Bagaimana penanganan kredit macet?

Dahyang Ika Leni Wijayani, Syarifah Annisa Nur Zahra Alkaf, Saiful Ghozi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab terjadinya kredit macet, mengetahui sistem penanangan kredit macet pada USP Swamitra Trijaya Utama samboja, mengetahui kendala yang dihadapi USP Swamitra Trijaya Utama samboja dalam menangani kredit macet serta pencegahan USP Swamitra Trijaya Utama Samboja agar tidak terjadi kredit macet. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, dan observasi lalu dianalisis kembali. Hasil dari penelitian yaitu sebelum melakukan pemberian kredit USP Swamitra Trijaya Utama melakukan pemeriksaan dengan Bank Indonesia Checking untuk mengetahui perilaku nasabah dalam dunia perkreditan. Mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kredit macet pada USP Swamitra Trijaya Utama Samboja adalah memburuknya kondisi perekonomian bisnis debitur, Pemberian kredit digunakan tidak sesuai dengan rencana kredit, dan tidak adanya niat membayar dari nasabah. Sistem penanganan kredit macet pada USP Swamitra Trijaya Utama Samboja adalah dengan cara pemberitahuan melalui telepon oleh petugas, penagihan langsung oleh petugas, diberikan surat peringatan; memperpanjang jangka waktu kredit (rescheduling), mengubah berbagai persyaratan yaitu nasabah hanya membayar OS full, bunga dan sebagian denda (Reconditioning), dan peanganan paling akhir yaitu penarikan jaminan.


Keywords


Penanganan; kredit macet; koperasi; lembaga keuangan

References


Amri. (2018). Penanganan Kredit Macet di Bank Jatim Cabang Jember.

Anggito, A. &. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV jejak.

Budisantoso. (2016). Penyelesaian kredit bermasalah pada Perbankan Indonesia.

Effendi, D. N. (2016). Sistem Penanganan Kredit Macet di Koperasi Swamitra Wahana Putra Bengkalis.

idtesis.com. (n.d.). Pengertian Metode penelitian deskriptif. Retrieved maret 5, 2021, from idtesis.com: https://idtesis.com /metode-deskriptif/

Indonesia, I. B. (2015). Penanganan Kredit Bermasalah.

Indrayana, E. (2021, Februari). Penanganan Kredit Macet Pada USP Swamitra Trijaya Utama Samboja. (S. A. Alkaf, Interviewer)

Kasmir. (2016). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA.

(2020). Laporan Keuangan USP Swamitra Trijaya Utama . Samboja.

(2017). Laporan Keuangan USP Swamitra Trijaya Utama. Samboja.

(2018). Laporan Keuangan USP Swamitra Trijaya Utama. Samboja.

(2019). Laporan Keuangan USP Swamitra Trijaya Utama. Samboja.

Mulyaningtyas. (2016). Analisis penanggulangan kredit bermasalah pada regional credit recovery pada Bank Mandiri Kanwil Surabaya.

Prastowo, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-ruzzmedia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Thaha. (2020). Penanganan kredit macet pada Bank Perkreditan Rakyat Subang.




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v18i4.11713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dahyang Ika Leni Wijayani, Syarifah Annisa Nur Zahra Alkaf, Saiful Ghozi


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen