Kajian implementasi konsep one village one product (ovop) di kalimantan timur
DOI:
https://doi.org/10.30872/jinv.v14i2.4188Keywords:
one village one product (ovop), produk unggulan, kalimantan timurAbstract
Kajian Implementasi Konsep One Village One Product (OVOP) di Kalimantan Timur. Terdapat tiga hal yang ingin diketahui dari kajian ini yaitu pertama, mengidentifikasi produk unggulan daerah melalui pendekatan one village one product (OVOP); kedua, mengidentifikasi potensi pasar produk unggulan daerah melalui pendekatan one village one product (OVOP); dan ketiga, mengidentifikasi strategi pengembangan dan pemasaran produk unggulan daerah melalui pendekatan one village one product (OVOP). Tujuan pertama dan kedua didekati dengan menggunakan analisis statistik deskriptig, sedangkan tujuan kajian yang ketiga didekati melalui analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa produk lokal Kalimantan Timur yang masuk ke dalam kriteria program unggulan daerah dan memiliki potensi pasar yang masih memungkinkan untuk dikembangkan lebih lanjut.
References
Anonim. 2011. Oita OVOP International Exchange Promotion Committee. Japan. www.ovop.jp/en/index.htm.
Dirjen IKM. 2013. Juknis Dirjen IKM Nomor 98/IKM/PER/(/2013 tentang Pelaksanaan Pengembangan Industri Kecil dan Menengah Melalui Pendekatan Satu Desa Satu Produk (One Village One Product – OVOP).
Jica.go.jp, (2014). One Village One Product Promotion Project (OVOP) Ethiopia, Countries & Regions JICA. [online] Available at: http://www.jica.go.jp/ethiopia/english/activities/agriculture05.html
Ovop.jp, (2010). Oita International OVOP Exchange Committee. [online] Available at: http://www.ovop.jp/en/
Thai Embassy.sg, (2014). What is OTOP? | Royal Thai Embassy. [online] Available at: http://www.thaiembassy.sg/friends-of-thailand/p/what-is-otop
Hidayat. 2008. Strategi Pemberdayaan Masyarakat melalui Pendidikan dan Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah. Pusat Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal (P2NFI) Regional I Jayagiri dalam http://bpplsp-reg2.go.id/ cetak.php?id=18.
Irfan View-Blog. 2011. Konsep SAKA SAKTI Prof. Martani Husaini dalam http:// irtu4l.wordpress.com/kajian-kompetensi-inti-daerah. Rahman Said. 2011. Jeruk Kalamansi. Food Entrepreneurship Institute. Jakarta.
Joubert B Maramis. 2013. Kawasan Ekonomi Khusus, bab III: Produk Unggulan, Kompetensi Inti dan Daya Saing Daerah. http://joubertbmaramis.blogspot.com/2013/02/produk-unggulan-kompetensi- inti.html
Downloads
Published
Issue
Section
License
Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen
pISSN: 0216-7786 eISSN: 2528-1097
is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License