Analisa sensitivitas respon konsumen, persepsi kualitas produk terhadap ekstensifikasi merek (brand extansion)

Istiqomah Istiqomah, Syarifah Hudayah, Saida Zainurossalamia ZA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisa Sensitivitas Respon Konsumen, Persepsi Kualitas Produk Terhadap Ekstensifikasi merek (Brand Extansion) Motor Honda Jenis Matic di Samarinda. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non probability sampling, dengan menggunakan teknik sampling insidental. Sampel yang digunakan adalah Pengguna Motor Honda jenis Matick di Samarinda. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif, metode statistik yaitu uji validitas dan reliabilitas dengan bantuan smart PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Analisa Sensitivitas Respon Konsumen, Persepsi Kualitas Produk secara parsial dan simultan berpengaruh positif signifikan terhadap Ekstensifikasi (Brand Extansion) Motor Merk Honda Jenis Matick di Samarinda.


Keywords


Sensitivitas respon konsumen; persepsi kualitas produk; ekstensifikasi merek

References


Ambadar, Jackie. 2007. Mengelola Merek (Cetakan pertama). Yayasan Bina Karsa Mandiri. Jakarta.

A. Anwar, A. 2005. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Bandung: PT Refika Aditama. Boyd, Jr. Harper, Walker, dan calude. 2000. Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Strategis Dalam Orientasi Global. Jilid 1 Edisi kedua. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Dharmayanti, Diah. 2007. Analisa Sensitivitas Respon Konsumen Terhadap Ekstensifikasi Merek (Brand Extension) Pada Margarine Merek Filma di Surabaya, Jurnal Manajemen Pemasaran. Universitas Kristen Petra. Surabaya.

Ginting, Paham dan Syafrizal Helmi Situmorang. 2008. Filsafat Ilmu dan Metode Riset. USU Press. Medan.

J. Setiadi, Nugroho. 2005. Perilaku Konsumen. Cetakan kedua. Jakarta : Penerbit : Erlangga.

Kotler, Philip. 2003. Marketing Management. Pearson Education, Inc. New Jersey.

Kotler, Philip. 2003. Manajemen Pemasaran, Jilid I. PT.Indeks. Jakarta.

Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Erlangga.Jakarta.

Nugroho. J, Setiadi. 2003. Perilaku Konsumen. Kencana Prenada Media. Jakarta.

Rahmawati, Magdalena. 2008. Analisa Sensitivitas Respon Konsumen Pada Ekstensifik

Rahmawati, Maasi Merek (Brand Extension) Pembersih Lantai Merek So Klin (Studi Kasus Suzuya Cabang Bridjend Katamso Medan), Skripsi, FE USU. Medan.

Rangkuti, Freddy. 2002. The Power of Brand. Tehnik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek plus Analisis Dengan SPSS. PT.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Simamora, Bilson. 2002. Aura Merek 7 Langkah membangun Merek Yang Kuat. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Simamora, Bilson. 2003. Membongkar Kotak Hitam Perilaku Konsumen. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Situmorang, Syafrizal Helmi, Doli M. Ja’far Dalimunthe, Iskandar Muda, Muslich Lufti, Syahyunan. 2008. Analisis Data Penelitian (Menggunakan Program SPSS).USU Pres. Medan.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Bisnis (cetakan kesembilan). CV Alfabeta. Bandung.

Umar, Husein. 2008. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

www.bisnisekonomi.com/Top brand 2009 diakses oleh Fitri Yanti pada tanggal 20 Januari 2010 pukul 15.00 WIB.

www.unilever.co.id diakses oleh Fitri Yanti pada tanggal 2 Februari 2010 pukul 16.30 WIB.




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v19i1.12839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Istiqomah Istiqomah, Syarifah Hudayah, Saida Zainurossalamia ZA


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen