Pengaruh kepercayaan, harga dan ease of use terhadap perilaku konsumtif produk halal pada pengguna e-commerce

Novita Sari, Atika Atika, Nur Ahmadi Bi Rahmani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepercayaan, Harga dan Ease of Use Terhadap Perilaku Konsumtif Produk Halal Pada Pengguna E-commerce. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis data bersifat kuantitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Penelitian ini menggunakan alat koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS for windows. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Ekonomi Islam UIN Sumatera Medan, penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin sehingga didapatkan 100 sampel untuk penelitian ini dan menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu penentuan sampel dilakukan secara sengaja dengan mempertimbangkan kriteria responden. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah variabel independent (X) juga Variabel dependent (Y), ada 3 variabel independent kepercayaan (X1), Harga (X2), Ease Of Use (X3) sedangkan variabel dependent perilaku konsumtif produk halal. Berdasarkan hasil penelitian data yang telah dilakukan oleh peneliti, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kepercayaan dan Harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif produk halal, sedangkan variabel Ease of Use berpengaruh negatife dan signifikan terhadap perilaku konsumstif produk halal. Namun berdasarkan hasil uji F variabel bebas secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat.


Keywords


Ease of use; kepercayaan; harga; perilaku konsumtif; produk halal

References


Agustina Br Purba, Yenti; Yafiz, Muhammad; Irham, Mawaddah;. (2021). PENGARUH MODAL KERJA DAN PENGGUNAAN APLIKASI E-COMMERCE (SHOPTIMIZE) TERHADAP PENDAPATAN UMKM DI KOTA MEDAN. Jurnal Islamic Circle, 2.

Alfatiha, I. (2022). Strategi Pemasaran Produk Mitra Ekawara untuk Siswa pada PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Medan. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Managemen (JIKEM), 2(1), 695.

Atika; Arif. L, Fauzi; Syauqi, Ahmad;. (2022, OKTOBER). Pengaruh Cashback, flash sale, tagline "gratis ongkir" terhadap impulse buying konsumen generasi Z pada shopee (Studi kasus mahasiswa universitas islam negeri sumatera utara). Jurnal manajemen akuntansi (JUMSI), 2(4), 734.

Bin Jasni, Mohd Alif; Bakar, Siti Hajar Abu; Omar, Noralina;. (2022, Juni). PENEROKAAN BENTUK KEBERGANTUNGAN DAN AKSESIBILITI TELEFON BIMBIT DALAM KALANGAN GELANDANGAN MENURUT PERSPEKTIF MODEL TAM DAN TEORI KETERGANTUNGAN MEDIA. Jurnal Komunikasi Borneo, 10, 33.

Daim Harahap, Rahmat; Anggraini, Tuti; Hasanah, Nurma;. (2023). Pengaruh gaya hidup, Media Sosial dan Lingkungan Sosial terhadap Perilaku Konsumi di Masa Pandemi Menurut Ekonomi Islam : Studi pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Sumatera Utara Medan. MES Management Journal, 2(1), 2.

Dwi Susanti, Rizki Aprilia; Fardahlia, Dewi; Indrihastuti, Poppy;. (2021, APRIL). KEMUDAHAN DAN KEMANFAATAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN SISTEM PEMBAYARAN E-MONEY OVO, GO-PAY, DAN DANA. J-MACC, Journal of Management and Accounting, 4(1), 60.

Fardahlia, Dewi; Indrihastuti, Poppy;. (2021). Kemudahan dan Kemanfaatan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Penggunaan Sistem Pembayaran E-money Ovo, Go-Pay, dan Dana. Journal of Management and Accounting, 4.

Hermiati, Reza; Asnawati; Kanedi , Indra;. (2021). PEMBUATAN E-COMMERCE PADA RAJA KOMPUTER MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN PHP DAN DATABASE MYSQL. Jurnal Media Infotama, Vol. 17.

Imsar; Al Arif, Nabil;. (2024). Pengaruh literasi keuangan, norma subjektif, dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UIN SU Medan electronic money dengan pengendalian diri sebagai moderasi. Journal of islamic education management, 4(1), 2.

Maulana, Irfan; br, Manulang, Jovanna Meseyside; Salsabila, Ossya;. (2020, Maret). Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Perilaku Konsumtif di Era Ekonomi Digital. Majalah ilmiah bijak, 17(1), 32.

Nangi, I. Y., & Sukaatmadja, I. P. (2015). PENGARUH APLIKASI TAM DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MAHASISWA MEMBELI ULANG MENGGUNAKAN E-COMMERCE DALAM PEMBELIAN PRODUK PAKAIAN DAN AKSESORIS. E-Jurnal Manajemen Unud.

Putera, A. D., Dalle, J., & Syafari, M. R. (2021, juli-desember). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP KEPERCAYAAN NASABAH DAN LOYALITAS NASABAH PENABUNG AKTIF PT BANK BUKOPIN CABANG BANJARMASIN. Jurnal bisnis dan pembangunan, 10(2), 4.

Rahmat, Arif; , Asyari; Puteri, Hesi Eka;. (2020, Januari-Juni). Pengaruh Hedonisme dan Religiusitas Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa . EKONOMIKA SYARIAH: Jurnal of Economic Studies, 4(1), 40.

Ramadhani, A. N., Fasa, M. I., & Suharto. (2022). ANALISIS METODE PEMBAYARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN PADA E-COMMERCE. JURNAL BINA BANGSA EKONOMIKA.

Sari, Novita; Ramadani , Purnama; Tambunan, Khairina;. (2022). Analisis kualitas pelayanan terhadap profitabilitas usaha bisnis "laundry" (studi kasus : Mahasiswa/i Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). Jurnal ilmu komputer, Ekonomi, dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 158.

Setiawan, E. (2021). PEMAHAMAN MASYARAKAT TENTANG PENERAPAN AKUNTANSI PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM). JIMAT ( Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) , 12(02), 582.

Sri , Fitria Intan; Rahma, T. I Fadhilah; Syahriza, Rahmi;. (2023). Pengaruh promosi dan E-WOM Terhadap minat beli produk pakaian syar'i pada e-commerce shopee (studi kasus : mahasiswa universitas islam negeri sumatera utara). Jurnal managemen akuntansi (JUMSI), 3(2), 788.

Supriadi , Endang Irawan; Asih, Banyu Dianing;. (2020, April). Regulasi Kebijakan Produk Makanan Halal Di Indonesia. Jurnal Sosial Dan Humaniora Universitas Muhammadiyah Bandung, 2(1), 18.

Syahidin; Adnan;. (2022, April). Analisis Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Andika Teknik Kemili Bebesan Takengon. Jurnal PJER, 4(1), 22.

Utami, Meliana; Handayani, Tati; Pusporini;. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah. Conference On Islamic Management Accounting And Economics, 2.




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v19i3.13854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Novita Sari, Atika Atika, Nur Ahmadi Bi Rahmani


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen