Analisis kebijakan impor beras terhadap peningkatan kesejahteraan petani di Indonesia

Jiuhardi Jiuhardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan impor beras terhadap peningkatan kesejahteraan petani di Indonesia. Pengumpulan data menggunakan datasekunder melalui studi kepustakaan. Teknik analisis data dilaksanakan secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakanimporberassebagaimanatelahdiatur dalamPeraturanMenteriPerdaganganRepublik Indonesia Nomor 01 Tahun 2018 mendukung kesejahteraan petani padi, walaupun kebijakan impor beras itu adalah kebijakan yang salah. Kebijakan impor beras yang disertai dengan ditetapkannya bea masuk beras akanmelindungi dayasaing beras domestik, menjaga stabilitas harga dan penyerapan produksi beras domestik serta mendorong harga Gabah Kering Panen di tingkat petani di atas Harga Pembelian Pemerintah sehingga lebih menguntungkan petani. Bagi petani sendiri, impor beras dapat memacu petani untuk meningkatkan kualitas panen beras yang lebih baik dari pada panen sebelumnya. Impor Beras dalam jangka pendek dilakukan sebagai cadangan yang sewaktu- waktu dapat dipergunakan oleh Pemerintah untuk keperluan antara lain stabilisasi harga, penanggulangan keadaan darurat, masyarakat miskin, kerawanan pangan, dan keadaan tertentu yang ditetapkan oleh Pemerintah. Sedangkan untuk jangka panjang sebaiknya impor beras tidak lagi dilakukan oleh pemerintah dan lebih mengutamakan kebutuhan masyarakat dipenuhi oleh petani dalam negeri.


Keywords


Impor beras; kesejahteraan petani

References


Badan Pusat Statistik. Statistik Indonesia: berbagai tahun Terbitan. BPS: Jakarta.

Budiono. 1982. Ekonomi Mikro. Ed ke-2. BPFE UGM: Yogyakarta.

Christianto, E. 2013. Faktor yang mempengaruhi volume impor beras di Indonesia. Jurnal JIBEKA. Fuad, Noor, dkk. (2004). Dasar-dasar Keuangan Publik. Jakarta: BPPK Departemen Keuangan.

Hessie, Rethna. 2009. Analisis Produksi dan Konsumsi Beras Dalam Negeri serta

Implikasinya Terhadap Swasembada Beras di Indonesia (Skripsi Institut Pertanian Bogor).

Kusumaningrum, Ria. 2008. Dampak Kebijakan Harga Dasar Pembelian Pemerintah Terhadap Penawaran Dan Permintaan Beras Di Indonesia. Thesis. Program Pasca Sarjana. Institiut Pertanian Bogor.

Malian, A. Husni Sudi Mardianto, dan Mewa Ariani. 2004. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Produksi, Konsumsi, dan Harga Beras serta Inflasi Bahan Makanan. Jurnal Agro Ekonomi.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Stanton, William J. 1984. Prinsip Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga

Swasta, Basu DH dan Irawan. M.B.A. 1986. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Edisi ke dua. Penerbit Liberty

Widiarsih,Dwi. 2012. Pengaruh Sektor Komoditi Beras Terhadap Inflasi Bahan Makanan. Jurnal Sosial Ekonomi Pembangunan.

Widyawati, Wiwit, Syafrial, dan Moch. Muslich Mustadjab. 2014. Dampak Kebijakan Tarif Impor Beras Terhadap Kinerja Ekonomi Beras di Indonesia. Jurnal Habitat.




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v19i1.12661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jiuhardi Jiuhardi


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen