Perilaku pembelian pada e-commerce pada masa pandemi-covid -19 di kota langsa

Rahmi Meutia, Nia Agustina

Abstract


Internet digunakan sebagai media elektronik pada beberapa kegiatan seperti komunikasi, riset, pemanfaatan informasi dan tentunya untuk kegiatan  pemasaran. Keadaan tersebut  merubah kegiatan pemasaran yang sebelumnya dilakukan secara langsung berubah menjadi secara online dengan bantuan internet dan teknologi informasi yaitu e-commerce. Perubahan perilaku ini mewajibkan pemasar mengetahui faktor yang menentukan konsumen membeli secara online.â€Peneltian dilakukan guna mengetahui pengaruh harga, kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce.â€Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden, yaitu masyarakat kota Langsa yang pernah melakukan kegiatan pembelian pada e-commerce. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan syarat yang dapat menjadi responden yaitu harus pernah berbelanja minimal 2 kali atau di e-commerce, data dikumpulkan dengan cara mengisi kuesioner, kemudian data dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil riset didapat Y= 1.025 + 0.518X1 + 0.278X2 + 0,148X3.â€Hasil uji t menunjukanâ€harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce, kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce dan kepuasan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada e-commerce,â€dan hasil uji F menunjukkanâ€harga, kepercayaan dan kepuasan  mempengaruhi keputusan pembelian pada e-commerce.â€Sedangkan hasil koefesien determinasi menunjukkan 31,8 % pengaruh variabel X (harga, kepercayaan, dan kepuasan) terhadap variasi (naik-turunnya) variabel Y (keputusan pembelian secara online pada e- commerce).


Keywords


Harga; kepercayaan; kepuasan; keputusan pembelian; e-commerce

References


Akbar, M.A, & Alam, N.A. (2020). E-commerce teori dalam bisnis digital. Yayasan Kita Menulis: Medan

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit BPFE:Yogyakarta.

Kotler, Philip. and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management. 15th Ed., Pearson Pretice Hall: New Jersey.

Kotler, Philip. & Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsipPemasaran, Edisi ke-13. Erlangga: Jakarta.

Lam’ah, S, N., Herawati, C, L., & Ammari, D, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. JURNAL ECOBISMA. (Vol. 7 No. 1, 43-5).

Lupiyoadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Edisi ke-3. Salemba Empat: Jakarta.

Machfoedz, Ircham. (2013). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen Pengaruhnya terhadap Kesetiaan Merek Kentucky Fried Chicken (KFC) Megamall Manado. Jurnal EMBA. (Vo l2 No.1; 160–171).

McKnight, D. Harrison. Vivek Choudhury. & Charles Kacmar. (2012). Developing and Validating Trust Measure for E-Commerce: An Integrative Typology. Information System Research. (Vol.13 No.3; 334-359).

Naif, A. (2017). Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia. Com. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim: Malang.

Priansa, D.J. (2017). Prilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Alfabeta: Bandung.

Rahayu, S. Eka, P. & Dian, V. (2018). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Belanja Online Shopee. Thesis. Universitas Veteran Bangun Nusantara: Sukoharjo.

Rahayu, S. (2021). Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-commerce Tokopedia. Journal Management, Business, and Accounting. (Vol. 20 No. 1, 40-50).

Rahma, N, Y., Sumarsono, H., & Farida, U. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Buka Lapak. Jurnal Ekonomi, Manajemen &Akuntansi. (Vol. 3 No. 1, 90-105).

Rahmadi, H., & Malik, D. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Pada Tokopedia.com Di Jakarta Pusat. Jurnal REFORMASI ADMINISTRASI. (Vol. 3 No. 1, 126-145).

Saudjana, K. (2016). Analisis pengaruh kepuasan konsumen, harga, waktu, dan kualitas produk terhadap keputusan konsumen untuk membeli melalui toko online. Jurnal Bisnis dan Manajemen. (Vol. 53 No. 12; 88-109).

Setiawan, Y. (2019). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembeliann Secara Online Pada Situs Jual Beli Shopee. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri: Surakarta.

Situmorang., Syafrizal, H., &Muchlich L. (2014). Analisis Data : Untuk Riset Manajemen dan Bisnis, Edisi ke-3. USU Press: Medan.

Situmorang., & Syafrizal, H. (2017). RisetPemasaran. USU Press: Medan.

Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh harga, ulasan produk, kemudahan, dan keamanan terhadap keputusan pembelian secara online di Tokopedia. com. Agora. (Vol. 5, No. 1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet: Bandung.

Sunyoto, D. (2015). Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Center for Academic Publishing Service: Yogyakarta.

Tatang, M., & Mudiantono, M. (2017). The Impact of Website Design Quality, Service Quality, and Enjoyment on Repurchase Intention Through Satisfaction and Trust at Zalora. Diponegoro Journal of Management. (Vol.6 No.4, 549-559).

Tjiptono. Fandy. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Edisi ke-3. Andi Offset: Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v18i1.10777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rahmi Meutia, Nia Agustina


Crossref logo 

Editorial Address

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen