Kampus Fakultas Ekonomi UII.

Martoyo, Susilo. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 5, Cetakan Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Meiza, (2014). Pengaruh Pendapatan usaha dan operasional terhadap laba Bersih. E-Journal Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali.

Merina. (2018). Anteseden Yang Mempengaruhi Profitabilitas PDAM Tirta Mahakam Kutai Kartanegara. Tesis. Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman.

Mulyadi. (2014). Akuntansi Biaya Edisi 5. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Munawir, S. (2004). Analisa Laporan Keuangan, Edisi keempat. Yogyakarta: Liberty.

Muwafik, Saleh. (2014). Manajemen Pelayanan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Nasution, A.Z. (2004). Hukum Perlindungan Konsumen, Suatu Pengantar. Jakarta: Penerbit Media.

Nogi et al. (2016). Pengaruh Penjualan dan modal sendiri terhadap Laba pada UD Aneka jaya Motor di Singaraja. E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen Vol 4.

Pakpahan, Efendi. (2009). Volume penjualan. Jakarta: PT Bina Intitama Sejahtera.

Pratama, Rike Asri. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Bengkel Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Istana Bandung Raya Motor. Tesis tidak dipublikasikan. Universitas Widyatama.

Raharjo, Budi. (2000). Keuangan Dan Akuntansi Untuk Manajer Non Keuangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Riyanto, Bambang. (2001). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Cetakan ke-7. Yogyakarta: BEP.

Siregar, Amran. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Malang: UMM pres.

Soemarso S. R. (2005). Akuntansi Suatu Pengantar, Edisi Revisi. Jakarta: Salemba Empat.

Subadi Tjipto. (2009). Sosiologi Pendidikan. Surakata: Fauruz Media.

Subramanyam, K.R. Wild, John, J. (2010). Analisis Laporan Keuangan, Buku Satu, Edisi Sepuluh. Jakarta: Salemba Empat.

Sukamaya, Gede., Yudiaatmaja, Fridayana. (2017). Pengaruh Pendapatan dan Beban Operasional Terhadap Laba Pada Perusahaan Daserah Air Minum (PDAM) Kabupaten Buleleng Tahun 2013-2015..Jurnal Jurusan Manajemen Vol. 7 No. 1. Undiksha.

Susanti, Amalia., Usman. (2009). Analisis Pengaruh Biaya Produksi Dan Penjualan Air Bersih Terhadap Laba PDAM Tirtanadi Malang. Jurnal Akuntansi Vol 4 No 1 FE UNSIL

Swastha et al. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Penerbit Liberty

Syafitri. (2013). Evaluasi Tingkat Kesehatan Kinerja Keuangan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Palembang. Jurnal Kompetitif Vol. 2 (1). Fakultas Ekonomi Universitas Tridinanti Palembang.

Syamsudin, Lukman. (2002). Manajemen Keuangan Perusahaan, Cetakan Ketujuh. Jakrata: Penerbit Rajawali Pers.

Tjiptono, Fandy., Diana, Anastasia. (2003). Total Quality Management. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Tuanakotta, Theodorus M. (2000). Teori Akuntansi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jinv.v15i1.4431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 INOVASI


Indexing: