Kualitas produk, citra merek dan harga mempengaruhi keputusan pembelian tiket pesawat

Arif Fakhrudin, Awan Awan, Aditya Dewantari

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantatif melalui 100 responden untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel dengan menggunakan metode uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis lewat uji t dan uji f serta uji koefisien determinasi. Hasil pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa pada uji validitas dan reliabilitas semua variable terdiri dari kualitas produk, citra merek, harga, keputusan pembelian adalah valid dan reliabel. Di analisis menggunakan regresi berganda, mendapatkan hasil jika variabel kualitas produk, citra merek, harga tidak ada atau nilainya adalah 0, maka keputusan pembelian di maskapai Srilankan Airlines nilainya sebesar 7,680. Pada uji t didapatkan hasil variabel kualitas produk, citra merek dan harga terdapat pengaruh terhadap keputusan pembelian secara parsial. Lalu pada uji f untuk menguji variabel secara keseluruhan dimana variabel kualitas produk, citra merek, harga memberikan pengaruh terhadap variabel keputusan pembelian secara simultan. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa kualitas produk, citra merek dan harga mampu menjelaskan variasi yang terjadi pada keputusan pembelian tiket pada maskapai Srilankan Airlines sebesar 60,3%, sedangkan sisanya sebesar 39,7% dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian.


Keywords


Kualitas produk; citra merek; harga; keputusan pembelian

References


Bailia, J. F. T., Soegoto, A. S., & Loindong, S. S. R. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung-Warung Makan Lamongan Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 2(3), 1768–1780.

Buyung, S., Mandey, S. L., & Sumarauw, J. S. B. (2016). Pengaruh Citra Merek,Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Semen Tiga Roda Di Toko Lico. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4), 376–386.

Duari, I. P. H. H. (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadapkeputusan Membeli Tiket Pesawat Di Total Nusa Indonesia Tour And Travel Yogyakarta. Media Wisata, 12(1), 35–42. https://doi.org/10.1016/j.bbapap.2013.06.007

Fatmawati, N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda.” Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 10(1), 1. https://doi.org/10.20473/jmtt.v10i1.5134

Ginting, P. (2005). Pemasaran Pariwisata. USU press.

Handrianti, I. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Alat Musik (Studi Pada Konsumen Toko Ecayo Yamaha Musik Di Bandar Lampung). Universitas Lampung.

Kotler, P. (2010). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Kurniwan, Y. D. (2017). Pengaruh Peresepsi Harga, Kualitas produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Matic. Universitas Sanata Dharma.

Manoppo, J., & Tumbuan, W. J. . A. (2014). Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Parfum Excite Oriflame. EMBA: Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(2), 1032–1042. https://doi.org/10.35794/emba.v2i2.4484

Marunduri, F. F., Ato’illah, M., & Jariah, A. (2019). Analisis Pengaruh Persepsi Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Consina di Kabupaten Lumajang. Jobman: Journal of Oganization and Business Management, 1(4), 29–33. http://jkm.stiewidyagamalumajang.ac.id/index.php/jrm/article/view/227

Panglipurningrum, Y. S., Sulistiyani, R. D., & Dewi, S. N. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Yang Di Mediasi Oleh Brand Image Dan Brand Trust ( Studi Pada Konsumen Tenun Ikat “ Arimbi ” Kabupaten Sragen ). Buletin Ekonomi, 16(1), 69–80.

Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati, R. (2018). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek brand image terhadap keputusan pembelian motor. Kinerja, 14(1), 16. https://doi.org/10.29264/jkin.v14i1.2445

Priyatno, D. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Gaya Media.

Ratnasari, M. D., Seno, A. H. D., & Listyorini, S. (2014). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian BLACKBERRY( Studi Kasus pada Mahasiswa S1 FISIP Universitas Diponegoro Semarang ). Diponegoro Journal Social Politic, 1–6.

Sari, D. P., & Nuvriasari, A. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Eiger (Kajian Pada Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta). Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 73–83. https://doi.org/10.33633/jpeb.v3i2.2298

Sastika, W. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Website (WebQual 4.0) Terhadap Keputusan Pembelian pada Website e-commerce Traveloka. Sentika, 2016(Sentika), 18–19.

Setianingsih, W. E. (2018). Pengaruh kualitas produk, harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen. 252–261.

Setyaningrum, N., Waluyo, H., & Wijayanto, A. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Promosi Penjualan Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Mie Sedaap. Diponegoro Journal Social Politic, 1–10.

Sugiyono, P. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2005). Service Marketing: Esensi & Aplikasi. Penerbit Marknesis.

Virawan, W. A. (2013). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Pengguna Helm Merek Ink). Universitas Negeri Yogyakarta.

Yunus, & Budiyanto. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 3(12), 1–20.




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v19i2.12863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Arif Fakhrudin


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen