Kontribusi financial technology (fintech) payment terhadap perilaku manajemen keuangan pada masa pandemi covid-19 di Kota Banjar

Andri Helmi Munawar, Ali Subrata, Cindera Syaiful Nugraha

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh indikator kontribusi financial technology (fintech) payment terhadap perilaku manajemen keuangan pada masa Pandemi Covid-19 di Kota Banjar. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanatori, instrumen penelitian melalui kuesioner. Responden penelitian sebanyak 90 orang adalah masyarakat Kota Banjar yang menggunakan layanan fintech, teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan multiple regression. Hasil penelitian menunjukkan indikator fintech payment secara bersama-sama mempengaruhi perilaku manajemen keuangan. Secara parsial indikator fintech payment: mobilitas personal, kegunaan relatif, perhatian terhadap privasi serta indikator kemudahan penggunaan berpengaruh positif signifikan. Indikator lainnya yaitu kredibilitas layanan, pengaruh sosial, dan self efficiency berpengaruh tidak signifikan terhadap perilaku manajemen keuangan pada masa Pandemi Covid-19 di Kota Banjar.


Keywords


Financial technology (fintech); perilaku manajemen keuangan; pandemi covid-19

References


AH Munawar, A Rosyadi, & DA Rahmani. (22 C.E.). Financial technology (fintech) dalam inklusi keuangan umkm kota Banjar di masa pandemi covid-19. INOVASI Jurnal Ekonomi Keuangan Dan Manajemen, 18(1), 39–49.

Allayannis, G., & Becker, J. M. (2021). A Global Fintech Overview. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3386449

Amalia, R. D., & Purwantini, A. H. (2021). Investigasi Niat Penggunaan Financial Technology Payment Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 19(1).

andikariny, cindy. (2019). IMPLIKASI ETIS TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMANFATAN TEKNOLOGI INFORMASI. Article Journal.

BI. (2018). Mengenal Financial Teknologi. Bank Indonesia.

CNBC. (2021). CNBC Indonesia. CNBC Indonesia.

databoks.katadata. (2020). Nilai Transaksi E-commerce. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2021/01/29/, 5(1).

Dew, J., & Xiao, J. J. (2011). The financial management behavior scale: Development and validation. Journal of Financial Counseling and Planning, 22(1).

Dewanti, V. P., & Asandimitra, N. (2021). Pengaruh Financial Socialization, Financial Knowledge, Financial Experience terhadap Financial Management Behavior dengan Locus of Control sebagai Variabel Mediasi pada Pengguna Paylater. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3). https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p863-875

Erlangga, M. Y., & Krisnawati, A. (2020). PENGARUH FINTECH PAYMENT TERHADAP PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN MAHASISWA. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 15(1). https://doi.org/10.21460/jrmb.2020.151.348

Fendt, A., Mannweiler, C., Ludwig, K., Schmelz, L. C., & Bauer, B. (2020). End-to-End Mobile Network Slice Embedding Leveraging Edge Computing. Proceedings of IEEE/IFIP Network Operations and Management Symposium 2020: Management in the Age of Softwarization and Artificial Intelligence, NOMS 2020. https://doi.org/10.1109/NOMS47738.2020.9110442

Ferdiansyah, A., & Triwahyuningtyas, N. (2021). Analysis of Financial Technology Services and Lifestyle Against Student Financial Behavior. Jurnal Ilmiah Mahasiswa ….

Fernando, R., Krisnadi, I., Telekomunikasi, M. M., Elektro, D. T., & Teknik, F. (2020). Analisis Fungsi Pembayaran Digital Saat Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Magister Manajemen Telekomunikasi.

Ford, M. B. (2021). Social distancing during the COVID-19 pandemic as a predictor of daily psychological, social, and health-related outcomes. Journal of General Psychology, 148(3). https://doi.org/10.1080/00221309.2020.1860890

Harry Yulianto, I. (2021). Peningkatan Literasi Keuangan Dan Fintech Syariah Bagi Mahasiswa. Физиология Человека, 47(4).

Hatane Semuel. (2003). PENGARUH KEBUTUHAN TERHADAP MOTIF PENGGUNAAN KARTU DEBET BANK CENTRAL ASIA (BCA) DI KALANGAN MAHASISWA AKTIF FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN PETRA SURABAYA. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2).

Helman, H. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Generasi Milenial. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(10). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i10.4369

Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). Pengaruh Privasi dan Keamanan Terhadap Niat Menggunakan Payment Fintech. Jurnal Kajian Akuntansi, 4(1). https://doi.org/10.33603/jka.v4i1.3322

Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, D., Ferdiansyah, A., Triwahyuningtyas, N., Studi Manajemen, P., & Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, U. (2021). Analisis Layanan Financial Technology dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen TERAKREDITASI SINTA, 4(1).

Kim, Y., Choi, J., Park, Y. J., & Yeon, J. (2016). The adoption of mobile payment services for “fintech.” International Journal of Applied Engineering Research, 11(2).

Knaack, P., & Gruin, J. (2021). From shadow banking to digital financial inclusion: China’s rise and the politics of epistemic contestation within the Financial Stability Board. Review of International Political Economy, 28(6). https://doi.org/10.1080/09692290.2020.1772849

Kurniawan, A., Rahayu, A., & Wibowo, L. A. (2021). PENGARUH TRANSFORMASI DIGITAL TERHADAP KINERJA BANK PEMBANGUNAN DAERAH DI INDONESIA. Jurnal Ilmu Keuangan Dan Perbankan (JIKA), 10(2). https://doi.org/10.34010/jika.v10i2.4426

Kusuma, H., & Asmoro, W. K. (2021). PERKEMBANGAN FINANCIAL TECHNOLOGI (FINTECH) BERDASARKAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. ISTITHMAR : Jurnal Pengembangan Ekonomi Islam, 4(2). https://doi.org/10.30762/itr.v4i2.3044

Luh Regita Eka Pratiwi, & Krisnawati, A. (2020). PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP FINANCIAL SELF-EFFICACY PADA USIA PRODUKTIF DI KABUPATEN BULELENG, BALI. Jurnal Mitra Manajemen, 4(2). https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i2.338

Lwin, M., Wirtz, J., & Williams, J. D. (2007). Consumer online privacy concerns and responses: A power–responsibility equilibrium perspective. Journal of the Academy of Marketing Science, 35(4). https://doi.org/10.1007/s11747-006-0003-3

Marginingsih, R. (2021). Financial Technology (Fintech) Dalam Inklusi Keuangan Nasional di Masa Pandemi Covid-19. Moneter - Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 8(1). https://doi.org/10.31294/moneter.v8i1.9903

Miswan, A. (2019). Perkembangan dan Dampak Financial Technology (Fintech) terhadap Industri Keuangan Syariah di Jawa Tengah. Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 5(1).

Moon, J. W., & Kim, Y. G. (2001). Extending the TAM for a World-Wide-Web context. Information and Management, 38(4). https://doi.org/10.1016/S0378-7206(00)00061-6

Musthofa, M. A., Kurniati, R. R., Hardati, R. N., Kunci:, K., Budaya, F., Sosial, F., … Uang, P. (2020). PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP SISTEM PEMBAYARAN UANG DIGITAL (STUDI PADA PENGGUNA OVO DI KOTA MALANG). JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 9(2).

Nurlaila, I. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa dalam Mengelola Keuangan. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01(01).

Pratiwi, D. R. (2018). Pentingnya Perkembangan Financial Technology dalam Mendorong Keuangan Inklusif. Buletin APBN : Pusat Kajian Anggaran Badan Keahlian DPR RI, III.

Purwantini, A. H., & Amalia, R. D. (2021). INVESTIGASI NIAT PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY PAYMENT BAGI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH. JURNAL AKUNTANSI UNIVERSITAS JEMBER, 19(1). https://doi.org/10.19184/jauj.v19i1.24715

Rizkiawati, N. L. dan A. N. (2018). Pengaruh Demografi, Financial Knowledge, Financial Attitude, Locus of Control dan Financial Self Efficacy terhadap Financial Management Behavior Masyarakat Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 6 Nomor 3, 6.

Rizkiyah, K., Nurmayanti, L., Macdhy, R. D. N., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh Digital Payment terhadap Perilaku Konsumen Pengguna Platform Digital Payment OVO. Jurnal Ilmiah Manajemen, 16(1).

Runnemark, E., Hedman, J., & Xiao, X. (2015). Do consumers pay more using debit cards than cash? Electronic Commerce Research and Applications, 14(5). https://doi.org/10.1016/j.elerap.2015.03.002

Safitri, M. (2019). Pengaruh Trust, Perceived Benefits and Ease of Use Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Saraswati, A. M., & Nugroho, A. W. (2021). Perencanaan Keuangan dan Pengelolaan Keuangan Generasi Z di Masa Pandemi Covid 19 melalui Penguatan Literasi Keuangan. Warta LPM, 24(2). https://doi.org/10.23917/warta.v24i2.13481

Sati, R. A. S., & Ramaditya, M. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan E-Money (Studi Kasus Pada Konsumen Yang Menggunakan Metland Card). Management.

Shanmugam, A., Savarimuthu, M. T., & Wen, T. C. (2014). Factors affecting Malaysian behavioral intention to use mobile banking with mediating effects of attitude. Academic Research International, 5(2).

Syaefullah, H. F. (2014). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Internet Banking Hadyan. Jurnal, 1–18(Universitas Brawijaya).

Tsiakis, T., & Sthephanides, G. (2005). The concept of security and trust in electronic payments. Computers and Security, 24(1). https://doi.org/10.1016/j.cose.2004.11.001

Xiao, J. J. (2008). Applying behavior theories to financial behavior. In Handbook of Consumer Finance Research. https://doi.org/10.1007/978-0-387-75734-6_5

Zaipin, Z., Suyanto, M., & Sunyoto, A. (2017). PENGARUH KEAMANAN, INTEGRITAS, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KINERJA E-COMMERCE (Studi Kasus Pada Pelanggan E-Commerce Kotakom.com). Respati, Vol. 7.




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v19i3.13340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Andri Helmi Munawar, Ali Subrata, Cindera Syaiful Nugraha


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen