Pengaruh kepemilikan manajerial, profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan

Desy Rosiana Widyastuti, Anita Wijayanti, Endang Masitoh W

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepemilikan manajerial, profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif dan sekunder yang didapat dari laporan keuangan. Populasi yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan jumlah sampel yang memenuhi kriteria penelitian sebanyak 10 perusahaan yang dilakukan penelitian lebih lanjut. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan program SPSS versi 21. Berdasarkan hasil analisis penelitian dan pengujian dapat disimpulkan bahwa kepemilikan manajerial dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan profitabilitas dan leverage berpengaruh terhadap nilai perusahaan.


Keywords


Kepemilikan manajerial; profitabilitas; leverage; ukuran perusahaan; nilai perusahaan

References


Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2011). Dasar-dasar Manajemen Keuangan (10th ed.). Salemba Empat.

Brigham, E.F, & Gapenski, L. (1996). Intermediate Financial Management (Sea Harbon). The Dryden Press.

Brigham, Eugene F., & Houston, J. F. (2006). Dasar-dasar Manajemen Keuangan (10th ed.). Salemba Empat.

Christiawan, Y. J., & Tarigan, J. (2007). Kepemilikan Manajerial: Kebijakan Hutang, Kinerja Dan Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 9(1), 1-8–8. https://doi.org/10.9744/jak.9.1.pp.1-8

Dewi, L. S., & Abundanti, N. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Kepemilikan Institusional Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(10), 6099–6118. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i10.p12

Dewi, Rasmini, N. K., & Ratnadi, N. M. D. (2019). The Effect of Independent Board of Commissioners, Institutional Ownership, and Managerial Ownership in Firm Values with Environmental Disclosure as Moderating Variable. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 48(2), 53–67.

Dolontelide, C. M., & Wangkar, A. (2019). Pengaruh Sales Growth Dan Firm Size Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 3039–3048. https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24055

Hery. (2016). Mengenal dan Memahami dasar dasar laporan keuangan. PT Grasindo.

Hery. (2017). Teori Akuntansi, Pendekatan Konsep dan Analisis. PT Grasindo.

Husna, A., & Satria, I. (2019). Effects of Return on Asset, Debt To Asset Ratio, Current Ratio, Firm Size, and Dividend Payout Ratio on Firm Value. International Journal of Economics and Financial Issues, 9(5), 50–54. https://doi.org/10.32479/ijefi.8595

Husnan, S. (2009). Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. Yogyakarta : UUP AMP YKPN.

Indriyani, E. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Akuntabilitas: Jurnal Ilmu Akuntansi, 10(2), 333–348. https://doi.org/10.15408/akt.v10i2.4649

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory of The Firm: Managerial Behavior, Agency Cost, and Ownership Structure. Journal of Financial Economics 3, 305–360.

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Raja Grafindo Persada.

Kasmir. (2018). Analisis laporan keuangan (11th ed.). Rajawali Pers.

Khoeriyah, A. (2020). Pengaruh Size, Leverage, Sales Growth, dan IOS Terhadap Nilai Perusahaan. Profita: Komunikasi Ilmiah Akuntansi Dan Perpajakan, 13(1), 96–111.

Kusna, I., & Setijani, E. (2018). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan , Growth Opportunity Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(1), 93–102.

Markonah, Salim, A., & Franciska, J. (2020). Effect Of Profitability, Leverage, And Liquidity To The Firm Value. Dinasti International Journal of Economics, Finance & Accounting, 1(1), 84–94. https://doi.org/10.31933/DIJEFA

Meidiawati, K., & Mildawati, T. (2016). Pengaruh Size, Growth , Profitabilitas, Struktur Modal, Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(2), 1–16.

Mutammimah. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI tahun 2013-2017) Mutammimah. Maksimum Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang, 9(2), 64–84.

Putranto, P., & Kurniawan, E. (2018). Effect of Managerial Ownership and Profitability on Firm Value (Empiris Study on Food and Beverage Industrial Sector Company 2012 to 2015). European Journal of Business and Management, 10(25), 96–104.

Sambora, M. (2014). Pengaruh Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di BEI periode tahun 2009 â 2012). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 8(2), 80108.

Septriana, I., & Mahaeswari, H. F. (2019). Pengaruh Likuiditas , Firm Size , dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Indonesia, 8(2), 109–123.

Seviando, Y. (2014). Pengaruh Return On Asset dan Return On Equity Terhadap Nilai Perusahaan Studi Pada Perusahaan Pertambangan yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2009 -2012. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/65561/pengaruh-return-on-asset-dan-return-on-equity-terhadap-nilai-perusahaan-pada-perusahaan-pertambangan-yang-listing-di-bursa-efek-indonesia-periode-2009-2012.html

Sintyana, I. P. H., & Artini, L. G. S. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(2), 757. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i02.p07

Tambalean, F. A. K., Manossoh, H., & Runtu, T. (2018). Pengaruh Kepemilikan Manajerial Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Di BEI. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, 13(4), 465–473.

Tandanu, A., & Suryadi, L. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Multiparadigma Akuntansi Tarumanagara, 2(1), 108–117.

Wahyudi, S. M. (2020). Effect of Leverage, Profitability, Sales Growth Toward Company Values. International Journal Of Management Studies and Social Science Research, 2(4), 161–169.

Widyantari, N. L. P., & Yadnya, I. P. (2017). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food And Baverage Di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(12), 6383–6409.

Yanti, I. G. A. D. N., & Darmayanti, N. P. A. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Makanan Dan Minuman. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(4), 2297–2324.




DOI: https://doi.org/10.30872/jinv.v18i2.10617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 INOVASI

INOVASI: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Manajemen

Print ISSN

0216-7786

Online ISSN

2528-1097

Redaksi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman

 

Jalan Gunung Kelua, Samarinda Ulu, Samarinda City, East Kalimantan

Email

jinv.feb.unmul@gmail.com