Penentuan strategi bersaing produk aplikasi pemesanan grab-food dan go-food tarakan: pendekatan teori permainan

Ahmatang Ahmatang, Indah Indah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bersaing optimal dengan menggunakan metode Game theory yang dapat menguntungkan Grab-Food dan Go-Food Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi Universitas Borneo Tarakan yang mengetahui dan menggunakan layanan Grab-Food dan Go-Food. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 mahasiswa yang diambil dengan rumus Lemeshow. Atribut yang digunakan untuk menilai strategi bersaing adalah kepraktisan, promo, harga, kelengkapan, ketepatan, pelayanan, dan keamanan makanan. Data dianalisis dengan metode game theory menggunakan bantuan aplikasi POM-QM. Hasil dari penelitian ini strategi bersaing optimal yang menguntungkan Grab-Food dan Go-Food adalah strategi Harga bagi Grab-Food dan strategi Promo bagi Go-Food.


Keywords


Game theory; strategi bersaing; grab-food; go-food

References


Aurachman, Rio. 2017. 04b3 Pure Strategy Metode Maximin Minimax. https://youtu.be/7PZjedgXNCk

Budiana, Y., & Khasanah, F. N. (2020). Analisis Strategi Kompetisi Antara Jasa Transportasi Online Gojek dan Grab dengan Menggunakan Game Theory (Studi Kasus: Mahasiswa di Pulau Jawa). Jurnal Mitra Manajemen, 4(1), 16–27.

Clarke, I. (2001). Emerging Value Propositions For M-Commerce. Journal of Business Strategy, 18(2), 133–148.

Dwi Cahya, A., B, M. F., Martha, D., & Prasetianto, S. (2021). Analisis layanan go-food dalam meningkatkan penjualan pada kuliner di yogyakarta. 13(2), 264–272.

Heizer, J., & Render, B. (2015). Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan (D. A. Halim & D. E. Irawan, Eds.; 11th ed.). Salemba Empat.

Husin nur syarief. (2018). Perbandingan Kualitas Pelayanan Dan Tingkat Loyalitas Pelanggan Online Ride Sharing: Studi Kasus Go-Jek Dan Grab. https://repository.its.ac.id/55737/1/09111440000039-Undergaduate_Thesis.pdf

Heizer, J., & Render, B. (2015). Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan (D. A. Halim & D. E. Irawan, Eds.; 11th ed.). Salemba Empat.

Radjab, Enny, & Jam'an, Andi. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Cetakan I. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ma’rifah, D., & Windasari, W. (2018). Implementasi Game Theory dalam Penentuan Strategi Bersaing Pada Produk Smartphone. Jurnal Fokus Bisnis, 17(2), 57–61.

Radjab, Enny, & Jam'an, Andi. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Cetakan I. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Render, B., Stair, R. M., & Hanna, M. E. (2012). Quantitative Analysis for Management (11th ed.). Pearson.

Situmorang, J. R. (2015). Penggunaan Game Theory dalam Ilmu Sosial. Universitas Katolik Parahyangan, 64–76.

Taha, H. A. (2017). Operation Research An Introduction (10th ed.). Pearson.

Wallsten, S. (2015). The Competitive Effects Of The Sharing Economy: How Is Uber Changing Taxis. Technology Policy Institute, 22.

Windasari, W., & Zakiyah, T. (2020). Analisis Game Theory pada Strategi Bersaing Grab dan Go-jek di Kabupaten Kebumen. PRISMA, 194–198.




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v19i2.12927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ahmatang Ahmatang, Indah Indah


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen