Pengaruh sikap materialisme terhadap perilaku menabung dan impulsive buying pada kaum milenial di kota Makassar

Sudirman Sudirman, Bakri Bakri, Suharni Suhari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh materialisme terhadap perilaku menabung melalui impulsive buying sebagai variabel intervening pada kaum milenial di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui pengisian kuisioner oleh responden yang dipilih sebanyak 200 orang. Pemilihan responden dilakukan berdasarkan kriteria usia antara 20 sampai 44 tahun pada tahun 2022, serta memiliki sikap kecenderungan berbelanja. Metode analisis menggunakan analisis path dengan bantuan SPSS veris 26.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara langsung variabel Materialisme berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulsive Buying. Kemudian, variabel materialisme berpengaruh negative terhadap perilaku menabung dan Impulsive Buying berpengaruh positif terhadap perilaku menabung. Sementara secara tidak langsung, variabel materialisme berpengaruh signifikan terhadap perilaku menabung melalui impulsive buying.

 


Keywords


Materialisme; perilaku menabung; impulsive buying

Full Text:

PDF

References


Adityawan, I., & Kusuma, A. (2018). Peran Materialisme Memoderasi Persepsi Nilai dan Consumer Innovativeness terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Produk Iphone di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(3), 248234.

Ajzen. (2005). ATTITUDES, PERSONALITI AND BEHAVIOR.

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Alwi, I. (2012). Kriteria Empirik Dalam Menentukan Ukuran Sampel. Jurnal Formatif, 2(2), 140–148.

Andhi Johan S, H. C. (2017). Perilaku Konsumen Materialistik: Perspektif Pembelian, Compulsive Buying, Dan Environmental Attitudes. 177–192.

Anggraini, R. T., & Santhoso, F. H. (2019). Hubungan antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(3), 131. https://doi.org/10.22146/gamajop.44104

Anggriani, R., Abdurrahman, A., Ibrahim, I. D. K., & Faizal, R. B. (2021). Pengaruh Sifat Materialisme terhadap Perilaku Impulsive Buying dan Kecenderungan Compulsive Buying Pada Remaja di Kota Mataram. Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 3(1), 109–118. https://doi.org/10.30812/target.v3i1.1317

Bhakat, R. S., & Muruganantham, G. (2013). A Review of Impulse Buying Behavior. International Journal of Marketing Studies, 5(3). https://doi.org/10.5539/ijms.v5n3p149

Dewi, D. J., Falah, S., Patma, K., & Salle, A. (2021). Pengaruh Pengetahuan Keuangan Dan Materialisme Terhadap Perilaku Menabung Pada Mahasiswa Dengan Impulsive Consumption Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Daerah, 16(2), 44–54. https://doi.org/10.52062/jakd.v16i2.1895

Dinata, A., Salasiah, S., & Asteriani, F. (2016). Prefensi Tempat Bersantai Dan Rekreasi Bagi Masyarakat Kota Pekanbaru, Indonesia. Seminar Nasional Space #3, 3, 48–60.

Ditasari, V., & Sudarsono, J. (2015). Pengaruh Materialism Happiness, Materialism Centrality Dan Materialism Success Terhadap Impulsive Buying Dan Efeknya Pada Compulsive Buying Behavior. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://e-journal.uajy.ac.id/

Eka Sari, A. (2014). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Spontan. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 13(1), 55–73. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jspi/article/view/13964

Firlianda, F. (2019). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perilaku Menabung Pada Mahasiswa Uin Syarif Hidayatullah Jakarta. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1–116. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hellen, H., Mintarti, S., & Fitriadi, F. (2018). Pengaruh investasi dan tenaga kerja serta pengeluaran pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi serta kesempatan kerja. Inovasi, 13(1), 28. https://doi.org/10.29264/jinv.v13i1.2490

Hidayat, W. (2021). Gaya Hidup Masyarakat Perkotaan (studi Kasus Terhadap Pelangggan Warung Kopi Di Kota Makasar). Repository.Unhas.Ac.Id, 79(3), 1–79. http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/3670%0A

Husna, A. N. (2015). Orientasi Hidup Materialistis dan Kesejahteraan Psikologis. Seminar Psikologi & Kemanusiaan, February 2015, 1–11.

Kosali, A. Y. (2021). Pengaruh Pengeluaran Konsumsi Dan Investasi Pemerintah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Jurnal Manajemen Kompeten, 4(1), 63. https://doi.org/10.51877/mnjm.v4i1.192

Kurniawan, M. R. (2019). PENGARUH TEMAN SEBAYA DAN MATERIALISME PADA PERILAKU MENABUNG GENERASI MILENIAL DI JAWA TIMUR DENGAN IMPULSIVE BUYING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Αγαη, 8(5), 55.

Mulyanti, D. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan. 8, 62–71.

Permananto, G. C. (2012). Ekplorasi Perbandingan Pembelian Impuls dan Pembelian Tidak Direncanakan. In Prosiding Seminar Nasional & Call For Paper Forum Manajemen Indonesia (FMI) ke 4 (pp. 1–26). http://repository.unair.ac.id/100148/1/Gancar Candra P_Karil 18_Eksplorasi Pembelian Impuls ....pdf

Prasetya, A., Nurdin, M. F., & Gunawan, W. (2021). Perubahan Sosial Masyarakat dalam Perspektif Sosiologi Talcott Parsons di Era New Normal. Sosietas, 11(1), 929–939. https://doi.org/10.17509/sosietas.v11i1.36088

Qoryama, M. U. (2017). Hubungan Antara Materialisme Dan Perilaku Compulsive Buying. http://lib.unnes.ac.id/29946/

Qoryama, M. U. (2018). HUBUNGAN ANTARA MATERIALISME DAN KECENDERUNGAN IMPULSIVE BUYING KONSUMEN DEWASA AWAL PADA PRODUK FASHION. In Bitkom Research (Vol. 63, Issue 2). http://forschungsunion.de/pdf/industrie_4_0_umsetzungsempfehlungen.pdf%0Ahttps://www.dfki.de/fileadmin/user_upload/import/9744_171012-KI-Gipfelpapier-online.pdf%0Ahttps://www.bitkom.org/ sites/default/files/ pdf/Presse/Anhaenge-an-PIs/ 2018/180607 -Bitkom

Raharjo, S., Supardi, N., & Kusuma, E. (2019). Menabung Membangun Bangsa (Vol. 12).

Rahmah. (2011). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, dan Percieved Behavioral Control terhadap Intensi Membeli Buku Referensi Kuliah Ilegal Pada Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 85.

Rizal, R. (2015). Eksistensi Harta Dalam Islam (Suatu Kajian Analisis Teoritis). Jurnal Penelitian, 9(1), 93–112. https://doi.org/10.21043/jupe.v9i1.853

Saraswati, E. (2018). Efisiensi dan Efektivitas Manajemen Keuangan Daerah (Survey pada Pemda di Jawa Timur). Simposium Nasional Keuangan Negara, 1020–2045.

Seni, N. N. A., & Ratnadi, N. M. D. (2017). Theory of Planned Behavior Untuk Memprediksi Niat Berinvestasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 12, 4043. https://doi.org/10.24843/eeb.2017.v06.i12.p01

Sirine, H., & Utami, dwi setiyani. (2016). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 19(1), 27–52.

Suriy, Y., & Dewi, S. K. S. (2018). E-jurnal manajemen universitas udayana current issue. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(11), 816–846.

Trimona, H. (2006). MATERIALISME DALAM ISLAM.pdf.

Trisnawati, Y. I. (2011). Pengaruh Materialisme Dan Financial Attitude Terhadap Perilaku Menabung Keluarga Muda Di Jawa Timur Dengan Impulsive Buying Sebagai Variabel Mediasi Artikrl.

Wirawan, R., Mildawati, T., & Suryono, B. (2022). Determinan Pengambilan Keputusan Investasi Berdasarkan Norma Subjektif, Kontrol Perilaku, Dan Perilaku Heuristik. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 6(1), 43–57. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2022.v6.i1.5163

Yani Setyawaati. (2022). PENGARUH ADIKSI INTERNET, MATERIALISME, DAN E- PAYMENT TERHADAP IMPULSE BUYING ONLINE DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH. In הארץ (Issue 8.5.2017).

Yasid, M. (2009). Perilaku Menabung Ibu Rumah Tangga Keluarga Miskin Peserta Program Ikhtiar Lembaga Keuangan Mikro Syariah Berbasis Kelompok Di Bogor, Jawa Barat. TAZKIA Islamic Finance & Business Review, 4(1), 90–100.




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v19i4.13797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 sudirman sudirman sudirman, Bakri Bakri, Suharni Suhari


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen