Usulan perbaikan sistem kerja menggunakan metode ergonomi partisipatori

Vandy Low Renzo, Paulus Sukapto

Abstract


PT Adyawinsa Stamping Industries (ASI) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur dengan melakukan produksi komponen otomotif, produksi dan distribusi body part, serta melakukan suplai produk ke perusahaan manufaktur otomotif. Dalam melakukan proses produksi di Departemen Stamping PT ASI memiliki beberapa potensi kecelakaan kerja. Kecelakaan-kecelakaan kerja tersebut dapat terjadi disebabkan oleh penggunaan peralatan, mesin, serta proses produksi yang tidak sesuai dengan prosedur. Dalam penelitian ini terdapat beberapa metode yang digunakan untuk mendukung hasil penelitian. Metode yang pertama merupakan kuesioner Participatory Ergonomics, yaitu EPPEQ. Selain itu, penilaian potensi kecelakaan yang dinilai berdasarkan tingkat bahayanya akan dilakukan dengan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Hasil dari penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa tingkat implementasi Participatory Ergonomics di perusahaan sudah cukup baik. Namun, masih terdapat beberapa dimensi dari Participatory Ergonomics yang masih dapat ditingkatkan. Hasil dari penilaian FMEA diketahui terdapat beberapa kegiatan yang harus segera dilakukan perbaikan. Total terdapat 5 buah usulan perbaikan yang diperoleh melalui diskusi dengan pihak perusahaan. Usulan perbaikan terdiri dari penerapan sistem reward and punishment, melakukan sosialisasi untuk tenaga kerja, penambahan kacamata safety, penambahan karet anti slip, dan penambahan ear muff.


Keywords


Kecelakaan kerja; ergonomi partisipatori; persepsi; failure mode anf effect analysis

References


Abdi, H. (2020). Faktor Penyebab Kecelakaan Kerja di Indonesia, dari Manusia, Lingkungan, hingga Peralatan. Liputan 6. Diakses dari: https://hot.liputan6.com/read/4 261052/faktor-penyebab- kecelakaan-kerja-di-indonesia-dari-manusia-lingkungan-hingga-peralatan.

Hair, J.F., Ringle, C.M., & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM: Indeed a silver bullet. The Journal of Marketing Theory and Practice, 19(2), 139-152.

Kavianian H. R. & Wentz C. A. (1990). Occupational and Environment Safety Engineering and Management. Van Nostrand Reinhold. New York.

Lubis, A. I. (2011). Akuntansi Keperilakuan. Jakarta: Salemba Empat.

Matthews, R. A., Gallus, J. A., & Henning, R. A. (2011). Participatory Ergonomics : Development of an employee assessment questionnaire. Accident Analysis and Prevention, 360-369.

Misuraca, P. (2014). The Effectiveness of a Costs and Benefits Analysis in Making Federal Government Decisions: A Literature Review. Center for National Security. The MITRE Corporation.

Pemerintah Republik Indonesia (2012). Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012 Tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: Indonesia.

Pemerintah Republik Indonesia (2007). Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2007 Tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Diakses Pada 2 Januari 2023.

Restuputri, D. P., Huda, M. C., & Mubin, A. (2021), Work Safety Aspects Using a Participatory Ergonomics Approach. Malang.

Sawamahasri, A. (2019). Analisis Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan Menggunakan Metode FMECA dan Topsis pada Pembuatan Tenun. (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta). Diakses dari http://eprints.ums.ac.id/.

Sukapto, P. (2007). Peran Participatory Ergonomics dalam Transfer Teknologi dan Implikasinya Terhadap Kecelakaan Kerja. Bandung: Disertasi, Doktor Ilmu Ekonomi, Universitas Katolik Parahyangan.

Supriyatna, I. (2021). Tekan Angka Kecelakaan Kerja, Industri Manufaktur Wajib Otomatisasi. Diakses dari: https://www.suara.com/bisnis/2021/02/24/142414/tekan-angka-kecelakaan-kerja-industri- manufaktur-wajib-otomatisasi?page=all.

Suma’mur, P.K. (1995). Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. Jakarta: PT. Toko Gunung Agung.




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v19i2.12867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Vandy Low Renzo, Paulus Sukapto


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen