Peran tik tok dalam industri fashion dan pencitraan merek lokal di Indonesia: analisis user generated content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial TikTok terhadap niat beli konsumen produk Erigo di Kota Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Kota Pekanbaru yang menggunakan media sosial TikTok dan pernah melihat review atau konten terkait produk Erigo. Teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling digunakan untuk mengumpulkan data dari responden yang berusia antara 17-54 tahun. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial TikTok berpengaruh positif signifikan terhadap niat beli konsumen produk Erigo. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan harus mempertimbangkan untuk menggunakan media sosial TikTok sebagai alat pemasaran untuk meningkatkan niat beli konsumen terhadap produk mereka.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Bahtar, A. Z., & Muda, M. (2016). The Impact of User – Generated Content (UGC) on Product Reviews towards Online Purchasing – A Conceptual Framework. Procedia Economics and Finance, 37(16), 337–342. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(16)30134-4
Charvia, K., & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Brand Experience terhadap Brand Trust (Studi terhadap Pengguna OVO di Jakarta). Prologia, 4(2), 237. https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6483
Daugherty, T., Eastin, M. S., & Bright, L. (2008). Exploring Consumer Motivations for Creating User-Generated Content. Journal of Interactive Advertising, 8(2), 16–25. https://doi.org/10.1080/15252019.2008.10722139
Dila Khoirin anisa, & Novi Marlena. (2022). Pengaruh User Generated Content Dan E-Wom Pada Aplikasi Tik-Tok Terhadap Purchase Intention Produk Fashion. Jurnal Sinar Manajemen, 9(2), 207–218. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i2.2610
Erika Desi Lestari, C. G. (2021). Jurnal ekonomi, manajemen, bisnis dan sosial. 1(2), 75–82.
Eriza, Z. N. (2017). Peran Mediasi Citra Merek dan Persepsi Risiko pada Hubungan antara Electronic Word of Mouth (E-WOM) dan Minat Beli (Studi pada Konsumen Kosmetik E-Commerce di Solo Raya). Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 9(1), 14–24. https://doi.org/10.23917/komuniti.v9i1.3501
Fardiana Putri, R., Fitriani, E. W., & Sartika, S. H. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Erigo Store Brand Fashion Lokal Indonesia Yang Mendunia. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(5), 213–220. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i5.185
Frastiwi, N. (n.d.). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi Pada Situs Travel. 1–12.
Ghozali, I. (2018a). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018b). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25 ((9th ed.)). Universitas Diponegoro.
Halim, E. M., & Candraningrum, D. A. (2021). The Influence of User-Generated Content Towards Somethinc Skincare Purchase Intention. Proceedings of the International Conference on Economics, Business, Social, and Humanities (ICEBSH 2021), 570(Icebsh), 831–836. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210805.131
Kristia, S. E., & Beli, M. (2021). Pengembangan Media Promosi Berbasis Aplikasi Tiktok Untuk Meningkatkan Minat Beli Produk Ukm Dm-Seafood. 9(3).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.
Yasin, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok @Erigo.store Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo. Commercium, 05, 20–30.
DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v19i3.13694
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Vony Pratiningsih, Saipul Al Sukri
Editorial Address
INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com
StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen