Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap institutional ownership pada perusahaan high-profile yang listing di bursa efek Indonesia

Authors

  • Indah Shafirah Pratama Faculty of Economics and Business Mulawarman University
  • Dwi Risma Deviyanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jinv.v18i3.11701

Keywords:

CSR, hubungan karyawan, hubungan masyarakat, produk, lingkungan, institutional ownership

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan CSR terhadap Institutional ownership. Dengan dimensi pengungkapan CSR berdasar indeks GHPB yakni terdiri dari empat kategori dimensi: Dimensi hubungan karyawan, hubungan masyarakat, produk, dan lingkungan. Penelitian ini menggunakan populasi seluruh perusahaan dengan kategori high-profile yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2019. Berdasarkan metode purposive sampling diperoleh 137 sampel perusahaan dengan sumber data laporan tahunan perusahaan. Alat analisis yang digunakan untuk olah data penelitian ini ialah program SPSS versi 24 dengan model analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya pengungkapan CSR dimensi hubungan karyawan yang berpengaruh positif signifikan terhadap Institutional ownership. Pengungkapan CSR dimensi hubungan masyarakat berpengaruh negatif signifikan terhadap Institutional ownership. Sedangkan CSR dimensi produk dan lingkungan berpengaruh positif namun tidak signifikam terhadap Institutional ownership.

References

Cahyati, A. D. (2014). Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Terhadap Kepemilikan Institusional. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dian Nuswanto, 5.

Cox, P., Brammer, S., & Milington, A. (2004). An Empirical Examination of Institutional

Investor Preferences for Corporate Social Responsibility. Journal of Business Ethicsj, 52(1), 27–43.

Deegan, C., Rankin, M., & Voght, P. (2000). Feature article Firms ’ disclosure reactions to major social incidents : Australian evidence. Accounting Forum, 24(1), 101–130.

Dowling, J., & Pfeffer, J. (1975). Organizational Legitimacy: Social Values and

Organizational Behavior. The Pacific Sociological Review, 18(1), 122–136.

Freeman, R. E. (1994). The Politics of Stakeholder Theory: Some Future Directions. Business Ethics Quarterly, 4(4), 410–421.

Ghozali, I., & Chariri, A. (2014). pendekatan teori akuntansi. Research Policy.

Gray, R., Javad, M., Power, D. M., & Sinclair, C. D. (2001). Social and environmental disclosure and corporate characteristics: A research note and extension. Journal of Business Finance and Accounting, 28(3–4), 327–356. https://doi.org/10.1111/1468- 5957.00376

Hackston, D., & J. Milne, M. (1996). Some Determinants of Social and Environmental

Disclosures in New Zealand Companies. Accounting, Auditing & Accountability Journal, 9(1), 77–108. https://doi.org/10.1108/09513579610109987

Hanggarwati, K. (2013). Analisis Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility

terhadap Institutional Ownership (Studi Empiris pada Perusahaan High Profile yang Listing di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010-2011). Univeritas Dipenogoro, Semarang.

Hanggarwati, K., & Mutmainah, S. (2013). Analisis Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Institutional Ownership. Diponegoro Journal Of Accounting, 2(2), 1–9.

Hutapea, R., & Prastiwi, A. (2013). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Kepemilikan Institusional. Diponegoro Journal Of Accounting, 2(4), 1–12.

Lindawati, A. S. L., & Puspita, M. E. (2015). Corporate Social Responsibility: Implikasi Stakeholder dan Legitimacy Gap dalam Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 157–174. https://doi.org/10.18202/jamal.2015.04.6013

Marietza, F., & Alfredo, D. Y. (2017). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Kepemilikan Institusional. Jurnal Akuntansi, 7(2), 71–86.

Purwanto, A. (2011). Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, terhadap Corporate Social Responsibility. Jurnal Akuntansi & Auditing, 8(1), 12–29.

Rakhman, I., & Laksito, H. (2017). Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan terhadap Kepemilikan Institusional. Diponegoro Journal Of Accounting, 6(1), 1–14.

Ricardo, R. A., & Haryanto. (2017). Analisis Hubungan Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Perusahaan dan kepemilikan Institusional. Diponegoro Journal Of Accounting, 6(1), 1– 12.

Rinaldy, Y. (2011). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Kepemilikan Institusional pada Perusahaan Berkategori High-Profile yang Listing Di Bursa Efek Indonesia. Universitas Diponegoro Semarang.

Saleh, M., Hoq, M. Z., Zubayer, M., & Mahmud, K. T. (2010). The Effect of CSR Disclosure

on Institutional Ownership. Pakistan Journal of Commerce and Social Sciences (PJCSS), 4(1), 22–39.

Shocker, A. D., & Sethi, S. P. (1973). An Approach to Incorporating Societal Preferences in Developing Corporate Action Strategies. California Management Review, 15(4), 97– 105. https://doi.org/10.2307/41164466

Published

2022-08-31

Issue

Section

Articles