Pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja usaha dimediasi keunggulan bersaing pada UMKM di pulau Sebatik

Ahmatang Ahmatang, Nurmila Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar terhadap kinerja usaha dimediasi keunggulan bersaing pada umkm di Pulau Sebatik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah UMKM di Pulau Sebatik. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling yaitu 60 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Structural Equation Model (SEM) dengan metode alternatif Partial Last Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing UMKM di Pulau Sebatik. (2) Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing UMKM di Pulau Sebatik. (3) Orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha UMKM di Pulau Sebatik. (4) Orientasi pasar tidak berpengaruh terhadap kinerja usaha UMKM di Pulau Sebatik. (5) Keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha UMKM di Pulau Sebatik. (6) Orientasi kewirausahaan terhadap kinerja usaha yang dimediasi  keunggulan bersaing UMKM di Pulau Sebatik tidak berpengaruh signifikan. (7) Orientasi pasar terhadap kinerja usaha yang dimediasi keunggulan bersaing UMKM di Pulau Sebatik tidak berpengaruh signifikan.


Keywords


Orientasi kewirausahaan; orientasi pasar; kinerja usaha; keunggulan bersaing

References


Aprizal. (2018). Orientasi Pasar dan Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Penjualan Komputer). Celebes Media Paksa.

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada.

Barney, J. (2010). Gaining and Sustaning Competitive Advantage, Fourth Edition. Addison-Wesley Massachusetts.

Darmanto, S. W. dan T. D. (2015). Baruan Organisasi Strategi dan Kinerja Organisasi Penerapan Variabel Anteseden, Moderasi dan Mediasi dalam Penelitian Ilmiah. Deepublish.

Fatah, A. V. A. (2013). Effect Of Product Innovaton and Competitive Advantage of Market Orientation. Survey on Deden Repository UNIKOM.

Hadiyati, E. (2012). Kreativitas Dan Inovasi Pengaruhnya Terhadap Pemasaran Kewirausahaan Pada Usaha Kecil. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 1(3), 135–151.

Hair, J, F,. Black, W, C, Babin, B, J, & A. R. E. (2014). Multivariatre Data Analysis (7thn ed). Person.

Haryono, S. (2017). Metode SEM untuk penelitian manajemen AMOS LISREL PLS. PT Laxima Metro Media.

Hussein, A. S. (2015). Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares dengan SmartPLS 3.0. Universitas Brawijaya, 1, 1–19.

Kumalaningrum, M. P. (2012). Lingkungan Bisnis, Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Dan Kinerja Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 45.

Lee, T., & Chu, W. (2011). Entrepreneurial orientation and competitive advantage: The mediation of resource value and rareness. African Journal of Business Management, 5(33), 12797–12809.

Lestari, E. R. (2019). Manajemen Inovasi: Upaya Meraih Keunggulan Kompetitif. UB Press.

Pertiwi, Y. D., & Siswoyo, B. B. (2016). Pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran pada UMKM kripik buah di Kota Batu. Syariah Paper Accounting FEB UMS, 231–238.

Rahayu, M. (2013). Manajemen Strategik Kewirausahaan. Universitas Brawijaya Press.

Rosmansyah, M., & Artika. (2021). Peran Pimpinan Dalam Pengawasan Disiplin Kerja Pegawai Pada Kantor Inspektorat Kabupaten Karimun. Jurnal Kemunting Program Studi Ilmu Admnistrasi Negara, 02(1), 264–281.

Sangadji, E. M. D. S. (2010). Metodelogi Penelitian. Andi Yogyakarta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Zainul, M., Astuti, ndang S., Arifin, Z., & Utami, H. N. (2016). The Effect of Market Orientation toward Organizational Learning, Innovation, Competitive Advantage, and Corporate Performance. Journal of Administrative Sciences and Policy Studies, 4(1), 1–19.




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v18i3.11581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahmatang Ahmatang, Nurmila Sari


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen