Pengaruh pola mutasi, lingkungan kerja dan stress kerja terhadap motivasi kerja pegawai

Novitasari Eviyanti, Arief Rahmad Darmawan, Haryani Haryani, Hendra Sanjaya Kusno

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pola mutasi terhadap motivasi kerja pegawai, lingkungan kerja terhadap motivasi kerja pegawai dan stress kerja terhadap motivasi kerja pegawai. Obyek penelitian ini adalah pegawai di KPPBC TMP C Ketapang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 40 responden, sampel yang diambil adalah seluruh anggota populasi dengan metode yang digunakan adalah sensus. Hasil pengujian pola mutasi terhadap motivasi kerja nilai hitung sebesar 2,705 > t tabel = 2,021. α = 0,05 dengan angka signifikansi 0,010 < α = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima (signifikan). Dengan demikian hipotesis 1 (H1) bahwa pola mutasi berpengaruh positif terhadap motivasi kerja pegawai terbukti. Hasil pengujian pengaruh lingkungan kerja terhadap motivasi pegawai adalah nilai t hitung sebesar 2,959 > t tabel = 2,021 dengan angka signifikansi 0,005. < α = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima (signifikan). Dengan demikian hipotesis 2 (H2) bahwa lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap motivasi kerja pegawai terbukti. Hasil pengujian pengaruh stress kerja terhadap motivasi kerja adalah nilai t hitung sebesar -0,39 < t tabel = 2,021 dengan angka signifikansi = 0,969 > α = 0,05 sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian hipotesis 3 (H3) bahwa stress kerja tidak berpengaruh terhadap motivasi kerja. Dengan demikian pola mutasi dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap motivasi kerja pegawai di KPPBC TMP C Ketapang.

Keywords


Pola mutasi; stress kerja; lingkungan kerja; motivasi pegawai

Full Text:

PDF

References


Amalia, N. 2021. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bulukumba.

Dewi, S., & Yanto, H (2021). Pengaruh Karakateristik Perusahaan dan Good Corporate GOVERNANCE, Terhadap Pengungkapan Corporate Social Resposinbility. Jurnal Akuntansi Bisnis, 19.1: 64-78.

Manalu, D. (2021). Pengaruh Mutasi Pegawai Terhadap Motivasi Kerja Aparatur Sipil Negara Di Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Nias Barat. Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 1(1), 40–56.

Rapareni, Y. (2020). Pengaruh Promosi Jabatan dan Mutasi terhadap motivasi kerja Karyawan/ti di Divisi SDM PT PSP. Jurnal EKOBIS (Kajian Ekonomi Dan Bisnis), 3(2), 78–96.

Revida, E., Banjrnahor, A.R., Lie, D., Purba, S., Ambarita, M.H., Silalahi, M., Hasibuan, A., Makmur, M., Sianipar, J.H, dan Ismail, M. (2022). Manajemen Kinerja SDM. Yayasan Kita Menulis.

Sastrohadiwiryo, Siswanto. 2018. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia.Jakarta : Bumi Aksara.

Sitopu, Y. B., Sitinjak, K. A., & Marpaung, F. K. (2021). The Influence of Motivation, Work Discipline, and Compensation on Employee Performance. Golden Ratio of Human Resource Management, 1(2), 72–83.

Sugiarto, A. Nanda, A.W. 2020. Stres Kerja : Pengaruhnya Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. Vol 9 No 2

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v19i4.14041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Novitasari Eviyanti, Arief Rahmad Darmawan, Haryani Haryani, Hendra Sanjaya Kusno


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen