Penerapan cost volume profit sebagai dasar perencanaan penjualan untuk mencapai target laba yang diharapkan pada Konveksi Nolyco

Neneng Dahtiah, Ghina Akmalia, Setiawan Setiawan

Abstract


Perencanaan penjualan yang baik tentunya sangat dibutuhkan oleh semua perusahaan agar dapat mencapai profit yang optimal, termasuk bagi Konveksi Nolyco. Salah satu alat yang dapat digunakan untuk merencanakan ini adalah analisis biaya volume laba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu perusahaan memperkirakan tingkat penjualan yang harus dipenuhi agar dapat mencapai target laba yang diharapkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Data yang dibutuhkan dikumpulkan dengan metode wawancara dan dokumentasi dan dianalisis dengan menggunakan rumus-rumus perhitungan tertentu. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, margin kontribusi secara keseluruhan adalah sebesar Rp320.692.404 dengan rasio margin kontribusi sebesar 20%. Titik impas multiproduk dalam Rupiah adalah Rp 363.200.765. Sedangkan titik impas multiproduk dalam satuan adalah 6.160 unit. Untuk 2020, Konveksi Nolyco menargetkan laba Rp 284.596.344. Untuk mencapai itu, Konveksi Nolyco harus memperoleh pendapatan penjualan sebesar Rp 1.774.965.184 dengan menjual 30.105 unit produk dalam satu tahun.

Keywords


analisis cost volume profit; perencanaan penjualan; target laba.

References


Garrison, R. H., Noreen, E. W., & Brewer, P. C. (2015). Managerial Accounting (2nd ed.). McGraw-Hill Education.

Indrayati. (2017). Akuntansi Manajemen. Media Nusa Creative.

Mowen, M. M., Hansen, D. R., & Heitger, D. L. (2017). Dasar-dasar Akuntansi Manajerial (5th ed.). Salemba Empat.

Samryn. (2015). Akuntansi Manajemen (Revisi). Kencana Prenada Media Group.

Triana, D. H., Vitriana, N., & Suriyanti, L. H. (2020). Penerapan Analisis Cost-Volume-Profit Sebagai Alat Perencanaan Laba UD Sukma Jaya: Efektif atau Semu? Muhammadiyah Riau Accounting and Business Journal, 1(2), 054–062.

Yanto, M. (2020). Penerapan Cost–Volume–Profit (CVP) sebagai Dasar Perencanaan Laba pada CV. Usaha Bersama Tanjungpinang. Jurnal Dimensi, 9(2), 369–386.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jinv.v18i3.10912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 INOVASI


Indexing: