Peran Moderasi Religiusitas terhadap Niat Mahasiswa untuk Membeli Saham Syariah

Edi Wibowo L, Mursyid Mursyid, Darmawati Darmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui niat mahasiswa membeli saham syariah, dengan melibatkan variabel attitude, norm subjective, perceive behavior dan religiusitas sebagai variabel moderasi. Penelitian ini merupakan penelitan empiris dengan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampelnya. Objek Penelitian ini melibatkan mahasiswa sebagai preferensi investor baik yang sudah pernah membeli saham ataupun belum pernah membeli saham. Penelitian ini menggunakan analisis SEM dalam studi ini menggunakan Amos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran moderasi religiusitas tidak mampu memoderasi attitude, norm subjective terhadap niat mahasiswa untuk membeli saham syariah, namun variabel religiusitas dapat memoderasi perceive behavior terhadap niat mahasiswa untuk membeli saham syariah. Variabel attitude, norm subjective, perceived behavior, dan religiusitas secara simultan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel Niat mahasiswa Membeli Saham syariah. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka disarankan 1) Populasi dengan penelitian sejenis, sebaiknya mengambil sampel dari perusahaan efek yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia 2) Melakukan penelitian tentang faktor non fundamental seperti gender, inflasi, kurs mata uang dan variabel lain yang mempunyai keterkaitan dengan saham syariah.


Keywords


Saham Syariah; Religiusitas; TPB

References


Abdullah, M., & Sapiei, N. S. (2018). Do religiosity, gender and educational background influence zakat compliance? The case of Malaysia. International Journal of Social Economics, 45(8), 1250–1264. https://doi.org/10.1108/IJSE-03-2017-0091

Ahmad, A. N., Rahman, A. A., & Rahman, S. A. (2015). Assessing Knowledge and Religiosity on Consumer Behavior towards Halal Food and Cosmetic Products. International Journal of Social Science and Humanity, 5(1), 10–14. https://doi.org/10.7763/ijssh.2015.v5.413

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes.

Alam, S. S., Mohd, R., & Hisham, B. (2011). Is religiosity an important determinant on Muslim consumer behaviour in Malaysia? Journal of Islamic Marketing, 2(1), 83–96. https://doi.org/10.1108/17590831111115268

Anggelina, J., Dan, J. P., & Japarianto, E. (2014). Analisis Pengaruh Sikap, Subjective Norm dan Perceived Behavioral Control Terhadap Purchase Intention Pelanggan SOGO Department Store di Tunjungan Plaza Surabaya. Dalam Jurnal Strategi Pemasaran (Vol. 2, Nomor 1).

Arndt, J. (1986). Paradigms in Consumer Research: A Review of Perspectives and Approaches. European Journal of Marketing, 20(8), 23–40. https://doi.org/10.1108/EUM0000000004660

Azhar, J. A., Cantika, N., Kadua, P., & Safitri, R. D. (2023). Analisis Persepsi Generasi Z Terhadap Investasi Berbasis ESG (Enviromental, Social, and Governance) di Jakarta Islamic Index. Journal of Business Management and Islamic Banking, 02(01), 77–94. https://doi.org/10.14421/jbmib

Biddle, S. J. H., & Nigg, R. C. (1970). Theories of Exercise Behavior. International Journal of Sport Psychology.

Canepa, A., & Ibnrubbian, A. (2014). Does faith move stock markets? Evidence from Saudi Arabia. Quarterly Review of Economics and Finance, 54(4), 538–550. https://doi.org/10.1016/j.qref.2014.04.002

Delener, N. (1994). Religious Contrasts in Consumer Decision Behaviour Patterns: Their Dimensions and Marketing Implications. European Journal of Marketing, 28(5), 36–53. https://doi.org/10.1108/03090569410062023

E. Tandelilin, Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio. (Yogyakarta: BPFE. 2001)

Ghozali, I. (2017). Structural equation models: Concepts and applications with the AMOS 24 bayesian SEM update program (Indonesian version) (Edisi 7). Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Junianto, D., Sabtohadi, J., & Hendriani, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Muslim Terhadap Produk Syariah di Pasar Modal Dalam kajian Theory Planned Behaviour. Dalam Jurnal Shidqia Nusantara (Vol. 1, Nomor 1).

Kaur, J., Bhardwaj, N., Fernandes, R., Vidya, V., & Farooqui, N. A. (2022). A meta-analytical study on the role of religiosity on purchase intention in the theory of planned behavior. Journal of Islamic Marketing. https://doi.org/10.1108/JIMA-09-2021-0304

Mahastanti, L. A., & Hariady, E. (2014). Determining the factors which affect the stock investment decisions of potential female investors in Indonesia. Dalam Int. J. Process Management and Benchmarking (Vol. 4, Nomor 2).

Maslim, A., & Andayani, S. (2023). Penerapan Metode Theory Planned Behavior Untuk Tingkat Kepercayaan Pelanggan Terhadap Minat Belanja Online. Jurnal Sistem & Teknologi Informasi Komunikasi, 7(1), 7–14.

Mohamed, R. N., & Daud, N. M. (2012). The impact of religious sensitivity on brand trust, equity and values of fast food industry in Malaysia. Business Strategy Series, 13(1), 21–30. https://doi.org/10.1108/17515631211194599

Nyoman, N., Seni, A., Made, N., & Ratnadi, D. (2017). Theory of Planned Behavior Untuk Memprediksi Niat Berinvestasi. Dalam Bisnis Universitas Udayana (Vol. 6).

Septyanto, D., Sayidah, N., & Assagaf, A. (2021). The intention of investors in making investment decisions in Sharia Stocks: Empirical study in Indonesian. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 10(4), 141–153. https://doi.org/10.36941/AJIS-2021-0105

S.Febrianti. (2018). Analisis Perbandingan Konerja Indeks Saham Syariah Dengan Indeks Saham Konvensional Periode 2015-2017 (Studi Kasus pada JII dan LQ45. www.syariah.ojk.go.id

Suparno, C. (2017). Anteseden Niat untuk Memilih Jasa Halal Beauty Center: Aplikasi Theory Of Planned Behavior dan Peran Religiusitas. Media Ekonomi Dan Manajemen, 32(1), 1–8.




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v20i1.14686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Edi Wibowo L, Mursyid Mursyid, Darmawati Darmawati


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen