Meningkatkan keputusan pembelian tiket pesawat melalui kualitas produk, citra merek dan harga

Arif Fakhrudin, Indah Fatmawati, Ika Nurul Qomari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan industri transportasi udara yang semakin berkembang, hal ini disebabkan oleh meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitasnya seperti keperluan bisnis dan pariwisata. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk menguji pengaruh kualitas produk, citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian tiket pada maskapai Lion Air di Bandara Internasional Soekarno Hatta secara parsial dan simultan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data dalam pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada uji validitas dan reliabilitas semua variable terdiri dari kualitas produk, citra merek, harga, keputusan pembelian adalah valid dan reliabel. Pada uji t didapatkan hasil variabel kualitas produk, citra merek dan harga terdapat pengaruh terhadap keputusan pembelian secara parsial. Lalu pada uji f untuk menguji variabel secara keseluruhan dimana variabel kualitas produk, citra merek, harga memberikan pengaruh terhadap variabel keputusan pembelian secara simultan. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa kualitas produk, citra merek dan harga mampu menjelaskan variasi yang terjadi pada keputusan pembelian tiket pada maskapai Lion Air sebesar 60,3%.

Keywords


Kualitas produk; citra merek; harga; keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Adiputra, Y. R., & Khasanah, I. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Asuransi Jiwa (Studi Pada Ajb Bumiputera 1912 Cabang Cibinong). Diponegoro Journal of Management, 5(2), 1–10.

Apriliya, L. (2018). Pengaruh Word Of Mouth, Kesadaran Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mie Akhirat di Surabaya). Jurnal BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 8(2), 237.

Apriyani, M., & Saty, F. M. (2013). Pengaruh Faktor Internal Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sayuran Organik. Jurnal Ilmiah ESAI, 7(3).

Ardiansyah, M. A. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan citra terhadap keputusan pemakaian jasa (Studi Kasus Pada PT. Putra Perdana Indoniaga Cabang Jember). Jurnal Ekonomi UMJ, 1(1), 1–10.

Ariono, I. (2018). Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan Dan Kelompok Referensi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Kredit Sepeda Motor Di Pt. Federal International Finance Cabang Wonosobo. Jurnal UNSIQ, 5(1), 1–13.

Bailia, J. F. T., Soegoto, A. S., & Loindong, S. S. R. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung-Warung Makan Lamongan Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 2(3), 1768–1780.

Budiyanto, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Citra Merek dan Harga terhadap Proses Keputusan Pembelian Lisensi Diving Pada Perusahaan PADI Corp. Jurnal ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 99–115.

Buyung, S., Mandey, S. L., & Sumarauw, J. S. B. (2016). Pengaruh Citra Merek,Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Semen Tiga Roda Di Toko Lico. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4), 376–386.

Desembrianita, E., & Ruslin. (2016). Terhadap Keputusan Pelanggan Untuk Menggunakan Jasa Hotel Oval Surabaya. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 16(2), 345–354.

Duari, I. P. H. H. (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadapkeputusan Membeli Tiket Pesawat Di Total Nusa Indonesia Tour And Travel Yogyakarta. Jurnal Media Wisata, 12(1), 35–42.

Dwi, R., Sari, K., Rahayu, S., & Astuti, T. (2012). Dan Word of Mouth Communication Terhadap Keputusan Pembelian Mebel Pada Cv . Mega Jaya Mebel Semarang. Diponegoro Journal of Management, 1, 1–13.

Effendy, G. P. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pd Jasa Sarana Di Pontianak. Jurnal Bisma, 1(1), 130–139.

Eric Prasetya, B. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko Bangunan Adi Santoso. Jurnal NASPA, 42(4), 1.

Evelina, N., Handoyo, D., & Listyorini, S. (2011). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi (Studi Kasus Pada Konsumen Telkomflexi Di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus). Diponegoro Journal of Management, 1–11.

Fatmawati, N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda.” Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 10(1), 1.

Gain, R., & dkk. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Vodkasoda Shirt. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(2), 142–150.

Ginting, P. (2005). Pemasaran Pariwisata. USU press.

Hendrianti, I. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Alat Musik (Studi Pada Konsumen Toko Ecayo Tamaha Musik di Bandar Lampung). Diponegoro Journal of Social and Politics.

Hidayat, I., Arifin, R., & Priyono, A. A. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Harga dan Kualitas Informasi Penggunaan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Bukalapak.Com (Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Unisma Angkatan 2013). E - Jurnal Riset Manajemen, 6(3), 64–78.

Indah, D.R, Nurlina, M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pengiriman Barang PT . Citra Van Titipan Kilat Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomika, 3(1), 1–8.

Irwansyah Siregar, A. (2021). Model Keputusan Pembelian Rumah Subsidi Dari Perspektif Fasilitas, Citra Perusahaan Dan Harga (Survey Pada Perumahan Panorama Sakuran Asri Kota Jambi). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(2), 212–224.

Kodu, S. (2013). Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. Journal EMBA, 1(3), 1251–1259.

Kotler, P. (2010). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Kristin, N. I., & Nugroho, A. P. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy. Jurnal EXCELLENT, 8(1), 104–115.

Lotulung, S. C., Lapian, J., & Moniharapon, S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Wom (Word of Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Evercoss Pada Cv.Tristar Jaya Globalindo Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 817–826.

Manoppo, J., & Tumbuan, W. J. . A. (2014). Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Parfum Excite Oriflame. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(2), 1032–1042.

Marunduri, F. F., Ato’illah, M., & Jariah, A. (2019). Analisis Pengaruh Persepsi Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Consina di Kabupaten Lumajang. Jobman: Journal of Oganization and Business Management, 1(4), 29–33.

Merentek, Y. F., Lapian, J., & Soegoto, A. S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Suasana Toko Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kfc Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(3), 2839–2847.

Muharam, W., & Euis, S. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Dan Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Imu Dan Call For Paper Unisbank Ke 3, 3, 755–762.

Musholikhah, Mitariani, N. W. E., & Imbayani, I. G. A. (2020). Pengaruh Citra Perusahaan, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Tableware Pada Cv. Indo Piranti Mulia. Jurnal VALUES, 1(4), 180–189.

Naomi, P. E., Baraba, R., & Saputra, M. H. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Memilih Berbelanja Secara Online (Studi Pada Pengguna Situs Jual Beli Online Kaskus.co.id di Purworejo). Jurnal SEGMEN : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 12(1D), 1–12.

Nasikah, D., & Fuadi, S. (2022). Pengaruh Kemudahan Bertransaksi,Kepercayaan Konsumen, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Derivatif : Jurnal Manajemen, 16(1), 162–173.

Nasution, S. L. (2019). Pengaruh Citra Perusahaan, Pelayanan, Dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Master Cash & Credit Kota Pinang. Jurnal Ecobisma (Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(1), 60–69.

Noky, H. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Jenis MPV Merek Toyota Kijang Innova di Semarang. Diponegoro Journal of Management, 2(3), 1–10.

Novalia, I. C., & Muhtarom, A. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cv. Boga Lestari. Jurnal JEKMA (Ekonomi Mahasiswa), Volume 1(No.1), 1–13.

Nurlisa, & Rahmatus, S. F. (2014). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kecap Manis Merek Bango (Studi Kasus Pada Ibu Rumah Tangga Di Komplek Villa Mutiara Johor Ii Dan Taman Johor Mas). Jurnal Igarss, 1, 1–5.

Panglipurningrum, Y. S., Sulistiyani, R. D., & Dewi, S. N. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Yang Di Mediasi Oleh Brand Image Dan Brand Trust ( Studi Pada Konsumen Tenun Ikat “ Arimbi ” Kabupaten Sragen ). Jurnal Buletin Ekonomi, 16(1), 69–80.

Prabowo, Y. W., Apriatni, & Prabawani, B. (2015). Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pengiriman Paket Pt. Pos Indonesia (Studi Pada Kantor Pos Johar Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(2), 394–399.

Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati, R. (2018). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek brand image terhadap keputusan pembelian motor. Jurnal Kinerja, 14(1), 16.

Prasastiningtyas, T. R., & Djawoto. (2016). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Seluler. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(7), 1–15.

Prihatini, D. N., & Hidayati, L. L. A. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Transportasi Online (Studi Kasus Pada Pengguna Go-Ride Dalam Aplikasi Gojek Di Kota Magelang). Prosiding 2nd Business and Economics Conference In Utilizing OfModern Technology, 505–517.

Priyatno, D. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Gaya Media.

Puspita, D. L., Yulianto, E., & Sunarti. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kepada Konsumen Sepatu Charles & Keith di Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 34(1), 79–85.

Puspitasari, P., Eka, D., & Nailis, W. (2018). Pengaruh Lokasi dan Citra merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Jembatan, 15(1), 23–32.

Putra Pratama, R. D., Aryati, I., & Istiqomah, I. (2020). Strategi Perusahaan Melalui Citra Merek, Kualitas Pelayanan Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Kirim Lion Parcel Cabang Karanganyar. Jurnal Ilmiah Edunomika, 4(02), 426–433.

Rembon, A., Mananeke, L., & Gunawan, E. (2017). Pengaruh Word Of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt.Kangzen Kenko Indonesia Di Manado. Jurnal EMBA, 5(3), 4585–4594.

Riyadh, M., & Nikmah, F. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa di Raharjo Tour & Travel Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(2), 490–494.

Samosir, C. bernando halomoan, & K Prayoga, B. A. (2015). Charlie Bernando Halomoan Samosir. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(3), 96826.

Sandi, W. M. A., & Arafah, S. (2019). Pengaruh Citra Perusahaan, Tarif Premi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Asuransi Jasindo Syariah ( Studi Kasus : Customer PT . Astra International Daihatsu Medan Krakatau ). Jurnal FEB, 1(1), 419–429.

Sari, D. P., & Nuvriasari, A. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Eiger (Kajian Pada Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta). Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 73–83.

Sastika, W. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Website (Webqual 4.0) Terhadap Keputusan pembelian Pada Website E-Commerce Traveloka (Studi Kasus : Pengguna Traveloka di Kota Bandung Tahun 2015). Jurnal Sentika, 1(2), 1–19.

Setyaningrum, N., Waluyo, H., & Wijayanto, A. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Promosi Penjualan Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Mie Sedaap. Diponegoro Journal Social Politic, 1–10.

Setyarko, Y. (2016). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 5(2), 128–147.

Siburian, P. S., & Zainurossalamia, S. Z. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Jurnal Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 13(2), 99–118.

Siburian, T. M. P., Lubis, N., & Hari, S. (2011). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Produk dan Harga Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Asuransi AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Eksekutif Semarang Pendahuluan Kebutuhan akan jasa asuransi kini semakin dirasakan , baik oleh perorangan maupun dunia usaha di In. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4), 1–11.

Sitio, V. S. S. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jasa Pengiriman Pt. Tiki. Jurnal Ilmiah M-Progress, 9(1), 21–31.

Sugiyono, P. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.

Supriyadi, S., Wiyani, W., & Nugraha, G. I. K. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 74–85.

Tjiptono, F. (2005). Service Marketing: Esensi & Aplikasi. Penerbit Marknesis.

Trisnawati, N., & Pangestika, A, W. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Fashion Mayoutfit Cabang Bekasi. Jurnal Ikraith Ekonomika, 1(2), 146–154.

Walukow, A. L. P., Mananeke, L., & Sepang, J. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Bentenan Center Sonder Minahasa. Jurnal EMBA, 2(3), 1737–1749.

Weenas, J. R. S. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA, 1(4), 607–618.

Wibowo, H. O., & Rahayu, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pesan Antar Makanan Gofood Di Kota Solo. Jurnal EXCELLENT, 8(1), 70–78.

Yumanik, T. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Motivasi terhadap Keputusan Pembelian Cat Tembok Mawar di UD Tetap Jaya Kediri. Jurnal Simki-Economic, 01(04), 1–10.

Yunus, & Budiyanto. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 3(12), 1–20.




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v19i4.14074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Arif Fakhrudin, Indah Fatmawati, Ika Nurul Qomari


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen