Peran organizational citizenship behaviour sebagai pemediasi pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerjatenaga kependidikan

Gita Bonita Ramadanti, Eeng Ahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai, pengaruh kepuasan kerja dan kinerja pegawai terhadap OCB, dan pengaruh kepuasan kerja melalui kinerja terhadap OCB. Penelitian ini dilakukan di Fakultas X Universitas Negeri Padang dengan jumlah populasi penelitian yaitu 59 orang pegawai. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Kuesioner dalam penelitian ini meggunakan skala likert 1 sampai dengan 5  dan diolah dengan menggunakan SPSS for windows 25.0. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dibuktikan dengan pendekatan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Selain itu, OCB juga memiliki pengaruh terhadap kinerja pegawai. Akan tetapi kepuasan kerja dinyatakan tidak berpengaruh terhadap OCB dan pengaruh tidak langsung antara Kepuasan Kerja melalui kinerja terhadap OCB lebih kecil dari pada pengaruh langsung antara kepuasan kerja terhadap OCB. Maka secara tidak langsung dapat dinyatakan bahwa Kepuasan Kerja melalui Kinerja tidak berpengaruh signifikan terhadap OCB.


Keywords


Organizational citizenship behaviour; kepuasan kerja; kinerja

References


Ahmadi, A. (2009). Factors Affecting Performance of Hospital Nurses in Riyadh Region, Saudi Arabia. International Journl of Health Care Quality Assurance, 40-54.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chiang, C. -F., & Hsieh, T. -S. (2012). The Impacts of Perceived Organizational Support and Psychological Empowerment On Job Performance: The Mediating Effects of Organizational Citizenship Behavior. International Journal of Hospitality Management, 180-190.

Crossman & Abou-Zaki. 2003. Job satisfaction and Employee Perfomance of Lebanese Banking staff. Journal of Managerial Psychology. 18 (4).

Dessler, G. (2006). Human Resource Management 7th edition. New Jersey: Prentice Hall.

Firman, et al. (2015). Pengaruh Budaya Organisasi, Lingkungan Kerja dan Organizational Citizenship Behavior Terhadap Kinerja Karyawan Bank Indonesia Cabang Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa.

Fu, W., & Deshpande, S. P. (2014). The Impact of Caring Climate, Job Satisfaction, anda Organizational Commitment on Job Performance of Employees in a China's Insurance Company. Journal Business Ethics, 339-349.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko, H. (2014). Manajemen Personalia & Sumberdaya Manusia Edisi 2. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Khan, A. H., Nawaz, M. M., Aleem, M., & Hamed, W. (2012). Impact of Job Satisfaction on Employee Performance: An Empirical Study of Autonomous Medial Institutions of Pakistan. African Journal of Business Management, 2697- 2705.

Luthans, F. (2011). Organizational Behavior: An Evidence-Based Approach. New York: McGraw-Hill.

Organ, D. W., Podsakoff, P. M., & MacKenzie, S. B. (2006). Organizational Citizenship Behavior; Its Nature, Antecedents, and Consequences. California: SAGE Publications.

Ristiana, M. M. (2013). Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Dan Kinerja Karyawan Rumah Sakit Bhayangkara Trijata Denpasar. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 56- 70.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2013). Organizational Behavior (15th ed.). Boston: Pearson.

Sadasa, K. (2013). The Influence of Organizational Culture, Leadership Behavior, and Job Satisfaction towards Teacher Job Performance. Indian Journal of Health and Wellbeing, 1637-1642.

Sawitri, D., Suswati, E., & Huda, K. (2016). The Impact of Job Satisfaction, Organizaitional Commitment, Organizaitional Citizenship Behavior (OCB) on Employee Performance. International Journal of Organizational Innovation, 24- 45.

Subakti, Agung Gita. (2013). Pengaruh Motivasi, Kepuasan dan Sikap Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di Café X Bogor. Binus Business Review. Vol. 4 No.2. 596-606.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Weiss, D. J., Dawis, R. V., England, G. W., & Loftquist, L. H. (1967). Manual for The Minnesota Satisfaction Questionnaire. Minnesota: Work Adjustment Project Industrial Relations Center University of Minnesota.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jinv.v18i2.10589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 INOVASI


Indexing: