Strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan jumlah hunian Kamar

Nuramalia Muchtar, Ramli S Ramli S, Abdul Halim

Abstract


Adapun tujuan penelitian adalah: 1. Untuk mengetahui analisis strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan jumlah penginap di Hotel Pantai Indah, 2. Untuk mengetahui hasil strategi yang digunakan Hotel  Pantai Indah, 3.Untuk mengetahui tanggapan konsumen terhadap staregi yang digunakan. Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Sumber informan yang digunakan yaitu pemilik hotel, manager dan supervisor dan pengunjung Hotel. Instrumen Pengumpulan Data melalui Observasi, Studi Pustaka, Wawancara. Teknik Analisis Data melalui uji Validasi Data dan Triangulasi. Tahap Analisis Data melalui Data Reduction, Data Display dan Conclusion Drawing/Verifying dan melakukan Matrik SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Komunikasi pemasaran dalam meningkatkan jumlah penginap di Hotel berdasarkan hasil matrik IFAS, faktor strenght (kekuatan) dan weakness (kelemahan) menandakan bahwa secara internal penerapan strategi komunikasi pemasaran berjalan dengan baik. 2. Hasil strategi yang diberikan Hotel mendapat kepercayaan dari masyarakat sehingga menggunakan jasa perhotelan yang diberikan masih dalam keadaan kuat hingga mampu bersaing dengan hotel-hotel pesaing yang ada di Kabupaten Mamuju. 3. Berdasarkan hasil matrik EFAS, faktor opportunity (peluang) dan threat (ancaman) mengindikasikan bahwa Hotel Pantai Indah mendapat respon yang baik dari konsumen atau pengguna jasa terkait dengan strategi komunikasi yang diterapkan Hotel Pantai Indah di Kabupaten Mamuju.


Keywords


Strategi; pemasaran; hotel

References


Adi Wibowo, Lili. (2017). Manajemen Komunikasi dan Pemasaran, Bandung : Alfabeta.

Armstrong (2018). Landasan Teori Bauran Pemasaran. Penerbit Dewey.Petra.

Assauri, Sofjan. (2018). Manajemen Bisnis Pemasaran, Depok : PT. Rajagrafindo CV Andi Offset.

Berg, G. dan Baron (2017). Landasan Teori Komunikasi Edisi Pertama. Penerbit Ump.

Chandler, dkk (persari 2018). Landasan Teori Strategi. Penerbit Eprintis Polsri.

Dillasari, T.F. (2022). Strategi Pemasaran Untuk Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Pada Toko Elektronik Sinar Jaya Baru Di Kabupaten Kendal. Usm.

Dirman, Jusman (2014). Teori Komunikasi Dari Individu Hingga Massa. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Doembana, Rahmat, I.A. dan Farhan, M. (2017). Buku Ajar Manajemen dan Strategi Komunikasi Pemasaran . Yogyakarta. Zahir Publishing

Ekalista, P. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Hotel Kartika Graha Malang dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung. Jurnal Komunikasi Nusantara E-ISSN. 2685-7650 Vol.1 No. 1

Firmansyah (2020). Qiara Komunikasi Pemasaran Cetakan Kedua. Penerbit Pasuruan.

Firmansyah, Anang. (2019). Dasar dan Konsep Pemasaran, Surabay: CV. Qiara

Fitriah, Maria. (2018). Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Visual, Group.

Griffin (2013). Management 11. South-western. Cengage Learning Hasan (2013). Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS

Gumilang, N.A. (2018). Pengertian Strategi. Gramedia Asri Media

Hamel, Pharalad Dalam Tania (2018). Manajement. New Delhi. Tata McGraw Hill

Heris (2016). Penilaian Pembelajaran. Bandung PT Refika Aditama

Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran, Jakarta: PT.Gelora Aksara

Hery (2018). Pengantar Manajemen. Cetakan Pertama. PT Grasindo. Jakarta.

Incyas, Candra Adi. (2018). Manajemen Agribisnis Periklanan, Malang: UB

Indrasari (2019). Pemasaran Dan Kepusan Pelanggan. Surabaya.

Laurencya, Regina, Strategi Komunikasi Pemasaran Grand Wahid Hotel Salatiga dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan terhadap Konsumen,http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/10390/2/T1_602013605_f ull%2520text.pdf. Diakses tanggal 21 September 2018.

Lili Adi Wibowo, D. J. (2017). Manajemen Komunikasi dan Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Malau, Harman (2018). Manajemen Pemasaran Teori Dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisonal Sampai Era Modernisasi Global. Bandung. Alfabeta.

Mamang Sangadji, Etta. (2013). Perilaku Konsumen, Yogyakarta : CV Andi Media

Morissan. (2010). Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jakarta : Prenada Media

Morissan. (2010). Manajemen Public Relation, Jakarta: Prenada Media Group.Offset, Edisi 1. Perencanaan Komunikasi, Bandung: Ultimus.

Panuju, R. (2019). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Prenada Media Group. Rangkuti (2015). Analisis SWOT. Jakarta. PT Granmedia Pustaka Utama.

Permana Budi, Agung. (2013). Manajemen Marketing Perhotelan, Yogyakarta : Persada

Prisgunanto, dkk (2016). Komunikasi Pemasaran Era Digital. Prisani Cendekia.

Rangkuti Freddy (2014) SWOT Balanced Scorecard. Teknik Menyusun Strategi Korporat yang Efektif plus Cara Mengelola Kinerja dan Resiko. Cetakan Ke Enam. Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Riinawati. (2019). Pengantar Teori Manajemen Komunikasi dan Organisasi. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.

Rustan, Ahmad Sultra. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi, Yogyakarta: Press.

Sri Sedjati, Retina. (2015). Manajemen Strategis, Yogyakarta : Deepublish

Sudarso, Andriansan. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa Perhotelan, Penerbit Bumi Aksara

Sudaryono (2016). Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta. ANDI.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif Dan R&D. Bandung. Alfabeta.CV.

Sugiyono Kualitatif (2017). dan Metode R&B. Bandung. Penelitian Alfabet Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif.

Supriatna (2018) Strategi Untuk Mencapai Tujuaan : Unikom

Suryadi, E. (2018). Strategi Komunikasi Sebuah Analisis Teori dan Praktis di Era GTlobal. Bandung: PT Remaja Rosdakarya..

Utari, Y. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Penginap Di Hotel Best Skip Palembang. JSSP, Vol. 1 No. 1.

Walker Boyd dan Larrenche, Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global, Edisi Kedua (Jakarta: Erlangga, 2000),hal. 29

Widyawati. (2016). Strategi Marketing Pubic Relation Swiss Bell Hotel Borneo Samarinda dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan. eJurnal Ilmu Komunikasi

Wijayanto, Kenmada, etal. (2013). Perencanaan Komunikasi Bisnis dalam Yogyakarta : CV Budi Utama. Deepublish, Cetakan 1.




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v19i3.13671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nuramalia Muchtar, Ramli S Ramli S, Abdul Halim


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen