Pengaruh inovasi produk, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian
DOI:
https://doi.org/10.30872/jinv.v18i4.12122Keywords:
Inovasi produk, promosi, keputusan pembelianAbstract
Kondisi penurunan penjualan sepeda motor disaat pandemi covid-19 memaksa pemasar untuk melakukan strategi pemasaran dan memperhatikan perilaku konsumen. Pasca pandemi dan kondisi ekonomi yang baik serta naiknya daya beli masyarakat adalah peluang bagi industri sepeda motor untuk menangkap peluang dengan menawarkan produk-produk yang inovatif dan kualitas terbaik. Strategi yang dapat dilakukan melalui inovasi produk, menawarkan produk yang berkualitas serta bagaimana melakukan promosi yang baik. Penelitian ini dilakukan untuk melihat sejauhmana inovasi produk dan kualitas produk yang ditawarkan serta bentuk promosi oleh pemasar dapat mempengaruhi keputusan pembelian sepeda motor merek Honda di Kabupaten Mamuju Metode penelitian menggunakan data kualitatif dan kuantitatif dengan penentuan sampel secara non probability berupa accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 50 orang. Alat analisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara inovasi produk, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian, baik pengaruh parsial maupun pengaruh secara simultan. Dengan demikian perusahaan industri sepeda motor harus terus melakukan inovasi-inovasi terhadap produk baru yang akan ditawarkan. Termasuk mempertahankan kualitas produk yang sudah teruji sampai saat ini
References
Al-Rasyid, H. Agus Tri.I, 2018. Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Perspektif Vol. XVI No. 1.
Alexander Sindoro, 2014 Jakarta:Indeks, 2003 Freddy Rangkuli, Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus, Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama
Bernard E.S. (2019). Pengaruh stimuli pemasaran; product/service, price, promotion, place terhadap proses keputusan siswa memilih BIMBEL. ESENSI Jurnal Vol.22 No.3
Dheany, Arumsari. 2012. Analisis pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan (AMDK) Merek Aqua (Studi pada Konsumen Toko Bhakti Mart KPRI Bhakti Praja Provinsi Jawa Tengah ). Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro : Semarang
Kotler, Philip. dan Keller, Kevin Lane (2016). Manajemen Pemasaran, Edisi Ke 14, Jakarta, Erlangga
Philip Kotler & Gary Amstrong, 2016, Principles of Marketing, Pearson Education, Global Edition.
Tjiptono (2019). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset
Downloads
Published
Issue
Section
License
Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen
pISSN: 0216-7786 eISSN: 2528-1097
is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License