Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan keripik nenas di desa kualu nenas kecamatan tambang kabupaten kampar provinsi riau
DOI:
https://doi.org/10.30872/jinv.v14i2.3910Keywords:
kualitas produk, kepuasan pelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan keripik nenas di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Desa Kualu Nenas merupakan desa yang terkenal dengan hasil pertaniannya yaitu buah nenas. Buah nenas tersebut diolah menjadi keripik nenas, yang merupakan oleh-oleh khas daerah tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang telah melakukan pembelian keripik nenas minimal dua kali di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Dengan asumsi jumlah pelanggan tidak dapat diketahui dengan pasti, maka jumlah sampel ditentukan dengan rumus Wibisono, yaitu sebanyak 96 pelanggan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa : 1) kualitas produk yaitu fitur dan desain berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan keripik nenas di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Provinsi Riau, sedangkan kualitas produk lainnya kinerja, kehandalan, daya tahan dan kesesuaian tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan keripik nenas di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Provinsi Riau, 2) kualitas produk yang terdiri dari kinerja, kehandalan, fitur, daya tahan, kesesuaian, dan desain berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan keripik nenas di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Provinsi Riau.
References
Assauri, S. (2009). Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Strategi, edisi pertama. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Buchory, Herry Achmad dan Saladin, Djaslim.2013. Manajemen Pemasaran:Teori, Aplikasi dan Tanya Jawab. Bandung: Linda Karya Bandung
Gasperz, V. 2009. Total Quality Manajemen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Husnul, Yetty Hayati dan Gracia Sekartaji Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen di Restoran Bebek dan Ayam Goreng Pak Ndut Solo. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi) Volume 1 No. 1 Tahun 2015, Hal. 49-56. E-ISSN 2502-5678
Hurriyati, R.D. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Pelanggan. Jakarta: Alfabeta CV
Irawan, Handi.2009. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. PT Gramedia: Jakarta
Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Milenium. Jakarta: Prehallindo.
----------------. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid II. Edisi Kesebelas. AlihBahasa Benyamin Molan. Jakarta.: Indeks.
Kotler, Philip dan Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi Keduabelas. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary.2010. Prinsip Prinsip PemasaranEdisi 12. Jilid 2. Jakarta: Penerbit
Erlangga
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: PT Erlangga
Kotler, Philip dan Lane, Kevin Lane. 2009.Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga
Lupiyoadi, Rambat.2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat
Priyatno, Duwi. 2016. SPSS Handbook. Mediakom: Yogyakarta
Purnama, Suryani dan Rizki Sandrini.Analisis Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Tas Sophie Paris. Forum Ilmiah Volume 9 Nomer 2, Mei 2012.
Rahim, T. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Amoole Distro. Pekanbaru.
Sanusi, Anwar. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba Empat: Jakarta
Sekartaji, G. 2015. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan di Restoran Bebek dan Ayam Goreng Pak Ndut Solo. Vol 1, No 1 ISSN:2502-5678
Sudaryono. 2016.Manajemen Pemasaran: Teori dan Implementasi. Jogjakarta: Penerbit Andi Tjiptono, Fandi.2008. Strategi Pemasaran. Jogjakarta: Penerbit Andi
Downloads
Published
Issue
Section
License
Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen
pISSN: 0216-7786 eISSN: 2528-1097
is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License