Analisis minat wisatawan terhadap produk khas kalimantan timur

Vera Anitra, Mursidah Nurfadillah

Abstract


Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana minat beli wisatawan terhada rodu khas Kalimantan Timur khussnya produk makanan amplang ikan pipih. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil karya sumber daya manusia dalam mengolah produk khas Kalimantan Timur dalam meingkatkan perekonomian. Teknik analisis yang digunakan adalah Stuctural Equation Model (SEM) dengan AMOS 21. Data diambil kuesioner yang di distribusikan kepada wisatawan yang sedang melakukan wisata belanja produk khas Kalimantan Timur dikota Samarinda, Balikpapan dan Bontang. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel minat berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ekonomi dapat disimpulkan harga yang ditawarkan tidak menjadi halangan untuk wisatwan membeli produk tersebut. Hasil penelitian ua menunjukan bahwa jenis produk, demografi, psikologi berpengaruh positif terhadap minat beli wisatawan.


Keywords


Jenis produk; demografi; ekonomi; psikologi; minat beli

References


A.T., Andi Mappiare. (2006). Kamus Istilah Konseling dan Terapi. Jakarta: Rajawali Pers.

Badan Pusat Statistik Kota Kalimantan Timur. 2017

Chaplin, J. P. (2011). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Cravens, D. W. (2006). Pemasaran Startegi. Jakarta: Erlangga.

Djaali. (2013). Psikologi pendidikan Jakarta. Bumi Aksara.

Ferdinand, A. (2011). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesisi, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Edisi 3, AGF Books. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas di Ponegoro. Semarang

Kuncoro, M. (2009). Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Peneribit Erlangga. Jakarta.

Kotler, P., & Gary, A. (2012). Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Lawan A. L., & Ramat, Z. (2013). Evaluation of socio cultural factors influencing consumer buying behaviour of clothes in Borno State, Nigeria. International Journal of Basics and Applied Science. 01. (03). 519 529.

Muhibbin, S. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Paja Grafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Suparwoko. (2010). Pengembangan Ekonomi Kreatif sebagai Penggerak Industri Pariwisata. Simposium Nasional 2010: Menuju Purwerejo Dinamis dan Kreatif: Tidak di terbitkan.

Supriyono & Dibyo,I. (2015). Pengaruh faktor budaya, sosial, individu dan psikologis terhadap keputusan konsumen membeli di indomaret. Journal Kelola. 2. (3). 74-75. https://e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/kelola/article/download/75/74

Tjiptono, F. (2012). Pemasaran Straregik. Yogyakarta, ANDI.

Woodworth, R. S., & Marquis D.G. (2001). Psycology. New York: Holt




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jinv.v15i1.4159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 INOVASI


Indexing: