Analisis penerapan target costing dan activity based costing sebagai alat bantu manajemen dalam pengendalian biaya produk

Deajeng Mika Talia, Nurita Affan

Abstract


Target costing merupakan metode penentuan biaya berdasarkan perencanaan harga jual dan laba yang diinginkan perusahaan dari suatu produk. Sedangkan activity based costing merupakan metode yang digunakan untuk menentukan biaya produk atau produksi per unit berdasarkan aktivitas di dalam perusahaan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis metode penerapan target costing dan activity based costing dalam pengendalian biaya produk pada PT Kaltim Multi Boga Utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode target costing belum tepat digunakan dengan baik sebagai alat pengendali biaya produk pada PT Kaltim Multi Boga Utama karena perhitungan jumlah produksi yang lebih tinggi. Sedangkan metode activity based costing dapat digunakan sebagai alat pengendali biaya produk, karena dalam mengalokasikan biaya-biaya berdasarkan aktivitas lebih tepat dari pengalokasian aktivitas menurut perusahaan. Manajemen disarankan untuk lebih memperhatikan biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan agar lebih efisien.


Keywords


Target costing; activity based costing

References


Azwar, S. (2014). Metode Penelitian (1st ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Caroline, T. C., & Wokas, H. R. . (2016). Analisis Penerapan Target Costing Dan Activity-Based Costing Sebagai Alat Bantu Manajemen Dalam Pengendalian Biaya Produksi Pada Ud. Bogor Bakery. Jurnal EMBA, 5934(1), 593–603.

Imeokparia, L., & Adebisi, S. (2014). Target Costing and Performance of Manufacturing Industry in South-Western Nigeria. Type: Double Blind Peer Reviewed International Research Journal Publisher: Global Journals Inc, 14(4), 1–9.

Islahuzzaman. (2011). Activity Based Costing Teori dan Aplikasi (1st ed.). Bandung: Alfabeta.

Kamaruddin, A. (2017). Akuntansi Manajemen: Dasar-dasar Konsep Biaya & Pengambilan Keputusan (Revisi). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Malue Jurgen. (2013). Analisis Penerapan Target Costing Sebagai Sistem Pengendalian Biaya Produksi Pada PT Celebes Mina Pratama. Jurnal EMBA, 1(3), 949–957.

Rudianto. (2013). Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis (S. Saat (ed.); 1st ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Widoyoko, E. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian (1st ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wikipedia. (2020). Kota Bontang. https://id.wikipedia.org/wiki/Fotosintesis.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jinv.v18i3.11542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 INOVASI


Indexing: